Lainnya

Panduan Membuat Brand Persona Beserta 3 Contoh Sebagai Referensinya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Natasya Primatyassari

Natasya Primatyassari has been dipping her toes into the digital marketing pool since 2018 and has helped numerous companies with their communication needs. Her passion is to make a business sparkle through its useful and engaging content.

H1_Panduan_membuat_brand_persona.jpg

Setiap komunikasi yang kamu lakukan dengan konsumen pasti akan membuat mereka mengetahui sedikit tentangmu (atau bisnismu). Kepribadian tersebut yang dinamakan dengan online persona atau brand persona. Percaya atau tidak, brand persona dapat memengaruhi apakah konsumen tertarik untuk klik tombol, mengisi formulir, bahkan melakukan pembelian.

Apa itu brand persona?


Brand persona adalah sekumpulan ciri kepribadian, sikap, dan nilai yang ditampilkan kepada audiens - Pexels

Dikutip dari weebly.com, brand persona adalah kumpulan ciri kepribadian, sikap, dan nilai yang ditampilkan sebuah merek secara teratur untuk membantu mereka terhubung dengan segmen konsumen tertentu. Brand persona dapat berupa orang, karakter, maskot, atau ide.

Brand persona yang baik adalah yang hampir dapat divisualisasikan sebagai seseorang yang kamu kenal. Kamu juga dapat menganggapnya sebagai cerminan diri saat berinteraksi dengan merek tersebut. Salah satu cara termudah untuk menciptakan kepribadian bagi perusahaan adalah dengan membayangkan tipe orang yang menurutmu paling tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga: Apa itu brand identity? Berikut manfaat dan 4 cara membuatnya!

Manfaat brand persona bagi perusahaan


Brand persona dapat membantu mendekatkan bisnismu dengan pelanggan - Pexels

Berikut beberapa contoh bagaimana perusahaan dapat memperoleh manfaat dari membangun brand persona yang baik sebagaimana dikutip dari rockcontent.com.

1. Membedakan bisnismu dengan kompetitor

Alasan utama untuk membangun dan meningkatkan brand persona adalah untuk membedakan bisnismu dengan kompetitor. Bagaimanapun, pemasaran adalah tentang diferensiasi. Mungkin ada setidaknya beberapa perusahaan yang bersaing, secara langsung maupun tidak langsung, dengan perusahaanmu.

Brand persona dapat membantu perusahaanmu membangun hubungan baik dengan pelanggan sehingga mereka memiliki kecenderungan untuk memilih merekmu dalam lingkungan yang kompetitif. Ketika ada dua pilihan dengan kualitas dan manfaat yang sama, pelanggan memilih salah satu yang paling mereka kenali.

2. Menunjukkan manfaat yang ditawarkan oleh bisnismu

Brand persona memiliki tugas paling penting: menunjukkan kepada pelanggan manfaat nyata yang ditawarkan oleh bisnismu. Namun, hal tersebut akan jauh lebih mudah ketika kamu memiliki brand persona yang berkembang dengan baik.

Sebuah perusahaan yang dapat menginspirasi, melalui persona mereknya, harus menunjukkan bahwa produknya juga menghadirkan karakteristik tersebut dan menimbulkan perasaan tertentu pada pelanggan. Sebagai contoh, Harley-Davidson dan kepribadiannya yang menyukai kebebasan. Merek ini dapat menimbulkan daya tarik yang mempengaruhi pelanggan untuk memiliki sepeda motor yang tangguh.

3. Mendekatkan bisnis dengan pelanggan

Brand persona dapat membantumu berbicara dengan audiens dan didengar oleh mereka. Kamu juga akan lebih mudah untuk melibatkan mereka dalam survei dan membuat mereka berinteraksi dengan konten yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan mengetahui lebih banyak data mengenai preferensi mereka sekaligus semakin memahami kebutuhan mereka melalui produk-produk yang akan diluncurkan.

Baca juga: Brand awareness: Pengertian, strategi dan 3 contohnya

Panduan membuat brand persona


Dalam membangun brand persona, pahami ciri khas bisnismu dan perhatikan pelangganmu - Freepik

Setelah memahami pengertian serta manfaat brand persona, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara membuatnya. Berikut panduan membangun brand persona menurut rockcontent.com.

1. Pahami ciri khas bisnismu

Membangun brand persona dan membangun merek itu sendiri adalah dua hal yang sangat mirip. Kedua proses tersebut menuntut pemahaman yang lebih besar tentang misi, janji, esensi, dan pilar perusahaan. Untuk membuat brand persona bagi bisnismu, mulailah dengan melihat perbedaannya dari kompetitor. Ini adalah hal-hal penting dalam membuat persona merekmu menonjol.

2. Perhatikan pelangganmu

Hal penting lainnya yang perlu diingat ketika membangun brand persona adalah personifikasi perusahaanmu harus memungkinkan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mudah. Agar hal ini berhasil, ciri-ciri brand persona sebaiknya melengkapi persona pembelimu.

Oleh karena itu, pelajari usia audiensmu, apa yang mereka tonton di TV, dan bagaimana mereka berkomunikasi. Ini akan menjadi dasar dalam menentukan siapa persona merekmu.

3. Cari tahu siapa personamu

Persona tidak harus menjadi seseorang. Objek, gambar, binatang, dan bahkan versi kartun dari perusahaan dapat menjadi sebuah persona. Tujuannya adalah agar persona kamu dapat merangkum sifat-sifat perusahaan dengan baik.

Caramu memetakan kepribadian perusahaan dan membangunnya dengan mengembangkan nada suara, gaya grafis, dan sifat-sifat lain itulah yang akan membentuk persona merekmu.

3 Contoh brand persona


McDonald’s adalah salah satu merek restoran cepat saji yang populer di masyarakat - Unsplash

Banyak bisnis dari seluruh penjuru dunia telah bekerja keras untuk membangun brand persona mereka. Berikut 3 contoh brand persona yang telah dilakukan secara efektif seperti dilansir dari rockcontent.com.

1. McDonald’s

Meskipun banyak restoran cepat saji lainnya yang mulai populer, McDonald's masih menjadi salah satu merek yang melekat di benak konsumen ketika ingin mengonsumsi jenis makanan seperti ini.

McDonald's adalah tempat ramah keluarga yang mudah dijangkau dan tersedia di berbagai daerah. Merek tersebut berhubungan dengan orang dewasa dan anak kecil, serta menyediakan menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Semua karakteristik tersebut dieksplorasi dengan baik oleh tim pemasaran mereka di media sosial.

2. Disney

Disney adalah merek lain yang dapat mengajari kita banyak mengenai brand persona. Mereka telah melakukan berbagai upaya untuk dapat dikenal sebagai tempat paling ajaib di dunia.

Selama sekitar satu abad, Disney telah membangun gagasan bahwa mereka dapat membuat mimpi menjadi kenyataan. Mereka memiliki salah satu persona merek paling kuat yang dapat dipikirkan pemasar.

Dengan mengutamakan pelanggan dan memastikan kebutuhan dan harapan mereka terpenuhi, Disney menjadi tolak ukur baik dalam bidang wahana rekreasi maupun dalam strategi pemasaran yang digunakan.

3. Red Bull

Red Bull tidak hanya memimpin dalam hal minuman energi. Perusahaan ini juga dikenal di dunia pemasaran karena hubungannya dengan pelanggan dan pengalaman yang diberikannya.

Tentu saja, brand persona yang dibangun juga mengikuti jejak ini, yaitu, berani, mudah bergaul, dan energik. Hal ini juga yang membuat Red Bull mudah berinteraksi dengan atlet profesional maupun konsumen yang suka berpesta yang mengikuti mereka di media sosial.

Baca juga: 7 Cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

Brand persona adalah personifikasi perusahaanmu yang bertujuan untuk menampilkan dirinya kepada pelanggan menawarkan produk yang dimilikinya. Itulah mengapa brand persona menjadi alat yang sangat penting dalam menciptakan ekuitas merek yang efektif.

Baik sebagai seorang pengusaha atau karyawan, ada baiknya kamu terus belajar dan menggali mengenai hal ini. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana membangun personal branding yang baik dalam dunia profesional melalui video di bawah ini. Selamat mencoba!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • weebly.com
  • rockcontent.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    Mengenal_Good_Corporate_Governance_(GCG)_Mulai_dari_Tujuan__4_Prinsip__dan_Contohnya.jpg

    Careers

    Mengenal Good Corporate Governance (GCG) Mulai dari Tujuan, 4 Prinsip, dan Contohnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 December 2022
    5 min read

    Video