Technology

Mengenal Python: Bahasa Pemrograman yang Sedang Populer Saat Ini

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Mengenal_Python_Bahasa_Pemrograman_yang_Sedang_Populer_Saat_Ini.jpg

Kamu pasti sering mendengar istilah Python, Java, atau C++. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh programmer. Yuk, baca informasi selengkapnya mengenai Python, kegunaannya, kelebihan dan kekurangan, hingga contoh platform yang menggunakan Python pada artikel berikut ini.

Apa itu Python?


Python adalah bahasa yang dibuat pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum - Pexels

Python adalah bahasa pemrograman yang dirilis pertama kali oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditafsirkan, berorientasi objek, dan semantik dinamis. Struktur data bawaan tingkat tinggi yang dikombinasikan dengan pengetikan dan pengikatan dinamis sehingga menarik untuk rapid application development.

Sintaks Python sederhana dan mudah dipelajari yang menekankan keterbacaan sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan program. Python juga mendukung modul dan paket yang mendorong modularitas program dan penggunaan kembali kode. Penerjemahan Python dan pustaka standar ekstensif tersedia dalam bentuk sumber atau biner tanpa biaya untuk semua platform utama, dan dapat didistribusikan secara bebas. Seringkali, programmer jatuh cinta dengan Python karena tidak ada langkah kompilasi dan siklus edit-test-debug yang sangat cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas programmer.

Baca juga: Mengenal sejarah bahasa pemrograman Python lebih dalam

Kenapa bahasa pemrograman Python sangat populer saat ini?


Salah satu alasan Python adalah bahasa yang populer karena serbaguna, open-source, dan gratis - Pexels

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan di lingkungan akademis. Bahasa pemrograman yang ramah pemula ini sudah bertahan lebih dari 30 tahun yang peminatnya kian bertambah. Simak beberapa alasan mengapa Python sangat populer.

1. Sintaks sederhana

Memiliki sintaks sederhana yang dapat meniru bahasa alami, sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami. Hal ini membuat Python lebih cepat untuk membangun proyek dan dapat lebih cepat untuk diperbaiki.

2. Serbaguna

Python dapat digunakan untuk berbagai tugas, mulai dari pengembangan website hingga pembelajaran mesin.

3. Ramah untuk pemula

Python sangat mudah digunakan sehingga ramah bagi pemula, sehingga membuat Python sangat populer digunakan oleh pembuat kode tingkat pemula.

4. Open-source

Python bersifat open-source dan gratis sehingga dapat digunakan dan didistribusikan bahkan untuk tujuan komersial.

5. Modul dan library yang besar

Python memiliki modul dan library yang besar dengan kumpulan kode yang dibuat oleh pihak ketiga sehingga memperluas kemampuan Python dan membuatnya makin berkembang untuk digunakan.

6. Komunitas besar

Python yang sudah tumbuh sejak tahun 1991 telah memiliki komunitas besar dan aktif yang berkontribusi pada kumpulan modul dan pustaka Python sehingga bertindak sebagai sumber yang bermanfaat bagi programmer lain. Dukungan yang luas kepada komunitas ini membuat mudahnya penyelesaian saat ada kode yang mengalami hambatan. Sesama anggota dapat membantu menemukan solusi karena pasti ada programmer yang sudah mengalami masalah yang sama sebelumnya.

Baca juga: Apakah Python bakal lebih populer dibanding JavaScript?

Untuk apa saja bahasa pemrograman Python digunakan


Python umum digunakan untuk melakukan data analisis dan machine learning - Pexels

Python umum digunakan untuk mengembangkan situs web dan perangkat lunak, otomatisasi tugas, analisis data, dan visualisasi data. Python yang mudah digunakan ini akhirnya telah banyak diadopsi oleh nonprogrammer seperti akuntan juga ilmuwan. Hal tersebut membuat bahasa pemrograman Python dapat digunakan untuk banyak hal antara lain sebagai berikut.

1. Data analisis dan pembelajaran mesin

Python telah menjadi bahan pokok dalam ilmu data yang memungkinkan analis data dan profesional untuk menggunakan bahasa ini dalam perhitungan statistik yang kompleks, membuat visualisasi data, membangun algoritma pembelajaran mesin, memanipulasi dan menganalisis data, serta penyelesaian tugas terkait data lainnya.

Python juga dapat membangun berbagai visualisasi data yang berbeda seperti grafik garis dan batang, diagram lingkaran, histogram, dan plot 3D. Python juga memungkinkan pembuat kode untuk menulis program untuk analisis data dan pembelajaran mesin dengan lebih cepat dan efisien seperti TensorFlow dan Keras.

2. Pengembangan situs web

Python juga sering digunakan untuk mengembangkan backend dari situs web atau aplikasi. Peran Python dalam pengembangan web mencakup pengiriman data dari dan ke server, pemrosesan data dan komunikasi dengan database, perutean URL, dan memastikan keamanan.

Python menawarkan beberapa kerangka kerja untuk pengembangan web seperti Django dan Flask. Beberapa profesi pengembangan web yang menggunakan Python termasuk backend engineer, full stack engineer, pengembang Python, software engineer, dan DevOps engineer.

3. Otomatisasi atau scripting

Python dapat membantu kamu bekerja lebih efisien dengan otomatisasi. Menulis kode yang digunakan untuk membangun proses otomatis ini disebut scripting. Di dalam dunia coding, otomatisasi dapat digunakan untuk memeriksa kesalahan di beberapa file, mengonversi file, menjalankan matematika sederhana, dan menghapus duplikasi dalam data. Python bahkan dapat digunakan oleh pemula untuk melakukan otomatisasi tugas-tugas sederhana di komputer, seperti mengganti nama file, menemukan dan mengunduh konten online, mengirim email, dan teks pada interval yang diinginkan.

4. Pengujian dan pembuatan prototipe perangkat lunak

Dalam mengembangkan perangkat lunak, Python dapat membantu tugas-tugas seperti membangun kontrol, melacak bug, dan pengujian. Dengan Python, pengembang perangkat lunak dapat mengotomatisasi pengujian terhadap produk atau fitur baru.

5. Tugas sehari-hari

Python juga dapat digunakan untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti:

  • Melacak pasar saham atau harga kripto
  • Mengirimkan pengingat teks untuk membawa payung saat hujan
  • Memperbarui daftar belanja
  • Mengganti nama banyak file
  • Mengonversi file teks ke spreadsheet
  • Memberikan tugas secara acak kepada anggota keluarga
  • Mengisi formulir online secara otomatis

Baca juga: 8 Dasar bahasa pemrograman Python

Keunggulan dan kekurangan Python


Salah satu keunggulan Python adalah bahasa ini mudah dipelajari - Pexels

Bahasa pemrograman Python adalah salah satu bahasa pemrograman level tinggi yang membantu developer melakukan coding dengan langkah-langkah yang lebih sedikit dibandingkan dengan Java, atau C++. Simak beberapa keunggulan dan kekurangan Python berikut ini.

Kelebihan Python Kekurangan Python
Mudah dipelajari dan sintaksnya cukup sederhana dan mudah dimengerti Kesulitan belajar bahasa pemrograman lain karena terbiasa dengan Python yang memiliki beragam fitur dan library yang luas
Mudah diaplikasikan dalam pengembangan produk Kurang populer untuk mobile app development karena lemah dalam komputasi mobile
Mendukung IoT (Internet of Things) dengan sangat baik Tidak ideal untuk memory intensive task karena menghasilkan konsumsi memori yang cukup tinggi
Fleksibel dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain Kurangnya dukungan multiprosesor sehingga menjadi batasan dalam penulisan kode
Dapat meningkatkan produktivitas developer karena hanya perlu menulis kode lebih sedikit sehingga developer punya lebih banyak waktu untuk bisa mengerjakan hal lain Memiliki banyak batasan desain karena Python diketik secara dinamis
Memiliki library yang luas dengan beragam modul yang siap digunakan dan beragam kode sehingga tidak perlu menulis kode lengkap secara manual Kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Namun, hal ini tergantung dari besar atau kecilnya program yang dibuat
Bersifat open-source dan gratis sehingga dapat diunduh tanpa membeli lisensi Developer yang berpengalaman dan dapat menggunakan bahasa pemrograman Python lebih sedikit
Python dapat ditanam atau disematkan ke dalam sumber bahasa lain seperti C++ sehingga kemampuan ini akan membantu kamu agar dapat menambahkan kemampuan scripting ke bahasa lain Python diketik secara dinamis sehingga tidak diperlukan deklarasi tipe variabel saat menulis kode. Walaupun dapat memudahkan developer, hal ini dapat meningkatkan terjadinya kesalahan pada saat runtime

Baca juga: Bahasa pemrograman Python: 6 Kelebihan dan kekurangannya

Contoh platform yang menggunakan Python


Google adalah salah satu contoh perusahaan yang menggunakan Python - Pexels

Walaupun saat ini terdapat lebih dari 500 bahasa pemrograman yang sedang dikembangkan dan terus bertambah, Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh platform-platform besar sebagai berikut.

1. Google

Sejak awal pembuatannya, Google sudah menggunakan Python sebagai salah satu bahasa pemrograman yang penting bagi Google. Sehingga Google merekrut kreator Python Guido Van Rossum untuk bekerja di Google. Python adalah salah satu bahasa pemrograman sisi server resmi Google, selain C++, Java, dan Go.

2. Spotify

Platform streaming musik yang sudah digunakan lebih dari 70 juta pelanggan ini juga memanfaatkan Python untuk melakukan analisis data dan backend. Selain menggunakan Python karena kecepatan perkembangan jaringannya, Spotify juga menggunakan C++.

3. Netflix

Netflix menggunakan Python karena kegunaan utamanya sebagai central alert gateway. Selain itu, Netflix juga menggunakan Python untuk menelusuri riwayat dan mengubah pengaturan keamanan.

4. Instagram

Instagram menggunakan Python sebagai aplikasi yang sangat ramah pengguna, sederhana, dan rapi salah satunya lewat media foto yang menjadi fitur utama Instagram. Selain itu, alasan penggunaan Python adalah karena bahasa ini telah populer dan tidak sulit mencari developer yang dapat menggunakannya.

5. Gojek

Gojek yang merupakan decacorn pertama di Indonesia juga menggunakan Python untuk aplikasi mereka. Gojek menggunakan Python untuk semua fitur di dalam aplikasinya dan layanan mereka. 

Baca juga: 6 Tips belajar Python pemula yang paling efektif 2022

Itu tadi informasi mengenai bahasa pemrograman Python. Apakah kamu tertarik untuk belajar Python? Atau kamu sedang mencari pekerjaan sebagai programmer atau developer untuk Python?

Yuk, coba juga daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • python.org
  • coursera.org
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video