Register

careers

Seluk beluk Public Relations dari A-Z

Nur Lella Junaedi

03 June 2020

public-relation-adalah-EKRUT.jpg

Profesi Public Relations banyak digeluti oleh berbagai latar belakang pendidikan. Namun, umumnya mereka yang menjadi bagian dari Public Relations (PR) berasal dari pendidikan komunikasi dan pemasaran.

Lantas seperti apa pekerjaan Public Relations dan apa saja tugas serta tanggung jawabnya? Cari tahu yuk, di sini. 

Seperti apa itu pekerjaan Public Relations?


Public relations berfungsi untuk membentuk dan mengelola profil public perusahaan atau individu-EKRUT

Hubungan masyarakat atau kita kenal dengan Public Relations adalah bidang komunikasi yang berfungsi untuk membentuk dan mengelola profil publik perusahaan atau individu. 

Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengelola profil publik tertentu, PR akan mengemas cerita menarik dari merek itu yang nantinya mampu membuat khalayak tertarik.  

Biasanya upaya ini dilakukan oleh PR dalam bentuk strategi media sosial dan acara untuk mempromosikan kisah dari merek itu.

Baca juga: 5 medsos ini paling banyak diakses di Indonesia

Tugas dan tanggung jawab dari Public Relations

public relation adalah EKRUT
 
Public relations salah satu tuganya ada menghadiri interview bersama jurnalis-EKRUT

Pada dasarnya Public Relations adalah duta merek atau ambassador dari suatu perusahaan untuk memperkenalkan brand perusahaan kepada khalayak luas. Umumnya pekerjaan PR akan berkaitan dengan:

  • Menuliskan siaran pers yang mempromosikan produk atau berita tertentu terkait dengan perusahaan di mana mereka bekerja
  • Menjalin hubungan baik dengan jurnalis dan memberi informasi terkait perusahaan atau brand
  • Mengelola hubungan baik dengan klien serta memastikan klien memahami publisitas
  • Membuat laporan terkait hasil kampanye yang dilakukan oleh PR, dan mengoptimalkan berdasarkan metrik yang ada
  • Merencanakan program untuk pengembangan perusahaan, guna mempertahankan pandangan publik serta pemegang saham agar tetap menguntungkan bagi organisasi
  • Memperbaharui dan mengisi konten web
  • Mempelajari tujuan organisasi, kebijakan promosi, dan kebutuhan untuk membangun opini masyarakat dalam mempromosikan produk, ide, dan layanan 
  • Berdiskusi dengan manajer untuk mengidentifikasi tren dan minat masyarakat serta memberikan saran terkait keputusan bisnis

Baca juga: 8 Tanda kamu siap menjadi manajer

Tantangan bekerja sebagai Public Relations

public relation adalah EKRUT 
Untuk menjadi public relations dibutuhkan pemikiran yang cepat terutama terkait tren berita-EKRUT

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan tersendiri, begitu pun dengan pekerjaan di bidang kehumasan ini. 

Nah, biasanya tantangan dari profesi Public Relations adalah dituntut untuk tetap terdepan dalam pemberitaan terutama menyangkut bidang bisnis dan perusahaan. 

Sebab sebagaimana kita tahu bahwa, pemberitaan saat ini berjalan dengan begitu cepat. Apalagi setelah adanya situs berita online.

PR harus mengikuti tren berita dengan cermat dan memanfaatkan berita-berita itu ketika muncul, lalu mengirimkan berita kepada jurnalis. Oleh karena itu, seorang Public Relations dituntut untuk bisa berpikir cepat. 

Sayangnya, terkadang tantangan lain muncul dimana kamu tidak bisa mengendalikan berita itu. Meski klarifikasi berulang kali kamu kirim kepada media tersebut. 

Baca juga: Mengetahui pentingnya publisitas bagi perusahaan

Skill yang dibutuhkan oleh Public Relations

public relation adalah EKRUT 
 
Komunikasi, menjadi salah satu keterampilan yang esensial bagi staf humas-EKRUT

Bila melihat dari tugas, tanggung jawab, serta tantangan Public Relations ini. Tak heran bila skill yang dibutuhkan Public Relations cukup beragam, mulai dari: 

Komunikasi

Ini adalah keterampilan yang sangat esensial dan harus dimiliki oleh pelaku PR. Seorang Public Relations harus hebat dalam komunikasi verbal yang meliputi presentasi, interview, bahkan public speaking.

Selain itu, Public Relations juga harus lincah dalam komunikasi non verbal, seperti mampu membuat press release, tulisan di situs perusahaan, editing dan tata bahasa. 

Riset

Pakar PR bekerja dengan banyak klien dari berbagai macam kebutuhan sehingga, mereka harus dapat melakukan riset terkait kebutuhan klien dengan cepat dan tepat. 

Tak heran bila seorang PR harus bisa melakukan riset tentang tata cara berpikir deduktif, induktif, penelitian pustaka, wawancara hingga browsing.

Kemampuan berpikir dan bahasa asing

Globalisasi bisnis telah memaksa profesional Public Relations untuk dapat menguasai banyak bahasa.

Kenapa perlu belajar bahasa asing? Lantaran klien dari PR juga bisa berasal dari luar negeri atau bisa saja mereka bekerja di perusahaan multinasional dengan keberagaman budaya dan bahasa di dalamnya. 

Sehingga untuk membuat strategi bisnis perusahaan, tentu kamu harus memahami komunikasi mereka. Selain itu, saat ini bahan-bahan dari riset juga banyak berasal dari luar negeri, tak heran bila keterampilan bahasa menjadi sangat penting. 

Mengerti media sosial

Skill selanjutnya yang menjadi nilai tambah dari Public Relations adalah terbiasa dengan platform media sosial yang ada. Bahkan bila perlu disertai dengan pengetahuan analitik dari media sosial tersebut. 

Sebagaimana kita tahu, bahwa kini ada banyak sekali jenis media sosial yang ada mulai dari Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Medium dan sebagainya. 

Baca juga: Inilah prediksi tren media sosial 2020 yang perlu kamu ketahui

Sementara itu, keterampilan lain yang cukup penting untuk dikuasai oleh PR yakni berpikir kreatif, mudah bergaul, problem solving serta memiliki manajemen waktu yang bagus karena akan sering dihadapkan dengan deadline

Jadi setelah kamu mengetahui seluk beluk dari pekerjaan Public Relations di atas, kini kamu tahu bagaimana tugas dan kewajiban mereka.

Kamu pun bila tertarik dengan bidang pekerjaan tersebut bisa mencoba untuk melamar sebagai Public Relations. 

public relation EKRUT

Sumber: 

Tags

Share