Published on

Careers

9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan beserta Kisaran Pendapatannya

Arin Khurota

0-bisnis-digital.jpg

Prospek bisnis digital makin menjanjikan dengan berkembangnya teknologi. Promosi juga dapat dilakukan lebih mudah dari berbagai channel, seperti media sosial dan email. Selain itu, bisnis digital juga dapat dilakukan dari mana saja dan cukup fleksibel. Di samping bisa menjadi side hustle atau sampingan, bisnis digital juga memiliki peluang tambahan untuk pendapatan yang lebih banyak.

Namun, perlu diketahui bahwa memang setiap memiliki risiko kegagalan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tren serta minat masyarakat sehingga bisnis yang dijalankan dapat berhasil. Jika berwirausaha adalah impian yang ingin kamu kembangkan, maka artikel ini cocok sebagai preferensi kamu. Berikut tren bisnis digital yang menjanjikan di tahun 2022 yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Mengenal apa itu bisnis franchise dan ragamnya

1. Publikasi ebook


Ebook menjadi pilihan bisnis digital yang menjanjikan (sumber: pexels)

Di zaman yang serba digital, buku cetak sudah jarang diminati dan beberapa orang lebih sering membaca melalui ponsel mereka. Peluang ini sangat bagus untukmu yang menyukai literasi untuk membangun usaha di bidang percetakan digital. Bahkan, rata-rata income yang didapatkan dari menjual ebook digital adalah $2000 per bulan.

Kamu dapat menulis ebook dan memasarkannya secara online. Kamu dapat menulis memoar, puisi, atau karya fiksi sesuai yang diminati oleh pasar. Jika kamu ahli dalam pemasaran digital, kamu dapat menjadi seorang profesional dan disiplin hingga kamu akan takjub untuk hasilnya di masa mendatang.

2. Konsultan bisnis


Konsultan bisnis untuk kamu yang memiliki pengalaman spesifik (sumber: pexels)

Jika kamu memiliki suatu keahlian spesifik, kamu dapat membuka jasa konsultasi untuk bidang tersebut. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki, kamu dapat memberikan nasihat serta saran yang membutuhkan bantuan di bidang tersebut. Untuk beberapa industri, kamu bahkan mungkin tidak memerlukan lisensi tertentu sehingga akan lebih leluasa. Untuk bergelut di karier digital, kamu hanya perlu mengatur waktu dan jadwal pertemuan yang efisien dengan klien.

Bidang konsultan bisnis cukup banyak, seperti SEO, blogging, pemasaran digital, dan bisnis terkait dunia IT tidak selalu memerlukan lisensi. Beberapa ide konsultasi yang dapat dicoba ketika sudah cukup ahli dan memiliki pengalaman banyak, yaitu:

  • Konsultasi keuangan
  • Konsultasi hukum
  • Konsultasi pemasaran
  • Konsultasi desain UI/UX
  • Konsultasi kebugaran
  • Konsultasi karier
  • Konsultasi WordPress
  • Konsultasi YouTube
  • Konsultasi lingkungan
  • Konseling perguruan tinggi
  • Konsultasi kencan
  • Konsultasi pernikahan
  • Konsultasi musik

3. SEO service


SEO menjadi kebutuhan di era digital (sumber: pexels)

Search engine optimization telah menjadi bidang yang cukup kompleks di era digital. SEO bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh sembarang orang dan permintaannya juga terus meningkat. Konsultan SEO termasuk bisnis digital yang dapat diperluas atau fokus dengan aktivitas SEO tertentu, seperti optimasi tautan, audit website, perangkat lunak, dan lain-lain.

Jika kamu cukup ahli dalam mengoptimalkan situs untuk menaikkan peringkat web dengan tools SEO, seperti SEMrush, Ahrefs, dan sebagainya, maka kamu dapat membangun bisnis audit. Dengan keahlian yang dimiliki, kamu dapat mengidentifikasi masalah konten dan konfigurasi situs untuk melakukan pengoptimalan.

4. Manajer media sosial


Manajer media sosial bertugas meningkatkan campaign perusahaan (sumber: pexels)

Media sosial telah berkembang melampaui bisnis dan politik untuk meliput berbagai topik. Membuat dan menjalankan untuk mencapai target campaign media sosial bisa saja sangat menakutkan karena dikejar tuntutan. Sekarang, banyak merek perusahaan yang mencari spesialis media sosial untuk membantu mencari pelanggan baru dan memperluas bisnis.

Sebagai manajer media sosial atau manajer komunitas, kamu dapat membantu mengembangkan strategi konten yang akan digunakan. Strategi ini sangat penting untuk meningkatkan awareness brand perusahaan dan meningkatkan upaya pemasaran dan penjualannya. Karena itu, ilmu untuk menjadi manajer media sosial 'dihargai' cukup mahal. Selain juga karena tuntutan, keberadaannya juga menentukan bagaimana perusahaan akan dikenal masyarakat di media sosial.

5. Bisnis penerjemah


Penerjemah untuk kamu yang multibahasa (sumber: pexels)

Jika kamu memiliki keahlian bilingual atau multibahasa, kamu dapat mencoba membuka bisnis digital di bidang penerjemah artikel. Meningkatnya perkembangan teknologi memungkinkan bisnis terhubung ke seluruh dunia sehingga keberadaan seorang penerjemah menjadi cukup penting.

Untuk memulainya, kamu bisa menjadi seorang penerjemah lepas di beberapa platform online. Kamu dapat mendaftar dan melengkapi beberapa kualifikasi pekerjaan yang diharapkan dengan menyatakan kemampuan bahasa yang kamu miliki. Pilihan terbaik adalah mengunjungi situs perusahaan dan mencari peluang pekerjaan yang relevan dengan posisi ini.

Baca juga: 9 Franchise Makanan Terlaris dan Menjanjikan beserta Kisaran Modal Awalnya

6. Bisnis blog dan vlog


Konsisten untuk membangun blog atau vlog (sumber: pexels)

Blog adalah spesialisasi penulisan untuk website, sementara vlog adalah konten berbasis video. Di era digital sekarang, banyak orang membutuhkan hiburan tanpa keluar rumah di saat-saat mereka tidak ingin beraktivitas lebih. Maka, blog atau vlog menjadi salah satu pilihan mereka.

Untuk memulai menulis di blog atau membuat konten video vlog, kamu hanya perlu mengenali diri sendiri dan melihat peluang pasar. Konten seperti apa yang akan disukai orang-orang dan kamu sendiri menikmatinya saat membuatnya. Setelah menemukannya, belajarlah untuk konsisten setiap harinya.

Satu-satunya kunci untuk berhasil menjadi content creator blog atau vlog adalah menjadi orang yang konsisten. Strategi blogging yang sukses dimulai dari topik konten. Jangan terjun ke blogging tanpa memiliki pemikiran yang tepat di mana akan memulai dan bagaimana melanjutkan.

7. Bisnis penulisan artikel


Bisnis yang memerlukan pengetahuan luas dan kosakata yang kaya (sumber: pexels)

Menulis artikel dapat menjadi ide bisnis digital yang memiliki prospek menjanjikan. Jika kamu menyukai dunia kepenulisan, kamu dapat memulai usaha ini. Kamu dapat melakukan berbagai pekerjaan, seperti menulis untuk surat kabar, majalah, jurnal, dan lain sebagainya.

Bisnis digital ini membutuhkan keahlian penelitian dan penulisan sehingga dapat mendukung karier ke depannya. Karena itu, kamu perlu memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai topik dan kosakata yang kaya. Ketika kamu telah mengasah kemampuan tersebut, maka kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan kewajiban dalam pekerjaan.

8. Bisnis fotografi


Fotografi membutuhkan keahlian yang detail (sumber: pexels)

Jika kamu menyukai dunia fotografi dan sangat memperhatikan detail, kamu dapat mencoba peluang bisnis digital yang satu ini. Memulai bisnis fotografi harus bisa memanipulasi dan menangkap momen dari sudut yang bisa membuat objek dalam foto menonjol.

Untuk memulainya, ada tiga cara yang dapat kamu coba untuk menghasilkan uang secara online melalui fotografi, yaitu:

  • Bekerja sebagai fotografer untuk suatu acara. Kamu dapat melamar pekerjaan sebagai fotografer di beberapa platform pekerjaan online sehingga kamu dapat memulai karier ini di bawah naungan perusahaan.
  • Daftar ke platform jual beli foto dan kirimkan foto. Dengan cara ini, kamu dapat berbagi keuntungan dengan platform setiap kali gambar tersebut dipesan. Beberapa platform yang banyak digunakan untuk menjual foto adalah Shutterstock, iStockphoto, Depositphotos, dan lain-lain.
  • Dapatkan bayaran untuk mengedit foto dan menerapkan efek khusus. Untuk melakukan ini, kamu juga harus dapat menggunakan perangkat lunak pengedit foto.

9. Bisnis copywriting


Copywriter berbeda dengan penulis artikel (sumber: pexels)

Copywriter berbeda dengan penulis artikel. Copywriter adalah para ahli yang membantu tim penjualan perusahaan dalam membuat konten untuk pemasaran. Copywriter bertugas untuk meneliti, merencanakan, dan menulis copy yang ditujukan untuk mempromosikan dan memasarkan barang dan jasa atas nama klien. Sebagai copywriter, kamu perlu mengembangkan keterampilan terutama di bidang menulis konten penjualan, postingan blog, iklan, dokumen teknis untuk produk, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Kreatif dengan Modal Kecil

Itulah daftar rekomendasi bisnis digital yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi kamu dalam mengembangkan side-hustle, ya! Nah, bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup atau perusahaan ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • makeuseof.com
  • websitesetup.org
  • business2community.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video