Careers

Pentingnya Self Improvement dan 20 Tips untuk Memulai Karier

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Pentingnya_self_improvement_dalam_meniti_karier_dan_tips_untuk_memulainya.jpg

Bagaimana sebenarnya cara untuk mencapai self improvement? Apakah self improvement dapat membantu mencapai karier yang kita inginkan? Simak penjelasan selengkapnya mengenai self improvement berikut ini.

Apa itu self improvement?


Self improvement adalah hasil dari proses seseorang menjadi lebih baik dalam setiap aspek kehidupan - Pexels

Self improvement adalah sebuah pencarian untuk membuat diri seseorang menjadi lebih baik dalam setiap aspek kehidupan. Termasuk juga memperbaiki dan meningkatkan pendidikan, pengetahuan, status, atau karakter seseorang dengan usaha yang dilakukan sendiri oleh orang tersebut. Self improvement adalah hasil dari proses dan bukti dari pertumbuhan. Untuk mencapai puncak, personal growth tidak boleh berhenti, termasuk juga meneruskan kebiasaan, keterampilan, hobi, dll.

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

Tidak ada hal yang dapat dicapai dalam satu hari, banyak usaha dan latihan untuk bisa mencapai target yang terfokus, termasuk juga mempraktikkan kebiasaan baik dan melatih keterampilan untuk meningkatkan perkembangan kepribadian seseorang.

Mark Manson menyebutkan di dalam blog-nya bahwa tujuan akhir dari semua self improvement adalah untuk mencapai titik di mana seseorang tidak lagi merasa perlu untuk memperbaiki diri sendiri. Mark Manson juga menyebutkan bahwa tujuan dari meningkatkan produktivitas adalah untuk mencapai titik di mana seseorang tidak perlu memikirkan bagaimana menjadi lebih produktif.

Begitu juga dengan inti dari mengejar kebahagiaan yaitu untuk mencapai titik di mana seseorang tidak lagi harus berpikir untuk bahagia. Sehingga self improvement, dengan cara yang aneh, pada akhirnya adalah hasil dari mengalahkan diri sendiri. Satu-satunya cara untuk benar-benar mencapai potensi seseorang atau meraih self actualization adalah berhenti mencoba meraih semua hal tersebut.

Baca juga: Berani keluar dari comfort zone demi karier?

Scott H. Young menjelaskan di dalam blog-nya bahwa di dalam hidup manusia pasti akan berusaha menetapkan kebutuhan dan tujuan untuk meraih kesuksesan. Untuk mengatasinya, manusia mengembangkan pemikiran, perilaku, dan kebiasaan untuk menghadapi semua tantangan berbeda yang akan dihadapi manusia dalam hidup.

Terkadang strategi yang kamu terapkan sudah cukup bagus, contohnya seperti ingin memiliki tidur yang cukup, rencana berolahraga setiap hari dan lainnya. Namun di lain waktu, strategimu tidak berhasil dan kamu berakhir menunda semua pekerjaanmu.

Poin yang harus dipahami adalah bahwa strategi hidup total yang kamu bangun akan mewakili respons kamu terhadap tantangan dalam hidup kamu sendiri. Sehingga hal yang terpenting adalah tujuan dan taktik yang disengaja juga perilaku yang didorong perasaan dan intuisi dengan alasan yang terkadang tidak jelas.

Konsep ini membawa kita kepada pemahaman mengenai self improvement yaitu setiap perubahan yang kamu coba lakukan terhadap strategi hidup total yang kamu bangun. Intinya, self improvement adalah perubahan yang kamu lakukan dalam strategi hidup termasuk semua perilaku, pikiran, keyakinan, dan tanggapan (baik secara sadar atau tidak sadar) yang kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, mencapai tujuan, dan mengatasi masalah dalam hidup kamu.

Pentingnya self improvement dalam meniti karier


Meningkatkan self improvement akan meningkatkan kemajuan karier - Pexels

Meningkatkan self improvement dalam pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan efisiensi akan menghasilkan pertumbuhan karier yang berkelanjutan. Sehingga jika tujuan kamu adalah mencari kemajuan karier, kemungkinan besar tujuan kamu tidak akan tercapai. Namun, jika kamu berkomitmen untuk mengejar self improvement dengan tekad dan ketekunan, hasilnya akan tercermin dalam kesuksesan karier kamu.

Baca juga: 10 Tips pengembangan diri dapat menunjang karier kamu

20 Tips untuk memulai self improvement


Salah satu tips untuk memulai self improvement adalah dengan membaca buku setiap hari - Pexels

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai self improvement.

1. Membaca buku setiap hari

Buku adalah sumber kebijaksanaan yang terkonsentrasi. Semakin banyak buku yang kamu baca maka semakin luas pemikiran kamu dan semakin bijaksana cara kamu dalam berpikir. Membaca buku juga memberikan makan otak kamu dengan lebih banyak pengetahuan.

2. Belajar bahasa baru

Selain menguasai bahasa Ibu dan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris, akan lebih bagus jika kamu dapat menambah keahlian bahasa lain mungkin bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Belanda, atau bahasa lainnya. Dengan belajar bahasa baru, kamu juga membuka diri untuk mempelajari budaya baru dan kegiatan ini akan membantu kamu membuka pikiran kamu.

3. Buat kebiasaan baik setiap hari

Cobalah untuk memulai kebiasaan baik setiap hari dari hal yang kecil seperti minum segelas air mineral saat kamu bangun tidur. Memiliki kebiasaan baik akan membantu diri kamu berkembang menjadi lebih disiplin. Kedisiplinan tentunya adalah sebuah self improvement yang sangat baik dan memberikan hasil yang baik juga.

4. Cari hobi baru

Mempelajari sesuatu yang baru mengharuskan kamu untuk mengembangkan diri dalam berbagai aspek, baik itu secara fisik, mental, atau emosional. Sehingga mencari hobi baru dapat membantu kamu dalam proses self improvement.

5. Ikut kursus

Mengambil kursus adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru untuk self improvement. Kamu dapat mengambil kursus singkat di internet seperti kursus membuat pizza, kursus menulis artikel atau kursus lainnya.

6. Ciptakan lingkungan yang inspiratif

Lingkungan tempat kamu tinggal dapat mempengaruhi suasana hati dan semangat hidup kamu. Sehingga menciptakan lingkungan yang inspiratif dapat membantumu meraih self improvement.

Coba mulai dari merapikan kamar kamu yang terlihat berantakan, bersihkan kaca yang berdebu, bahkan jika kamu mau kamu bisa mengecat dinding kamar kamu yang sudah terlihat kusam. Kamu juga bisa mengganti sprei atau gorden agar suasana kamar kamu menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

7. Atasi ketakutan kamu

Setiap orang pasti punya ketakutan mereka akan sebuah hal, mulai dari ketakutan akan membuat keputusan, ketakutan untuk berbicara di depan umum hingga ketakutan mengambil risiko dalam investasi. Semua ketakutan kamu akan tetap ada di posisi yang sama dan mencegah kamu meraih self improvement sehingga kamu harus bisa mengatasi rasa takut kamu dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

8. Meningkatkan skill

Meningkatkan skill akan membantu kamu meraih self improvement dan tentunya menjadi pribadi yang lebih unggul. Dengan meningkatkan keterampilan, kamu dapat menjadi lebih berbeda dari orang lain sehingga kamu akan lebih mudah mencapai kesuksesan termasuk dalam karier.

9. Bangun pagi

Banyak orang mengakui bahwa tingkat produktivitas dan kualitas hidup mereka meningkat karena bangun pagi. Hal ini karena kamu akan merasa memiliki waktu yang lebih panjang sehingga kamu dapat melakukan lebih banyak aktivitas saat bangun pagi. 

Tidak hanya membantu self improvement, bangun pagi juga bagus untuk kesehatanmu karena jam biologismu akan berjalan lebih sempurna. Kamu akan makan di waktu yang tepat hingga tidur di waktu yang sesuai sehingga hal ini secara langsung akan mempengaruhi jam kerja organ tubuhmu menjadi lebih baik dan maksimal.

10. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin tidak hanya membantu kamu menjadi lebih sehat, olahraga akan membantu meningkatkan mood kamu sehingga kamu akan menjadi lebih bahagia dan lebih rajin, tentunya kamu juga akan lebih produktif dalam bekerja. Mulai dengan melakukan aktivitas fisik selama 10 menit setiap hari. Saat kamu sudah terbiasa, tingkatkan waktu tersebut menjadi 30-60 menit setiap hari. Cobalah untuk memadukan olahraga yang berbeda untuk mencegah kebosanan dan ketegangan otot.

Baca juga: Apa itu skala prioritas? Berikut 4 kuadran dan cara membuatnya!

11. Keluar dari zona nyaman kamu

Pertumbuhan nyata datang dengan usaha dan kerja keras. Tentunya tinggal di zona nyaman tidak akan membantumu meraih self improvement. Identifikasi zona nyaman kamu dan cobalah untuk melangkah keluar secara perlahan. Sedikit demi sedikit, coba tantang diri kamu untuk berubah. Saat kamu dapat meraih kesuksesan, nikmati kepuasan dan kebanggaan terhadap dirimu sendiri.

12. Minta feedback dari orang lain

Terkadang kita bingung akan hal yang harus kita tingkatkan sehingga meminta feedback dari orang lain mungkin akan membantu kamu memulai proses self improvement. Kamu bisa bertanya kepada teman, keluarga, pasangan, kolega, atau atasan kamu di kantor.

13. Fokus pada hal yang harus kamu kerjakan

Cobalah memulai hari kamu dengan membuat daftar tugas yang harus kamu kerjakan atau to-do list agar kamu tetap fokus. Kamu tidak perlu membuat daftar yang terlalu banyak atau idealis. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana dan penting untuk dilakukan lebih dulu. Contohnya, seperti pekerjaan yang punya tenggat waktu hari ini, tambahkan tugas tersebut dalam to-do list kamu hari ini dan geser tugas untuk tenggat waktu minggu depan untuk to-do list besok.

14. Akui kekuranganmu

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan hal yang paling penting adalah untuk memahami kekurangan tersebut, mengakuinya, dan mengatasi dengan praktik perbaikan diri. Hindari melihat kekurangan diri untuk mengkritik diri sendiri terlalu keras. Ingatlah bahwa ini adalah proses kamu untuk meraih self improvement bukan untuk menyalahkan diri sendiri.

15. Hentikan kebiasaan buruk

Saat kamu sadar bahwa kamu memiliki kebiasaan buruk, kamu bisa membuat pilihan untuk menghentikan kebiasaan itu segera. Contohnya seperti berhenti merokok, belajar bangun lebih pagi, atau berhenti menunda pekerjaan.

16. Menulis jurnal

Menulis jurnal diakui banyak orang sebagai cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak kesadaran diri. Saat kamu menulis jurnal, kamu melakukan klarifikasi proses pemikiran terhadap diri kamu sendiri. Menulis jurnal juga membantu menyalurkan emosi kamu ke dalam tulisan.

Kemudian, baca kembali apa yang kamu tulis dan lihat dari sudut pandang orang lain. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak personal insight dan kamu dapat belajar mengenal diri kamu lebih baik lagi.

17. Kurangi waktu chatting dan bermain media sosial

Terkadang kamu tidak sadar bahwa kamu menghabiskan banyak waktu saat bermain media sosial dan berkirim pesan dengan orang lain, padahal kamu dapat melakukan hal yang lebih produktif di waktu-waktu tersebut. Kamu dapat meluangkan waktu untuk membuka aplikasi chatting dan berbincang dengan keluarga dan teman-temanmu, namun kamu juga harus bisa mengatur waktu agar tidak terlena dalam bermain media sosial.

18. Berhenti menonton tayangan televisi atau video online

Televisi, YouTube, atau Netflix adalah salah satu pengalih perhatian terbesar yang dapat membuat kamu membuang banyak waktu kamu. Kamu masih bisa menonton tayangan yang kamu inginkan dengan mengatur waktu misalnya saat istirahat setelah bekerja.

19. Meditasi

Meditasi dapat membantu menenangkan diri kamu dan membantu kamu lebih sadar sekaligus dapat meningkatkan kesehatan mental kamu secara keseluruhan. Banyak orang merasa bahwa meditasi membantu mereka tidur lebih nyenyak, bekerja lebih produktif, dan mengolah emosi mereka menjadi lebih baik sehingga mereka menjadi lebih ramah kepada orang-orang di sekitar mereka.

20. Lepaskan memori masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri

Apakah kamu masih memiliki memori masa lalu yang mengganggu pikiranmu. Cobalah untuk melepaskan memori tersebut. Lepaskan dendam yang kamu miliki. Ikhlaskan semua hal itu dan cobalah berdamai dengan diri kamu sendiri. Mempertahankan memori masa lalu yang buruk hanya akan mencegah kamu untuk maju dan meraih self improvement. Lepaskan diri kamu dari masa lalu, maafkan diri kamu, dan lanjutkan hidup kamu yang lebih berharga dari masa lalu tersebut.

Baca juga: 7 Tips untuk bantu kamu bangkit dari kegagalan

Sedang hunting pekerjaan baru untuk tahun depan? Coba juga daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT, ya! Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai self improvement untuk membantu kamu mengembangkan dirimu untuk karier yang lebih baik. Tonton juga video mengenai cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier berikut ini.

Sumber:

  • jamesclear
  • scotthyoung
  • markmanson
  • lifehack
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video