Published on

Careers

Mengenal Big 4 Company dan Cara untuk Dapat Berkarier di Sana!

Anissa Trisdianty

H1.jpg

Apakah kamu lulusan akuntansi dan ingin membangun karier di perusahaan besar? KAP big 4 pasti menjadi salah satu dari daftar perusahaan yang kamu inginkan. Keempat perusahaan ini sudah memiliki nama besar di dunia dan memiliki  layanan yang sama, yaitu akuntansi dan audit. Big 4 memang erat kaitannya dengan bidang akuntansi dan ekonomi, namun perusahaan ini juga membutuhkan karyawan dari disiplin lain untuk mendukung operasional seperti HRD, legal, dan lainnya. Mari pelajari lebih lanjut tentang 4 Perusahaan besar ini.

Baca juga: 9 Tips mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar

Apa itu big 4 company?


Big 4 company ini dikenal tidak mudah untuk dimasuki oleh professional (sumber: google)

Big 4 adalah julukan yang digunakan untuk merujuk pada empat kantor akuntan terbesar di Amerika Serikat. Mereka adalah Deloitte, Ernst & Young (EY), PricewaterhouseCoopers (PwC), dan Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG). Selain layanan audit, big 4 menawarkan pajak, strategi dan konsultasi manajemen, penilaian, riset pasar, jaminan, dan layanan penasihat hukum. Disebut big 4 KAP lantaran keempat firma tersebut memiliki aset yang besar dan jaringan yang luas. Keempat firma ini juga sering melayani perusahaan global Fortune 500.

Sekitar tahun 1980-an, terdapat delapan firma besar di dunia yang bergerak di bidang ini. Namun, beberapa masalah menyebabkan delapan firma tersebut melakukan merger, menghasilkan empat perusahaan besar, yang sekarang dikenal sebagai big 4.

Baca juga: 5 Perusahaan yang menggunakan big data di dunia

Sumber pendapatan big 4 company


Big 4 menjadi firma terpercaya yang menangani banyak perusahaan besar (sumber: pexels)

Sumber utama pendapatan dari big 4 meliputi:

  • Auditing, assurance, dan AERS (audit and risk enterprise services)

Auditing adalah layanan dari big 4 yang paling menguntungkan. Pada 2017, firma-firma ini mengaudit S&P 500, yang mana adalah indeks pasar saham yang melacak saham 500 perusahaan besar AS.

  • Layanan konsultasi

Konsultasi adalah layanan menguntungkan lain yang ditawarkan oleh big 4, yang menyumbang 40% dari pasar.

  • Layanan pajak

Tax (26%) mencakup transfer pricing, international tax services, business tax compliance, human capital, customs, indirect tax, tax accounting & risk advisory services, transaction tax.

  • Layanan profesional lainnya seperti hukum dan keuangan perusahaan

Baca juga: 4 Jenis budaya kerja dan ciri perusahaan dengan budaya kerja positif

Contoh big 4 company


Berawal dari 8 perusahaan besar, kini tersisa hanya 4 terbesar (sumber: pexels)

1. PricewaterhouseCoopers (PwC)

PwC adalah salah satu firma akuntansi terbesar di dunia dengan penjualan tahun 2017 sebesar $37,68 miliar. Perusahaan ini merupakan hasil dari dua unit bisnis, Pricewaterhouse dan Coopers & Rybrand. Layanan konsultasi fokus pada forensik, konsultasi, dan kesepakatan. Layanan lainnya termasuk manajemen kekayaan, transportasi dan logistik, ritel dan barang konsumsi, produk industri, bank dan pasar modal, layanan keuangan, keamanan siber untuk teknologi, media dan komunikasi.

PwC memiliki program khusus untuk mendukung kemajuan karier siswa melalui magang paruh waktu yang melengkapi penelitian mereka. Selama magang, peserta berpartisipasi dalam kinerja tugas perusahaan seperti karyawan PwC seperti pertemuan dengan klien yang memungkinkan mereka untuk belajar. Di Indonesia, PwC masuk lewat kerja sama dengan KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan pada tahun 1990.

2. Deloitte

Deloitte Touche Tohmatsu Limited, penyedia layanan akuntansi global yang sudah lama berdiri. Layanan Deloitte fokus pada layanan strategis dan operasional, layanan sumber daya manusia, dan layanan teknis. Deloitte awalnya dikenal sebagai Deloitte & Touche, kantor ini didirikan pada tahun 1990 oleh penggabungan Touche Ross dan Deloitte Haskins & Sells (di luar Inggris).

Pada tahun 1993, firma ini berubah nama menjadi Deloitte Touche Tohmatsu. Nama ketiga berasal dari Tohmatsu and Company, yang bergabung dengan Toushros pada tahun 1975. Nama kantor ini merupakan gabungan dari nama William Welch Deloitte, George Touche, dan panglima Nobuzo Tohmatsu.

Jika menjadi bagian dari Deloitte, maka kamu mendapatkan peluang yang besar untuk bekerja dengan perusahaan Fortune 500 di bidang keuangan atau perusahaan ternama dengan reputasi besar lainnya. Di Indonesia, jasa-jasa Deloitte diwakili oleh Satrio Bing Eny & Rekan, Deloitte Touche Solutions, PT Deloitte Konsultan Indonesia, KJPP Lauw & Rekan, Hermawan Juniarto & Partners, dan PT Deloitte Consulting.

3. Ernst & Young (EY)

Firma tertua ini didirikan di Inggris pada tahun 1849  dengan nama Harding & Pullein. Frederick Hoiny bergabung di tahun yang sama. Kemudian, pada tahun 1859, ia menjadi mitra. Pada awal 1924, perusahaan AS ini bermitra dengan perusahaan Inggris, Young dengan Broad Paterson & Co, dan Ernst dengan Whinney, Smith & Whinney. Ernst & Whinney didirikan pada tahun 1979, menjadikannya kantor akuntan terbesar keempat di dunia. Ernst & Young ("EY") lahir pada tahun 1989 dengan tambahan No. 4 dan No. 5 Arthur Young.

Firma EY atau Ernst & Young ini adalah kantor akuntan asal Inggris dan didirikan dengan penggabungan beberapa entitas. Salah satunya adalah kemitraan tahun 2014 dengan Parthenon, sebuah perusahaan yang fokus secara strategis. Kedua mitra bersama-sama memberikan layanan konsultasi strategis dan berbasis teknologi. Di Indonesia, Ernst & Young atau EY bermitra dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) Purwantono, Suherman dan Surja.

4. KPMG

KPMG adalah salah satu perusahaan jasa profesional terbesar di dunia. KPMG mempekerjakan 104.000 orang dalam kemitraan global di 144 negara. Total pendapatan anggota KPMG pada tahun 2005 adalah $ 15,7 miliar. KPMG memiliki tiga jalur layanan, yaitu audit, pajak, dan advisory.

Firma ini merupakan hasil penggabungan dari PeatMarwick International dan Klynveld Main Goerdeler. Sejak penggabungan pada 1 Januari 1987, ini disebut KAPKPMG. Di Indonesia, KPMG diwakili oleh beberapa unit bisnis mulai dari Siddharta Widjaja & Rekan, KPMG Advisory Indonesia, hingga KPMG Middharta Advisory.

Baca juga: 9 Tips mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar

Bagaimana cara untuk dapat berkarier di big 4 company?


Ketahui budaya khas di Big 4 Company untuk mempersiapkan diri bekerja disana (sumber:pexels)

Apakah kamu tertarik menjadi bagian dari big 4? Pastikan kamu memiliki nilai diatas rata-rata, lulus dari universitas ternama, dan kemampuan berbicara yang mengesankan. Selain itu, melengkapi diri dengan kemampuan menggunakan software akuntansi akan menambah nilai tawar dirimu. Keempat perusahan tersebut memiliki kualifikasi tertentu sebagai berikut.

1. Deloitte

Pastikan kamu memiliki gelar MBA, sarjana, dan memiliki pengalaman magang di perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Pada saat rekrutasi pegawai, Deloitte menggunakan etika dan integritas untuk menjaga kualitas sumber daya. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyiapkan portofolio lamaran yang sesuai. Sampai saat ini, Deloitte telah berkembang dari seorang profesional akuntansi menjadi salah satu perusahaan paling populer.

2. Ernst & Young

EY memiliki syarat karyawan dengan gelar sarjana atau master dan setidaknya tiga tahun pengalaman profesional. EY memberi pelamar fleksibilitas untuk mengejar posisi fiktif, semacam pelatihan khusus dengan memilih posisi yang diinginkan.

3. PwC

Jika kamu ingin berkarir di PwC, kamu bisa memulainya dengan magang. Magang ini memungkinkan kamu untuk menghadiri pertemuan penting dengan banyak klien. Pada fase ini, kamu dapat belajar secara menyeluruh dari para ahli. Selanjutnya, informasi yang diserap bisa menjadi bekal karir kamu ke depannya di PwC.

4. KMPG

Lain halnya bagi kamu yang tertarik dengan KMPG dan memiliki fokus teknis dan analitis. Kamu harus mampu memahami dan mempraktikkan dua hal penting ini. KMPG menerima calon karyawan dengan gelar sarjana atau pascasarjana.

Itulah penjelasan lengkap mengenai big 4 KAP. Jika kamu tertarik untuk berkarier di empat perusahaan besar tersebut, kamu bisa menerapkan tips di atas untuk mempersiapkan kariermu di sana, ya. Namun, sebelum melamar, pastikan untuk mencari tahu budaya kerja di kantor akuntan publik. Dengan demikian, kamu bisa lebih percaya diri sebelum melamar kerja di empat perusahaan tersebut.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up di EKRUT sekarang juga agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • accountingcoach.com
  • yoursay.suara.com
  • fecon.uii.ac.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video