Careers

Rekomendasi Buku Self Improvement yang Menarik

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

buku-self-improvement---EKRUT.jpg

Membaca buku self improvement akan membantumu mendapatkan berbagai perspektif dan inspirasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri demi mencapai tujuan yang diinginkan, seperti dalam hidup atau kesuksesan karier. Berikut ini beberapa rekomendasi buku self improvement tersebut yang bisa kamu baca.

Baca juga: Rekomendasi Buku Digital yang Wajib Kamu Baca

1. The Only Skill That matters - Jonathan A. Levi

buku self improvement  - EKRUT
Membaca buku self improvement membantu kamu memperluas perspektif - EKRUT

Dalam keseharian kita dituntut untuk bisa beradaptasi agar bisa relevan dengan tuntutan zaman. Buku karangan Jonathan A. Levi ini mengajakmu untuk memahami cara terbaik menghadapi tantangan tersebut, baik dalam kehidupan profesional atau pribadi. Kamu juga bisa mempelajari salah satu pendekatan yang dirancang oleh Jonathan untuk membantu para pembacanya menjadi pelajar super yang mampu mendorong mereka mencapai kesuksesan.

2. The 7 Habits of Highly Effective People - Stephen R Covey

buku self improvement  - EKRUT
Kesuksesanmu dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan - EKRUT

Buku karangan Stephen R Covey ini menjadi salah satu buku self improvement terpopuler sejak diterbitkan tahun 1989. Dalam buku tersebut, Covey menjelaskan beberapa kebiasaan agar kamu dapat sukses dan efektif dalam melakukan hal apapun yang ingin dicapai dalam hidup. Meskipun membangun kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak mudah, namun Covey menekankan pentingnya memulai perubahan tersebut dengan mengubah caramu memandang dunia dan diri sendiri. Bagaimana caranya? Temukan lebih lengkap penjelasannya dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People ini, ya.

3. How to Win Friends and Influence People - Dale Carnegie

buku self improvement  - EKRUT
Buku how to win friends and influence people cocok dibaca oleh para leaders - EKRUT

Buku ini tidak berusaha mengajarkanmu cara memanipulasi orang agar mereka menyukaimu. Sebaliknya, Dale Carnegie ingin mengajarkanmu cara menciptakan hubungan yang sehat dengan orang lain, baik di tempat kerja atau rumah dengan menjadi empatik dan membuat mereka terbuka kepada kita. Dengan membaca buku ini, kamu akan belajar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi dengan cara yang tidak hanya akan membuatmu lebih disukai, namun juga dapat membuka peluang meraih kesuksesan. Itu sebabnya buku How to Win Friends and Influence People ini sangat cocok dibaca oleh para pemimpin, manajer, pebisnis, atau kamu yang masih merasa kesulitan saat membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar.

4. Make Your Bed - William H.McRaven

buku self improvement  - EKRUT
Pelajari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dibutuhkan demi mencapai kesuksesan - EKRUT

Tahukah kamu bahwa kebiasaan sederhana bisa mengubah hidupmu? Setidaknya ini yang berusaha disampaikan William H.McRaven dalam buku self improvement karangannya, Make Your Bed. Itu sebabnya jika kamu ingin mempelajari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dibutuhkan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, maka buku ini harus masuk dalam daftar bacaanmu. Buku ini akan mendorongmu untuk lebih disiplin dan memiliki kemauan tidak hanya dalam mengejar tujuanmu, namun juga mengubah kehidupan orang lain demi mencapai definisi kesuksesan.

Baca juga: Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

5. The Power of Positive Thinking - Norman Vincent Peale

buku self improvement  - EKRUT
Kembangkan diri dengan belajar mengubah cara pandang menjadi lebih positif - EKRUT

Dunia yang kamu lihat adalah cerminan dari cara pandangmu sendiri. Jika kamu memikirkan hal-hal yang salah dalam dunia ini, maka hanya itu yang akan selalu kamu lihat dan begitupun sebaliknya. Hal ini yang berusaha dijelaskan dalam buku The Power of Positive Thinking. Melalui tulisannya, Norman Vincent Peale tidak hanya akan menunjukkanmu bagaimana cara untuk mulai percaya pada diri, memiliki sikap positif, menciptakan kebahagiaan sendiri atau berhenti mengeluh, melainkan juga mulai mengharapkan yang terbaik dari hidup dan bergerak untuk mencapainya. Jika kamu ingin mengubah pandangan tentang hidup dan kembali memahami pelajaran mendasar tentang pentingnya kepercayaan diri dan mindset yang optimis, maka buku ini sangat tepat untuk kamu baca.

6. Failing Forward - John C.Maxwell

buku self improvement  - EKRUT
Ambil pelajaran dari kisah-kisah kegagalan orang sukses - EKRUT

Buku self improvement yang satu ini mengajakmu untuk mengubah perspektif dalam memandang kegagalan. Pasalnya, kebanyakan dari kita takut dan cenderung berusaha menghindari kegagalan dengan segala cara. Padahal, cara-cara tersebut justru kurang optimal. Menurut John C.Maxwell, kegagalan justru memberi kesempatan bagimu untuk belajar tentang diri sendiri dan kelemahan yang kamu miliki. Ini yang kemudian menjadi bekal bagimu untuk membuat kemajuan dan bertumbuh, baik dalam hidup ataupun karier.

Buku ini juga memberikan berbagai contoh nyata dari orang-orang yang telah “gagal” di masa lalu dan apa yang mereka lakukan untuk melewatinya. Dari contoh-contoh ini kamu pun bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang sebaiknya kamu lakukan terutama saat menghadapi masa-masa sulit karena kegagalan tersebut.

7. Why We Do What We Do: Understanding Self Motivation - Edward L.Deci

buku self improvement  - EKRUT
Gunakan buku self improvement untuk makin mengenali diri - EKRUT

Salah satu kunci dalam kesuksesan ada pada motivasi diri. Memiliki motivasi diri berarti kamu dapat bekerja ekstra dan tidak membutuhkan komitmen eksternal untuk menyelesaikan sesuatu. Jika kamu mampu memotivasi diri sendiri, maka pencapaian-pencapaian dan keberhasilan pun akan mengikuti dengan pasti. Meski begitu, memotivasi diri terkadang tidak semudah yang dibayangkan.

Edward L.Deci dalam buku ini akan menjelaskan kepadamu topik mengenai motivasi diri dari berbagai perspektif sains dalam istilah dan cara yang mudah dipahami.  Dengan membaca buku ini, kamu bisa makin mengenal dan memahami motivasi diri yang kamu miliki.

8. Never Eat Alone: And Other Secrets To Success, One Relationship at A Time - Keith Ferrazy

buku self improvement  - EKRUT
Jadikan buku sebagai pembelajaran untuk memperluas kemampuan diri - EKRUT

Jika kamu ingin memperkuat kemampuan networking dalam karier, maka buku karangan Keith Ferrazzi ini cocok untuk masuk dalam daftar bacaanmu. Dalam buku ini, Ferrazzi akan menjelaskan langkah-langkah spesifik dan mindset yang ia gunakan untuk terhubung dengan ribuan kolega, teman, dan rekan-rekan yang telah ia bantu dan yang telah membantunya hingga mencapai kesuksesan. Belum mencapai usia 30 tahun, ia sudah mampu mengembangkan networking yang mencakup lingkup koridor Washington hingga Hollywood. Ia pun berhasil masuk dalam daftar Crain’s 40 Under 40 dan terpilih sebagai Global Leader for Tomorrow dari Davos World Economic Forum.

Baca juga: Tips pengembangan diri ini bantu kamu menuju kesuksesan

9. Thinking, Fast and Slow - Daniel Kahneman 

buku self improvement  - EKRUT
Latih kemampuan berpikir kritis dengan membaca buku-buku terkait - EKRUT

Buku karangan Daniel Kahneman ini cocok untuk membantumu memahami banyak hal tentang proses dan cara berpikir kritis. Dikemas dengan contoh-contoh dan analisis yang tajam, buku ini mengajarkanmu bagaimana membuat penilaian yang tepat dan memilih yang terbaik dari sistem berpikir yang ada.

10. The Courage to be Disliked - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga


Temukan panduan untuk mencintai dan memaafkan diri sendiri - EKRUT

Buku international best seller ini menuliskan ajaran Alfred Adler, seorang ahli filsuf Austria abad ke-19, lewat percakapan antara filsuf dan seorang pemuda mengenai bagaimana manusia menjalani hidup. Rasa insecurity membuat sebagian orang terlalu memikirkan pendapat orang lain hingga membuat dirinya sendiri kehilangan kebahagiaan dan rasa percaya diri. Buku ini mengajak pembaca memahami bagaimana kita mampu menentukan arah hidup, bagaimana cara terlepas dari trauma masa lalu juga beban ekspektasi orang lain. Begitu banyak pelajaran penting yang disampaikan buku ini dan untuk memandumu memahami konsep dalam mencintai dan memaafkan diri sendiri, serta menghilangkan beban-beban pikiran yang tidak penting.

11. Grit: The Power of Passion and Perseverance - Angela Duckworth


Belajar mengenai makna kesuksesan yang lebih dalam - EKRUT

Ada banyak sekali faktor yang dapat membantu kita mencapai kebahagiaan juga kesuksesan. Tidak hanya bakat dan hasrat, namun kegigihan yang besar pun dibutuhkan. Lalu, ketika semuanya disatukan, hadir grit yang membawa kita mencapai tujuan. Buku best seller versi New York Times ini menjelaskan mengenai grit yang dapat dipelajari oleh siapapun, baik individu maupun kelompok. Semua orang dapat belajar dari buku ini untuk mengenal makna kesuksesan yang lebih dalam.

12. Psychology of Money - Morgan Housel


Membaca cerita tentang bagaimana mempertahankan kekayaan - EKRUT

Uang adalah sebuah hal tricky yang terkadang sulit untuk dikelola. Namun di dalam buku ini, Morgan Housel menjelaskan bahwa tidak dibutuhkan kepintaran finansial untuk mengelola uang. Berisi 19 cerita pendek mengenai bagaimana orang-orang memikirkan cara aneh tentang uang hingga kesulitan untuk mempertahankan kekayaan dibandingkan mendapatkannya. Cara pandang banyak orang mengenai uang juga diceritakan secara jenaka sehingga menghibur pembaca. Tidak hanya international best seller yang telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa, buku ini juga ditulis oleh pemenang penghargaan bisnis terbaik dari Society of American Business Editor and Writers serta mantan kolumnis di The Wall Street Journal.

Baca juga: Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

13. The Gifts of Imperfection - Brene Brown


Belajar bahwa ketidaksempurnaan bukanlah hal buruk - EKRUT

Banyak sekali tuntutan untuk menjadi sempurna yang datang dari keluarga, kolega, hingga lingkungan. Padahal selama hidup banyak sekali kegagalan dan kesulitan yang terkadang membuat diri kita merasa lebih rendah, tidak layak, dan akhirnya membandingkan diri dengan orang lain. Namun dengan membaca buku best seller versi The New York Times ini, kamu akan sadar bahwa ketidaksempurnaan bukan hal yang buruk. Penulis mengajak pembaca untuk tidak terlalu memikirkan perkataan orang lain dan untuk lebih belajar menerima kekurangan diri serta menerima diri apa adanya.

14. The 48 Laws of Power - Robert Greene


Belajar mengenai 48 hukum kekuasaan - EKRUT

Memiliki kekuasaan seringkali menjadi petaka untuk manusia. Lewat buku ini, kamu akan belajar bagaimana cara mengoptimalkan kekuasaan serta cara untuk mengendalikannya agar tidak jadi penyalahgunaan yang berakibat fatal. Buku ini berisi ringkasan 48 hukum kekuasaan yang dijelaskan dengan cerita-cerita yang menarik. Penulis juga mengajak pembaca untuk melihat bagaimana orang-orang telah menyalahgunakan kekuasaan mereka sehingga kamu tidak melakukan hal yang sama.

15. Think & Grow Rich - Napoleon Hill


Salah satu buku klasik terlaris sepanjang masa - EKRUT

Buku ini ditulis oleh Napoleon Hill, mantan penasihat presiden Franklin D. Roosevelt dan seorang motivator istimewa. Buku ini berisi pengaruh autosugesti hingga imajinasi yang menjadi buku klasik terlaris sepanjang masa sejak pertama kali diterbitkan tahun 1937. Di dalam buku ini, penulis menceritakan rahasia sukses dari orang-orang kaya di Amerika dan cara mereka menggapai impian dari nol. Ada juga contoh kasus-kasus modern yang didemonstrasikan dengan prinsip Hill untuk membimbing seseorang menuju kesuksesan.

16. You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self Awareness - Fellexandro Ruby


Panduan melalui quarter life crisis - EKRUT

Isu mengenai quarter life crisis sedang banyak dibicarakan dan jika kamu merasa sedang melewatinya, maka buku self improvement ini cocok untukmu. Permasalahan mengenai karier, bisnis, keuangan, hubungan hingga bagaimana menemukan ikigai dan kebahagiaan diri dijelaskan penulis di buku ini.

Baca juga: Pentingnya Self Improvement dan 20 Tips untuk Memulai Karier

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku self improvement yang dapat dimasukkan ke dalam daftar bacaanmu selanjutnya. Dengan begitu, kamu akan makin memahami proses berpikir yang dapat berdampak dalam mengendalikan pilihan dan hidup dengan lebih baik. Dengan terus memperluas perspektif dan pengetahuan dari buku-buku tadi, kamu pun dapat menerapkannya secara efektif untuk mencapai pengembangan diri yang diinginkan.

Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • forbes.com
  • lifehack.org
  • gramedia.com
  • thebookofsarah.com
  • developgoodhabits.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video