Published on

Expert's Corner

Blogger Adalah: Definisi, Skill-set, dan Cara Menjadi Blogger Profesional 2022

Detty Risetya

cover.jpg

Teknologi internet telah banyak mengubah setiap aspek kehidupan. Tak terkecuali, di bidang penulisan. Jika dahulu menjadi seorang penulis harus menghabiskan banyak kertas, mencari penerbit, dan kerumitan lainnya, sekarang semuanya hanya butuh beberapa kali klik.

Blogger adalah orang yang bisa menjangkau audiens di seluruh dunia dengan rangkaian kata-kata yang menginspirasi. Ada jutaan blog online, dan blogger adalah orang yang mampu terhubung dengan ribuan orang setiap hari. Dengan kata lain, blogger adalah salah satu orang yang bisa berkomunikasi atau menyebarkan informasi secara cepat. Untuk itu, simak definisi, skill-set, dan cara menjadi blogger profesional 2022 di artikel ini.

Mengenal profesi blogger


Blogger adalah orang yang menghasilkan uang melalui tulisan-tulisannya di blog. (sumber: pexels)

Blogger adalah penulis blog atau orang yang menjalankan dan memelihara blog. Kegiatan umum blogger adalah membina hubungan dengan pembaca atau blogger lain agar mendorong interaksi di kolom komentar. Profesi blogger adalah salah satu karier idaman saat ini. Sebab, hanya dengan menulis, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Sama seperti YouTuber atau vlogger, blogger adalah orang yang menghasilkan uang melalui tulisan-tulisannya di blog.

Baca juga: Blog: Pengertian, manfaat, struktur dan cara membuatnya

Skill-set yang perlu dipersiapkan untuk menjadi blogger


Blogger adalah orang yang menggunakan konten website untuk mempengaruhi atau menginspirasi pembaca. (sumber: pexels)

Sebenarnya, tidak butuh keterampilan atau keahlian tertentu untuk menjadi blogger. Kalau kamu mampu membuat blog online, maka kamu adalah seorang blogger. Hanya saja, tidak semua orang mampu menulis rangkaian kata-kata yang menarik, persuasif, dan menginspirasi. Terutama, jika kamu harus menyampaikan isi pesan atau promosi brand tertentu.

Adapun skill-set yang perlu disiapkan untuk menjadi blogger sebagai berikut:

1. Konten website

Blogger adalah orang yang menggunakan konten website untuk mempengaruhi atau menginspirasi pembaca agar melakukan tindakan tertentu. Entah itu berkomentar, membeli produk, mendaftar webinar, dan sebagainya. Di sini, peran blogger adalah membuat konten website yang unik secara berkala sesuai tema. Konten website yang dibuat blogger adalah jenis konten yang menarik atau bisa dibagikan di media sosial. Selain itu, skill lainnya yang perlu dimiliki blogger adalah posting blog, meriset kata kunci, serta membuat artikel yang SEO-friendly.

2. Menentukan topik

Semua orang mungkin bisa menulis, namun tidak semua orang bisa membuat tulisan yang mudah dibaca dengan topik yang menarik. Keahlian blogger adalah menentukan topik atau tema artikel yang akan dibuat. Ibaratnya, jika kita mengobrol, maka topik inilah yang akan dibahas.

Untuk menentukan topik, peran blogger adalah meriset apa saja isu terkini di masyarakat, tren, maupun acara yang sedang populer. Contohnya, jika kamu sedang membuat blog dengan tema berkebun, maka topik yang bisa dibahas blogger adalah tips berkebun, cara membudidayakan bunga, cara menanam hidroponik, atau gaya hidup sehat. Sebisa mungkin, topik yang dibuat terjadwal mingguan atau bulanan, sehingga blog akan selalu update.

3. Posting blog

Selanjutnya, skill-set lainnya yang perlu dimiliki blogger adalah posting blog. Setelah menulis artikel, selanjutnya unggah ke dalam konten manajemen blog. Bisa berupa teks, video, foto, atau infografis. Setiap CMS atau website memiliki fitur posting blog yang berbeda. Tetapi, secara umum fitur-fiturnya sama. Misalnya, terdapat kolom judul, isi konten, pengaturan tanggal tayang, nama penulis, heading, dan fitur-fitur lainnya.

Baca juga: 5 Domain Gratis dan Cara Mudah Membuatnya

4 Cara menjadi blogger


Cara menjadi blogger yang pertama adalah merencanakan konten blog. (sumber: pexels)

Ingin tahu bagaimana cara menjadi blogger? Mari simak langkah-langkah menjadi blogger sebagai berikut.

1. Tentukan apa niche blog

Cara menjadi blogger yang pertama adalah merencanakan konten blog. Misalnya, menentukan niche dan target audiens, mengatur jadwal konten, serta membuat blog. Dengan memahami hal ini, kamu bisa lebih mudah mengatur strategi yang tepat untuk membuat blog bagi perusahaan, bisnis, atau brand yang akan dipublikasikan.

2. Mempromosikan blog

Sebagus apapun blog, maka akan terasa percuma jika tidak ada orang yang membacanya. Memang sedikit sulit, namun ada banyak cara yang bisa dilakukan agar blog kamu lebih dikenal. Misalnya, mengikuti komunitas blogger, mempromosikan di media sosial, menghadiri acara industri atau blogger, dan lainnya.

3. Menulis secara teratur

Tugas blogger adalah menulis blog secara teratur. Buatlah kontribusi yang besar dengan membangun blog yang tulisannya menggugah pikiran audiens. Jika dilakukan secara teratur, keterampilan menulis akan berkembang pesat. Selain itu, nama penulis juga akan semakin dikenal. Banyak blog mengambil kontributor atau posting tamu. Jadi, mulailah menulis blog secara teratur dan lihat apakah kamu bisa posting untuk blog lain agar tulisanmu semakin populer.

4. Diversifikasi keterampilan

Menjadi seorang blogger lebih dari sekadar pintar merangkai kata. Di sini, peran blogger juga termasuk membuat konten yang kreatif, menarik secara visual, serta terdapat fitur yang interaktif. Jadi, pikirkan keterampilan lain di samping menulis. Misalnya, fotografi, desain, atau kemampuan teknis coding. Kamu bisa ikut webinar atau kursus online yang sekarang banyak menawarkan keterampilan desain grafis atau produksi video agar menambah skill-set blogger.

Baca juga: 6 Cara menghasilkan uang dari blog

Itulah informasi mengenai definisi, skill-set, dan cara menjadi blogger profesional yang dapat kamu coba. Apakah kamu tertarik menjadi seorang blogger?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • niagahoster.co.id
  • qwords.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    pexels-thisisengineering-3862603_(1).jpg

    Careers

    HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    5 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video