Lainnya

8 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Kreatif dengan Modal Kecil

Published on
Min read
5 min read
time-icon
cover_(1).jpg

Pengin usaha kuliner, tetapi masih bingung mau jualan apa? Tenang! Artikel kali ini akan memberikan beberapa ide jualan makanan kekinian dan kreatif. Bicara tentang kuliner, memang tak ada habisnya. Sebab, hampir setiap bulan selalu muncul ide jualan makanan kekinian yang viral di media sosial.

Mulai dari pasta, burger, dan beragam olahan makanan lainnya yang dikreasikan untuk memikat mata dan lidah pecinta kuliner. Yang jelas, semakin konsisten cita rasa dan presentasinya, maka pelanggan akan selalu suka dan datang lagi untuk membeli. Nah, kira-kira apa saja ide jualan makanan kekinian yang bisa dicoba? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Pekerja kantoran, ini 6 tips pola makan sehat untuk kamu

1. Puding silky rendah gula


Ide jualan makanan kekinian berupa puding yang rendah gula. (sumber: freepik)

Puding merupakan dessert yang legit dan lembut dinikmati. Karena presentasinya yang cantik dan cita rasanya lezat, banyak orang menyukainya. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak sampai lanjut usia pun suka menyantap puding. Agar lebih aman dan sehat bagi setiap kalangan usia, kamu bisa menciptakan ide jualan makanan kekinian berupa puding yang rendah gula. Dengan begitu, kalangan lanjut usia atau orang yang sedang diet gula, tetap bisa menikmati puding buatanmu.

2. Ayam geprek


Ayam geprek biasanya satu porsi terdiri dari nasi putih, lalapan, sambal, serta ayam goreng tepung. (sumber: freepik)

Beberapa tahun terakhir, ide jualan makanan kekinian berupa ayam geprek begitu naik daun. Hampir di setiap sudut kota, kita bisa melihat restoran atau rumah makan ayam geprek. Ditambah lagi, ada sejumlah artis yang membuka restoran ayam geprek dengan nama mereka. Sehingga, bisnis kuliner yang satu ini sangat marak di tanah air. Biasanya, satu porsi ayam geprek terdiri dari nasi putih, lalapan, sambal, serta ayam goreng tepung. Tergantung harganya, pilihan menu juga bervariasi. Mulai dari paha, dada atas, sayap, dan sebagainya.

3. Katering rumahan


Strategi promosi yang tepat di media sosial dan harga terjangkau, ide jualan makanan katering semakin cuan. (sumber: freepik)

Ide jualan makanan kekinian yang satu ini sangat cocok dijalankan jika kamu tinggal di perumahan warga. Seperti yang diketahui, masyarakat urban biasanya ingin serba praktis dan cepat. Tak terkecuali soal masakan, mereka tak mau ribet. Karena itu, bisnis katering rumahan akan sangat cocok dijalankan.

Kamu bisa menentukan satu porsi menu setiap hari yang terdiri dari nasi, sayuran berkuah, lauk-pauk, serta sambal atau kerupuk. Sebisa mungkin, setiap hari harus berbeda menu agar tidak bosan. Bila diiringi strategi promosi yang tepat di media sosial dan harga terjangkau, ide jualan makanan katering rumahan akan semakin cuan.

Baca juga: 5 Ide usaha makanan irit modal untuk karyawan

4. Rice bowl


Rice bowl berasal dari Negeri Sakura Jepang. (sumber: freepik)

Rice bowl berasal dari Negeri Sakura Jepang. Satu porsi terdiri dari nasi putih yang ditata di atas mangkuk, lauk pauk, sayur, hingga kerupuk. Sesuai namanya, makanan ini tersusun rapi di atas mangkuk-mangkuk khusus. Bisa terbuat dari kemasan mangkuk plastik atau cup kertas.

Baca juga: 9 Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant di Tahun 2022

5. Katering menu diet


Bisnis katering diet perlu menyusun apa saja menu yang enak, bergizi, serta nutrisinya pas. (sumber: freepik)

Satu lagi, ide jualan makanan kekinian yang mungkin bisa dicoba, yaitu katering menu diet harian. Seperti yang banyak dianjurkan para pakar kesehatan, pola makan sehat dan bernutrisi sangat bagus untuk membentuk tubuh yang ideal. Namun sayangnya, tidak semua orang sempat memasak di rumah, apalagi mereka yang sibuk bekerja.

Nah, disinilah peran katering menu diet. Kamu selaku pemilik bisnis katering diet perlu menyusun apa saja menu yang enak, bergizi, serta nutrisinya pas, dan kalorinya tidak berlebihan. Tawarkan beberapa opsi menu sesuai dengan diet yang dijalani agar pelanggan punya lebih banyak pilihan menarik.

6. Frozen food


Banyak orang yang membeli frozen food sebagai stok makanan di rumah untuk balita dan anak-anak. (sumber: freepik)

Sampai sekarang, bisnis frozen food tetap semarak dan tak pernah sepi peminat. Selama pandemi berlangsung, banyak orang yang membeli frozen food sebagai stok makanan di rumah untuk balita dan anak-anak. Ketimbang harus belanja setiap hari dan keluar rumah, frozen food dianggap sebagai solusi ideal yang praktis.

Di pasaran, frozen food terdiri dari berbagai jenis. Bukan hanya lauk pauk saja yang kini bisa dibekukan, tetapi jajanan anak-anak seperti kebab, roti maryam, onde-onde, pentol, roti samosa, dan masih banyak lagi, semua bisa dibeli dalam bentuk frozen food. Dijamin, ide jualan makanan kekinian frozen food bakal semakin laris!

7. Burger


Burger bisa jadi salah satu alternatif camilan yang mengenyangkan. (sumber: freepik)

Banyak orang menyukai burger, terutama kalangan anak-anak yang masih tahap pertumbuhan. Jika mereka bosan dengan nasi, burger bisa jadi salah satu alternatif camilan yang mengenyangkan. Ide jualan makanan kekinian burger terbukti bisa meraup keuntungan yang lumayan. Bayangkan, setiap burger yang terjual setidaknya bisa mengantongi untung Rp3.000-Rp5.000 tergantung apa saja jenis bahan yang dipakai. Bila memakai daging kualitas impor, kamu mungkin bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

8. Tteokbokki


Cita rasanya yang kenyal, pedas, dan gurih, bikin lidah nagih. (sumber: freepik)

Bicara tentang ide jualan makanan kekinian, konsep yang satu ini jangan sampai dilewatkan! Tteokbokki adalah streetfood atau jajanan kuliner khas Korea yang hits di kalangan anak muda. Terdiri dari kue beras yang dibentuk lonjong dan panjang, kemudian diberi keju mozarella dan saus pedas.

Cita rasanya yang kenyal, pedas, dan gurih, bikin lidah nagih! Kalau kamu tidak ingin repot memasak di dalam booth, kamu juga bisa menawarkan pengunjung Tteokbokki frozen yang siap disimpan di freezer atau lemari es. Sehingga, kapanpun pelanggan ingin menikmati, bisa langsung dibuat sendiri di rumah!

Baca juga: Mau Buat Aplikasi Pesan Makanan Online? Berikut Informasinya

Bagaimana ide jualan makanan kekinian di atas? Bisa menambah inspirasi usahamu, kan? Apakah kamu sudah tertarik untuk mulai mengembangkan usahamu?

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • food.detik.com
  • qoala.app
  • adira.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    02 December 2022
    5 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._Mengenal_Apa_itu_Dispatching__Cari_Tahu_Mulai_dari_Definisi_hingga_Jenisnya_Di_Sini!.jpg

    Careers

    Dispatching Adalah: Pengertian, Definisi, dan Jenis-Jenisnya

    Anisa Sekarningrum

    09 November 2022
    5 min read

    Video