Published on

Expert's Corner

6 Tips belajar Python pemula yang paling efektif 2022

Nur Rosita Dewi

belajar-python-untuk-pemula-EKRUT.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.

Konstruksi bahasa dan pendekatan berorientasi objek bertujuan untuk membantu Programmer menulis kode yang jelas dan logis untuk proyek skala kecil maupun besar.

Belajar Python pemula dan alasannya

belajar python untuk pemula - EKRUT
Python merupakan bahasa pemrograman yang dirancang agar mudah dibaca - EKRUT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, ditafsirkan, interaktif, dan berorientasi objek. Python dirancang agar sangat mudah dibaca. Seringkali Python menggunakan kata kunci bahasa Inggris, sedangkan untuk bahasa pemrograman lain menggunakan tanda baca, dan memiliki konstruksi sintaksis yang lebih sedikit daripada bahasa lain.

Belajar Python bagi pemula sangat disarankan untuk siswa dan profesional yang ingin menjadi Software Engineer yang hebat, khususnya jika mereka bekerja di bagian web development domain. Sebelum memasuki tips apa saja yang diperlukan untuk belajar Python bagi pemula, kamu juga harus mengetahui bagaimana caranya melakukan instalasi.

Proses install Python umumnya cukup mudah. Saat ini pun banyak distribusi pada Linux dan UNIX yang menyertakan Python terbaru. Bahkan beberapa komputer Windows (terutama yang berasal dari HP) sekarang sudah dilengkapi dengan Python.

Baca juga: 6 Kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman Python

Pertanyaan umum saat belajar Python pemula

Pertanyaan umum saat belajar Python pemula
Python merupakan bahasa pemrograman yang cocok dipelajari pemula - sumber gambar: Pexels.com

Walaupun bahasa pemrograman Python terbilang sangat umum digunakan oleh programmer, namun tetap saja sebagai pemula, kamu mungkin merasa kebingungan saat harus mulai mempelajarinya. Beberapa pertanyaan di bawah ini, mungkin saja muncul di benak kamu saat memulai belajar Python pemula.

1. Apakah belajar Python itu sulit?

Tentu saja, tidak ada yang sulit jika kamu mau berusaha. Python merupakan bahasa pemrograman yang cocok dipelajari oleh pemula. Belajar Python pemula cenderung sederhana karena Python memiliki syntax yang konsisten. Selain itu, saat menggunakan Python, kamu bisa fokus kepada kemampuan programming lainnya seperti desain tipe data dan pemecahan masalah atau problem decomposition yang umum dilakukan pada pemrograman. 

Seperti bahasa pemrograman Java, Python memiliki standard library atau kumpulan modul untuk melakukan tugas tertentu. Sehingga, kamu bisa mengerjakan proyek sedari dini dan akan menghasilkan sesuatu. Dengan standard library ini, kamu akan merasa puas karena mengerjakan sesuatu yang nyata sekaligus belajar hal-hal mendasar terkait pemrograman. 

2. Bisakah belajar Python secara gratis?

Di era digital ini, kamu tentu saja bisa belajar Python pemula dengan gratis. Internet merupakan tempat yang tepat untuk kamu mencari sumber pembelajaran. Contohnya saja, dataquest.io yang menyediakan berbagai modul Python gratis. Kamu juga bisa banyak mencari sumber dari Youtube dan website lainnya.

Hanya saja, jika kamu belajar secara gratis, kamu perlu “menyusun” sendiri kurikulumnya. Dari berbagai sumber yang ada, kamu perlu memutuskan apa yang harus kamu pelajari selanjutnya dan tentu saja sedikit memakan waktu. Jadi, tentukan pilihan belajar yang membuatmu nyaman, ya!

3. Apakah bisa belajar Python tanpa pengalaman coding? 

Kamu tentu sudah sering mendengar banyak software developer yang berhasil mengembangkan aplikasi hanya dengan belajar secara otodidak. Sama dengan belajar Python pemula, kamu juga bisa belajar secara otodidak tanpa pengalaman coding. Python memiliki penerjemah interaktif atau interpreter yang memungkinkan kamu untuk menguji fitur bahasa yang sudah kamu program. Dengan fitur interpreter ini, kamu dapat dengan mudah mendokumentasikan pemrograman yang ada.

4. Berapa lama belajar Python pemula yang dibutuhkan?

Tentunya, kemampuan belajar setiap orang berbeda-beda dan juga dipengaruhi oleh berapa jam yang ingin kamu alokasikan untuk belajar setiap harinya. Namun, menurut data dari dataquest.io, rata-rata murid dapat menyelesaikan belajar Python pemula dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Bahkan, ada yang kurang dari enam bulan dengan mengalokasikan sepuluh jam waktu belajar setiap minggunya.

5. Apakah butuh sertifikasi keahlian Python untuk bekerja?

Setelah kamu mempelajari Python, kamu mungkin akan mendapatkan sertifikasi. Namun, sertifikasi ini tidak sepenuhnya dibutuhkan dalam dunia kerja, tergantung dari standar perusahaan yang kamu lamar. Sebaiknya, kamu lebih fokus kepada proyek nyata seperti di Github, karena akan menjadi nilai tambah untuk perusahaan.

6. Apakah belajar bahasa pemrograman Python masih direkomendasikan di tahun 2022?

Python tetap menjadi salah satu kemampuan bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan di tahun 2022 menurut data dari Indeed.com. Hal ini karena, Python cenderung fleksibel untuk diaplikasikan dan tentunya mudah digunakan.

6 tips belajar Python bagi pemula

belajar python untuk pemula - EKRUT
Terus asah kemampuan coding kamu setiap hari - EKRUT

Jika kamu tertarik dengan Bahasa pemrograman yang satu ini, kamu perlu memerhatikan tips di bawah ini agar kamu lebih mudah dalam mempelajarinya. 

1. Coding setiap hari

Konsistensi sangat penting saat kamu mempelajari bahasa pemrograman yang baru seperti Phyton. Luangkan waktu setiap hari untuk mempelajarinya, dengan begitu maka kamu akan terbiasa dan semakin mahir dengan pemrograman tersebut.

2. Buat catatan tangan

Seiring dalam proses saat mempelajari bahasa pemrograman yang baru, kamu harus membuat catatan dengan tulisan tangan. Sebuah penelitian memberikan fakta, bahwa catatan dengan tulisan tangan saat bermanfaat untuk retensi jangka panjang.

3. Menjadi bug bounty hunter

Ketika kamu mempelajari bahasa pemrograman baru yang begitu kompleks, bukan tidak mungkin akan terdapat banyak bug yang terjadi. Jangan sampai hal ini membuat kamu frustasi. Sebaliknya, kamu harus memperbaiki bug yang ada sehingga kamu bisa berkembang lebih baik lagi.

4. Cobalah untuk mengajarkan orang lain

Menariknya, ternyata salah satu cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan cara mengajarkan apa yang sedang kamu pelajari. Hal ini juga berlaku ketika anda mempelajari bahasa pemrograman Python. Terus meningkatkan kemampuanmu dalam menjalankan beberapa Bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting jika kamu ingin terus mengembangkan kariermu di dunia teknologi. 

5. Belajar dasar Syntax

Tips yang tidak kalah penting dalam belajar Python pemula adalah mempelajari dasar Syntax. Hal ini tidak boleh kamu lewatkan sebelum terjun lebih jauh dalam pemrograman ini. Ada beberapa sumber yang bisa kamu pakai seperti website utama Python atau dataquest.io. Dalam tahap pembelajaran ini, idealnya kamu tidak akan menghabiskan waktu lebih dari satu bulan.

6. Istirahat

Ketika kamu belajar, penting untuk beristirahat sejenak dan menyerap konsep yang telah kamu lakukan. Teknik Pomodoro dapat digunakan dan banyak membantu setiap orang yang sedang belajar. Ketika kamu belajar setidaknya selama 25 menit, lakukan istirahat sejenak kemudian belajar kembali, lalu ulangi proses tersebut.

Terus meningkatkan kemampuanmu dalam menjalankan beberapa Bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting jika kamu ingin terus mengembangkan kariermu di dunia teknologi. Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan beberapa tips di saat belajar bahasa pemrograman Python. Konsistensi yang baik merupakan kunci keberhasilan dalam mempelajarinya.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • tutorialspoint.com
  • python.org
  • realpython.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu NoSQL? Berikut Jenis, Bedanya dengan SQL, dan 5 Kelebihannya!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    cara-menjadi-hacker-EKRUT.jpg

    Technology

    7 Cara Menjadi Hacker Profesional dan Rekomendasi Websitenya

    Widyanto Gunadi

    14 September 2022
    7 min read
    pertanyaan-interview-backend-developer---EKRUT.jpg

    Careers

    7 Pertanyaan Interview Backend Developer yang Sering Ditemui

    Maria Tri Handayani

    08 September 2022
    4 min read

    Video