Lainnya

9 Franchise Makanan Terlaris dan Menjanjikan beserta Kisaran Modal Awalnya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_9_Franchise_Makanan_Terlaris_dan_Menjanjikan_Beserta_Kisaran_Modal_Awalnya_(1).jpg

Kamu ingin punya bisnis yang menghasilkan omzet tinggi tetapi tidak ingin memulai dari nol? Terdengar mustahil memang. Namun, dunia bisnis telah menawarkan solusi dari impian tersebut dengan franchise atau waralaba. Eits, kamu tidak bisa sembarang memiliki franchise, ya. Simak artikel ini untuk tahu cara memilih dan rekomendasinya!

Baca juga: 8 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Kreatif dengan Modal Kecil

Bagaimana cara memilih franchise makanan yang tepat?


Memilih franchise makanan harus dengan pertimbangan yang tepat pada berbagai aspek. (Sumber: Freepik)

Memiliki franchise makanan merupakan langkah yang strategis untuk memulai perjalanan dalam dunia usaha. Selain karena bisnis makanan menjamur dengan cepat, pengelolaan franchise makanan juga terhitung lebih mudah karena kamu hanya perlu fokus pada cabang milikmu. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih franchise makanan.

1. Pilih bisnis makanan yang telah memegang izin

Kepemilikan izin adalah hal yang krusial dalam bisnis. Izin yang dimaksud meliputi keamanan pangan dari BPOM, MUI, dan sejenisnya. Hal ini adalah jaminan bahwa produk yang dijajakan aman dan tidak akan mengganggu dan merugikan konsumen. Bisnis franchise yang kamu jalani harus memiliki izin tersebut untuk menghindari isu tersebut dan tuntutan hukum yang dapat merugikan dirimu sendiri.

2. Pilih franchise makanan yang terpercaya

Tolok ukur kredibilitas franchise makanan terletak pada kualitas operasional usahanya, seperti laporan keuangan yang transparan dan perlakuan pada pegawainya yang manusiawi. Saat ini, terdapat sejumlah franchise yang bermasalah terkait brand dan internalnya. Pastikan kamu sudah melakukan riset dan cek latar belakangnya melalui internet atau bertanya pada ahlinya sebelum memilih franchise tersebut.

3. Pilih franchise makanan yang terkenal dan stabil

Aspek familier pada bisnis makanan menjadi penentu apakah franchise-nya akan mendatangkan keuntungan yang besar atau tidak. Brand yang sudah cukup terkenal dapat menarik pelanggan lebih banyak sehingga franchise makanan tersebut jadi menguntungkan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan stabilitas brand tersebut karena popularitas bersifat dinamis.

4. Pilih franchise makanan yang sesuai dengan dirimu

Kesesuaian franchise ini diukur dari selera dan bujet yang kamu miliki. Kamu akan lebih bersemangat dan antusias apabila franchise makanan yang kamu jalani pernah kamu konsumsi dan sesuai preferensimu. Namun, sebelum memilihnya, pastikan kamu telah mengalokasikan dana yang dibutuhkan. Hindari melakukan kredit atau hutang demi memiliki franchise makanan yang berakhir mengganggu arus finansialmu.

Baca juga: Mengenal apa itu bisnis franchise dan ragamnya

9 Franchise makanan terlaris dan menjanjikan


Franchise makanan asli Indonesia dapat menjadi pilihanmu. (Sumber: Freepik)

Kamu sudah menemukan pilihan franchise makanan untuk kamu miliki? Apabila belum menemukan yang cocok dan sesuai bujet, rekomendasi di bawah ini mungkin dapat menarik perhatianmu.

1. Solaria


Solaria terkenal di berbagai kalangan usia. (Sumber: Solariaresto.co.id)

Restoran satu ini begitu populer di kalangan usia anak muda hingga dewasa. Kamu perlu menyiapkan modal setidaknya 650 juta hingga 2 miliar rupiah untuk memiliki franchise makanan ini. Solaria merupakan pilihan yang tepat untuk menarik pelanggan karena variasi menu yang pas dengan lidah masyarakat Indonesia dan konsep kasualnya.

Baca juga: Kemitraan Adalah: Pengertian, Cara Kerja, 5 Karakteristik, Keuntungan, hingga Contohnya

2. Kebab Baba Rafi


Baba Rafi menerapkan konsep bagi hasil syariah. (Sumber: Kumparan.com)

Kamu tidak perlu khawatir akan dikenakan royalty fee karena Kebab Baba Rafi menerapkan prinsip bagi hasil syariah di mana mitra mendapatkan 60% hasil tersebut. Penghasilan kotor yang kamu dapatkan bisa mencapai 15 juta rupiah per bulan, lho! Apabila kamu ingin memiliki franchise makanan yang terkenal dan memiliki cabang di mana-mana ini, persiapkan sekiranya 75 hingga 300 juta rupiah.

3. Rocket Chicken


Cabang Rocket Chicken telah tersebar di seluruh Indonesia. (Sumber: Hargaria.com)

Ingin memiliki franchise makanan cepat saji dengan modal yang terjangkau? Rocket Chicken menawarkan calon franchisor-nya 5 tahun kerja sama dengan modal sebesar 15 juta rupiah saja dan royalti sebesar 4% dari omzet per bulan. Tawaran ini tentunya menggiurkan, mengingat Rocket Chicken telah memiliki lebih dari 700 cabang seluruh Indonesia dan inovatif dalam menunya.

4. Sabana Fried Chicken


Sabana Fried Chicken menjadi pilihan pertama mahasiswa. (Sumber: Gofood.co.id)

Lokasi strategis di sekitar kampus, harga murah, dan rasa yang enak mendatangkan banyak konsumen dari kalangan mahasiswa. Memiliki franchise makanan ini punya banyak keuntungan, seperti pengiringan selama 3 bulan pertama dengan modal 17 juta rupiah saja. Omzet per bulannya sebesar 20 juta rupiah—sangat profitabel, ‘kan?

5. Bakso Benhil


Franchise Bakso Benhil bebas akan biaya franchise maupun royalti. (Sumber: Bisnis.com)

Franchise makanan satu ini dapat dimiliki dengan modal yang tampaknya paling terjangkau di antara yang lainnya, yaitu sebesar 4 juta rupiah untuk 500-600 porsi. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena omzet per harinya mencapai 500 ribu rupiah tanpa franchise fee maupun royalty fee, lho! Bakso yang sesuai selera masyarakat Indonesia akan menarik banyak pembeli.

Baca juga: 5 Ide usaha makanan irit modal untuk karyawan

6. Tahu Jeletot Taisi


Tahu Jeletot Taisi adalah pilihan tepat untuk berbisnis di ranah makanan kecil. (Sumber: Franchiseglobal.com)

Menu gorengan dengan cita rasa pedas tidak boleh terlewat dalam pilihan franchise-mu. Dengan modal mulai dari 20 hingga 250 juta rupiah, kamu akan mendapatkan keuntungan kemitraan yang menyangkut operasional, personalia, hingga promosi usaha. Tidak perlu ragu lagi karena Tahu Jeletot Taisi telah membangun audiensnya sejak 2012.

7. Ngikan Yuk


Pamor Ngikan Yuk terbentuk oleh rasa dan popularitas Rachel Vennya, pemiliknya. (Sumber: Akurat.co)

Tidak hanya melalui endorsement, kamu bisa bermitra dengan Rachel Vennya dengan memiliki franchise Ngikan Yuk diriannya. Restoran cepat saji ini menyediakan berbagai macam ikan goreng tepung dengan nasi liwet. Untuk memiliki franchise makanan ini, siapkan modal sekitar 300 juta rupiah.

8. Es Teler 77


Es Teler 77 mudah ditemukan di mana-mana. (Sumber: Republika.co.id)

Meskipun namanya menunjukkan bahwa menu utama Es Teler 77 adalah minuman tersebut, restoran ini menawarkan hidangan yang tidak kalah sedap, lho! Kamu dapat menemukannya di setiap mall dan tempat umum lainnya. Sediakan modal sebesar 80 juta rupiah untuk memiliki franchise-nya yang menghasilkan profit sebanding.

9. Janji Jiwa


Janji jiwa merupakan langkah yang tepat untuk terjun dalam dunia franchise kopi kekinian. (Sumber: Kompas.com)

Selain beragam menu minuman dan kopi, Janji Jiwa juga mulai merambah ke ranah makanan ringan dengan Jiwa Toast-nya. Brand ini sangat terkenal di kalangan anak muda. Dengan modal berkisar 150 hingga 200 juta rupiah, kamu dapat memiliki franchise-nya dengan fasilitas sewa tempat, karyawan, dan peralatan.

Baca juga: Cloud Kitchen, Konsep Bisnis Kuliner Baru yang Sedang Hits Saat Ini!

Itu dia tips dan rekomendasi franchise makanan di Indonesia yang menjanjikan. Apakah kamu sudah siap dengan modalnya? Sembari mengumpulkan modal, dapatkan pekerjaan impianmu dengan mendaftarkan dirimu di EKRUT dan terhubung dengan sejumlah perusahaan bergengsi!

Sumber:

  • jenius.com
  • ocbcnisp.com
  • cimbniaga.co.id
  • bukuwarung.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    Mengenal_Good_Corporate_Governance_(GCG)_Mulai_dari_Tujuan__4_Prinsip__dan_Contohnya.jpg

    Careers

    Mengenal Good Corporate Governance (GCG) Mulai dari Tujuan, 4 Prinsip, dan Contohnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 December 2022
    5 min read

    Video