Published on

Lainnya

10 Rekomendasi Buku Public Speaking Terbaik [2022]

Sartika Nuralifah

H1_10_Rekomendasi_Buku_Public_Speaking_Terbaik__2022_.jpg

Public speaking adalah salah satu kemampuan yang dapat kamu pelajari sendiri. Beberapa orang yang tidak terbiasa untuk berbicara di depan umum, menganggap public speaking adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Mereka cenderung tidak percaya diri saat harus berbicara di depan umum.

Namun, public speaking ternyata salah satu kemampuan yang perlu dipelajari, terlebih di masa sekarang. Cara belajar public speaking pun beragam. Mulai dari berlatih sendiri, mengikuti kelas public speaking, bahkan dengan membaca beberapa buku public speaking. Bagi kamu yang ingin mempelajari public speaking, berikut beberapa rekomendasi buku public speaking terbaik yang patut kamu ketahui.

Baca juga: 10 Rekomendasi buku marketing untuk tambah pengetahuan

1. Made to Stick


Made to Stick. Sumber: IHI

Buku public speaking pertama berjudul Made to Stick karya Chop dan Dan Heath. Buku ini menjelaskan bagaimana materi yang kamu sampaikan saat berbicara di depan umum dapat melekat pada audiens. Tak lupa, penulis menyampaikan pula saran bagi para pembaca agar public speaking makin menarik dan berkesan. Buku Made to Stick juga termasuk dalam salah satu buku terlaris versi New York Times.

2. Speak Up For Your Business


Speak Up For Your Business. Sumber: Amazon

Salah satu ahli public speaking, yakni Michelle Mazur juga membuat buku public speaking. Buku tersebut berjudul Speak Up For Your Business. Pada bukunya, Michelle Mazur membagikan ilmunya mengenai bagaimana cara mengembangkan keterampilan public speaking sehingga kamu dapat membujuk serta memotivasi audiens. Kamu juga akan diajarkan bagaimana cara menciptakan sebuah pengalaman melalui cerita dengan beberapa unsur penting yang dijelaskan Michelle Mazur dalam buku ini.

3. 101 Lessons to be a Damn Good Speaker!


101 Lessons to be a Damn Good Speaker!. Sumber: Google Play Store

Buku public speaking dengan judul 101 Lessons to be a Damn Good Speaker! ditulis oleh Deepshikha Kumar. Sang penulis mengajak para pembaca untuk membuat suasana public speaking menjadi tidak terlupakan oleh para audiens. Pada buku ini, hal yang kamu dapatkan adalah mengenai bagaimana cara untuk tampil dengan percaya diri, tepat waktu saat berbicara di depan umum, dan menggali topik yang akan kamu sampaikan agar tepat dan relevan. Tidak hanya untuk profesional, buku ini juga sangat cocok untuk para pemula.

4. Speak With No Fear


Speak With No Fear. Sumber: Amazon

Buku dengan judul Speak With No Fear adalah buku public speaking yang berisi mengenai tujuh strategi yang dapat membantu kamu dalam berbicara di depan umum. Pada buku ini, kamu akan mempelajari strategi mengungkapkan materi, membayangkan hal terburuk saat public speaking, menjadi diri sendiri saat berbicara di depan umum, dan beberapa strategi lainnya yang berguna untuk meningkatkan kualitas public speaking kamu. Tips yang diberikan pun tidak membosankan, karena dalam buku ini juga diselingi beberapa anekdot sehingga tak akan membuatmu bosan untuk membaca materi pada buku public speaking ini.

5. Talk Like TED: The 9 Public Speaking Secrets of the World's Top


Talk Like TED: The 9 Public Speaking Secrets of the World's Top. Sumber: Publishers Weekly

Talk Like TED adalah sebuah karya terlaris dari Carmine Gallo. Pada buku public speaking ini, Carmine Gallo menjelaskan bahwa dalam sebuah pekerjaan, kita harus mampu membuat ide-ide yang sifatnya persuasif. Selain itu, dirinya melakukan eksplorasi mengenai apa yang membuat public speaking pada TED Talks selalu tersampaikan dengan hebat.

Bahkan Carmine Gallo telah merinci ratusan pembicara TED Talks serta melakukan wawancara dengan presenter TED Talks untuk mengetahui rahasia public speaking yang sukses. Ketika kamu memiliki triknya, maka apapun yang kamu lakukan akan lebih dinamis dan mudah didengar audiens.

Baca juga: Public Relations Adalah: Lingkup Pekerjaan, Tantangan, dan 4 Skill Penting yang Harus Dimiliki

6. The Art of Public Speaking


The Art of Public Speaking. Sumber: Amazon

Buku public speaking selanjutnya adalah The Art of Public Speaking. Buku ini ditulis oleh Stephen Lucas. Dirinya menulis mengenai keterampilan praktis untuk berbicara di depan umum. Tak lupa, dirinya mengulas terkait teori retorika kontemporer. Kamu akan mempelajari berbagai hal tentang public speaking, mulai dari persiapan untuk melakukan public speaking, mengetahui prinsip-prinsip berbicara di depan umum, bahkan kamu akan mendapatkan materi mengenai bagaimana cara untuk membangun percaya diri pada saat melakukan public speaking.

7. The Public Speaking Playbook


The Public Speaking Playbook. Sumber: Free Magazine

The Public Speaking Playbook adalah buku public speaking yang berisi materi mengenai dasar-dasar public speaking dan proses berbicara di depan umum. Kamu akan mempelajari materi tersebut menggunakan modul pembelajaran interaktif yang dapat kamu gunakan sekaligus untuk berlatih public speaking. Para pembaca akan belajar berpikir kritis dalam berbicara di depan umum dengan fokus kepada berbagai hal seperti etika dan keragaman.

8. Confessions of a Public Speaker


Confessions of a Public Speaker. Sumber: Pinterest

Ditulis oleh Scott Berkun, buku public speaking satu ini menjelaskan teknik-teknik public speaking yang dilakukan oleh para komunikator hebat. Scott Berkun juga menjelaskan bahwa teknik tersebut dapat diaplikasikan oleh semua orang jika kita mau mempelajarinya. Dalam buku Confessions of a Public Speaker ini, Scott Berkun juga menuliskan kisah-kisah menarik tentang pengalaman dirinya saat berbicara di depan umum. Bagi kamu yang ingin membuat audiens mendengarkan materi yang kamu sampaikan, buku public speaking ini sangat cocok untukmu.

9. Public Speaking to Win: The Original Formula to Speaking With Power


Public Speaking to Win: The Original Formula to Speaking With Power. Sumber: Overdrive

Buku public speaking yang berisi materi mengenai cara public speaking agar audiens mendengarkan dengan baik ini ditulis oleh Dale Carnegie. Dalam bukunya, Dale Carnegie membagikan ilmu mengenai bagaimana caranya membangun keintiman antara komunikator dengan audiens dan bagaimana cara mendapatkan kepercayaan dari audiens.

Selain itu, kamu akan diajarkan pula bagaimana caranya membuka dan menutup sebuah pembicaraan. Buku ini sangat cocok bila kamu ingin melakukan public speaking untuk tujuan penjualan sesuatu agar klien serta pelanggan dapat terpengaruh dengan apa yang telah kamu sampaikan.

10. Think on Your Feet: Tips and Tricks to Improve Your Impromptu Communication Skills on the Job


Think on Your Feet: Tips and Tricks to Improve Your Impromptu Communication Skills on the Job. Sumber: Mgprofessional

Berbicara di depan umum erat kaitannya dengan momen-momen dadakan seperti harus berpikir cepat untuk menjawab pertanyaan hingga komentar dari audiens. Beberapa orang memberikan reaksi yang sedikit cemas ketika mendapatkan hal-hal tidak terduga setelah berbicara di depan umum.

Melalui buku Think on Your Feet, kamu akan belajar untuk berlatih berpikir hal-hal yang tidak terduga khususnya pada saat berbicara di depan umum. Buku ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan improvisasi agar lebih lebih baik ketika diminta untuk merespons sesuatu yang mendadak.

Baca juga: 7 Tips public speaking yang bisa kamu coba

Demikian informasi mengenai 10 rekomendasi buku public speaking karya berbagai penulis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari public speaking dan ingin membeli buku public speaking.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • speakin.co
  • roliedema.com
  • virtualspeech.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video