Media

9 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2019
By Tsalis Annisa - 13 February 2019
6 min read 844 Views
Rust dan Go termasuk bahasa pemrograman yang banyak dicari - EKRUT
Rust dan Go termasuk bahasa pemrograman yang banyak dicari - EKRUT

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Hal ini wajib dikuasai oleh seorang Developer agar dapat membangun sebuah software atau aplikasi.

Untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut. Lalu, apa saja bahasa pemrograman yang paling banyak dicari?

1. Java

Bahasa pemrograman yang satu ini memang populer dan dapat dijalankan di berbagai platform baik melalui PC, maupun perangkat mobile. Java memiliki beberapa kelebihan seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda.

Kemudian, Java termasuk ke dalam pemrograman OOP atau pemrograman orientasi objek, sehingga programmer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini.

Selain itu, bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga memudahkan Programmer. Aplikasi dalam telepon genggam Android juga dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programmer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

2. Visual basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Basic menawarkan ide visual dalam pembuatan software, dan dikembangkan untuk membuat software berbasis sistem operasi Windows.

Banyak Software Developer menggunakan Visual Basic dalam pengembangan softwarenya, sehingga hal tersebut menjadikan VisualBasic sebagai salah satu bahasa yang populer. Di Indonesia sendiri terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah memiliki dua puluh dua ribu member lebih.

Baca juga: Plus minus bahasa pemrograman Java, apa saja ya?

3. Python

Python termasuk bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Python juga menjadi salah satu yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile.

Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga.

Banyak perusahaan besar menggunanakan Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

4. C

Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an dan cukup populer di Indonesia. Karena, hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT, ataupun lembaga kursus pemrograman, menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa yang lain.

C imenjadi dasar untuk mempelajari bahasa yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

bahasa pemrograman - EKRUT
Bahasa pemrograman PHP termasuk paling banyak digunakan di Indonesia - EKRUT

5. PHP

PHP yang merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Pre-processor yang merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain alasan gratis, PHP banyak digunakan karena merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis.

Selain itu banyak website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

6. Ruby on Rails

Ruby on Rails merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil. Beberapa perusahaan yang menggunakan Rails antara lain, AirBnB, Groupun, Twitter, Shopify, dan Basecamp. Sebelum mempelajari bahasa ini, disarankan untuk memahami Ruby terlebih dahulu.

Baca juga: 10 kursus Docker gratis buat kamu

7. Rust

Mungkin kamu belum pernah mendengar nama bahasa pemrograman yang satu ini karena masih tergolong baru. Tapi tahukah kamu? Bahwa ternyata, menurut OverFlow Developer Survey, Rust merupakan bahasa yang paling dicari dan disukai oleh para developer.

Rust diciptakan oleh Mozilla Foundation dengan tujuan untuk menghindari buffer overflows, pointer menjuntai, atau segala jenis kesalahan memori lainnya.

8. Go

Kalau Rust diciptakan Mozilla Foundation, bahasa pemrograman yang satu ini diciptakan oleh Google. Go memiliki bahasa yang cukup sederhana seperti Python, namun tergolong efesien seperti C++. Go menggabungkan beberapa aspek terbaik pemrograman fungsional, dan berorientasi objek.

Adapun proyek yang telah menggunakan Goi antara lain, Ethereum Cryptozoic, dan kubernetes.

Baca juga: Pelajari hal ini sebelum beralih dari JavaScript ke Go

9. Kotlin

Setelah Rust, di posisi kedua ada bahasa pemrograman keluaran JetBrains yaitu Kotlin sebagai bahasa yang juga banyak disukai. Kotlin sepenuhnya dapat dioperasikan dengan Java dan tanpa batasan. Kotlin berjalan dengan tingkat kinerja yang samma dengan Java, dan dapat bekerja sangat baik dengan semua library dan frameworks Java.  

Nah, mana bahasa pemrograman yang paling menarik untukmu? Jika kamu merasa sudah memiliki skills programming yang handal dan siap mencari kerja, yuk daftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti Ekrut, dan dapatkan kesempatan kerja tanpa kirim CV ke berbagai perusahaan!

Rekomendasi:

Sumber:

Tags: teknologi, software engineer, developer, bahasa pemrograman

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang