Published on

Technology

10 Rekomendasi Buku Digital yang Wajib Kamu Baca [2022]

Arin Khurota

0-buku-digital.jpg

Semua bisnis saat ini harus melakukan pengembangan dari dalam perusahaan guna menghadapi transformasi digital. Kemajuan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan teknologi di setiap bidang yang dibutuhkan. Berbagai strategi diterapkan untuk menguji efisiensi dan efektivitas dalam menghadapi era transformasi digital.

Untuk menyesuaikan diri, terkadang setiap yang terlibat dalam perusahaan membutuhkan banyak referensi untuk berusaha meningkatkan kemampuan. Salah satunya adalah dengan membaca beberapa rekomendasi buku digital yang akan membantu memahami perkembangan. Berikut 10 rekomendasi buku digital yang wajib kamu baca!

1. See Sooner, Act Faster


See Sooner, Act Faster adalah buku digital yang cocok untuk para calon pemimpin (sumber: EKRUT)

Buku digital yang pertama ini adalah karangan George Day dan Paul Schoemaker yang mengangkat turbulensi bisnis. Sebagaimana diketahui bahwa kelangsungan hidup perusahaan bergantung pada pemimpin. Seorang pemimpin sudah seharusnya memiliki sikap waspada mengantisipasi ancaman, mampu melihat peluang, serta bertindak cepat di waktu yang tepat. Dengan berbagai studi kasus yang disuguhkan dalam buku digital "See Sooner, Act Faster," membuat isinya lebih mudah dipahami. Buku ini mengajak pembacanya melihat contoh faktual dari pengalaman Adobe, Mastercard, dan Amazon.

Selain itu, Buku See Sooner, Act Faster juga membahas mengenai respons perhatian, mendeteksi sinyal kelemahan dan menjadikannya sebagai kekuatan, serta merespons strategi sebelum lawan melakukan. Penulis mencoba menunjukkan bagaimana cara menumbuhkan kewaspadaan dan gerak cepat dalam suatu organisasi. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan organisasi atau perusahaan akan menjadi lebih tinggi.

2. Digital Transformation: Survive and Thrive in an Era of Mass Extinction


Buku Digital Transformation mengular bagaimana membuat roadmap peluang bisnis di era transformasi digital (sumber: EKRUT)

Buku digital yang ditulis oleh Tom Siebel ini mengangkat mengenai gangguan-gangguan yang muncul dari perkembangan teknologi. Buku ini mengambil sudut pandang yang mungkin sedikit unik dan berbeda. Buku ini mendorong bagaimana memanfaatkan gangguan-gangguan yang muncul sebagai peluang. Buku Digital Transformation memuat mengenai pengetahuan cloud computing, big data, artificial intelligence, dan IoT (internet of things).

Melalui buku Digital Transformation ini, penulis mencoba memberikan roadmap untuk mengukur peluang bisnis saat ini. Penulis menunjukkan bagaimana perusahaan seperti Enel, 3M, dan Departemen Pertahanan AS menerapkan teknologi ini untuk hasil yang menakjubkan dan berkembang di era digital baru saat ini.

3. Why Digital Transformations Fail


Why Digital Transformations mengangkat masalah inovasi dan teknologi (sumber: EKRUT)

Buku Why Digital Transformations Fail ditulis oleh Tony Saldanha. Dalam buku ini, penulis mencoba memberikan gambaran mengenai model lima tahap transformasi digital beserta alasan mengapa gagal. Penulis menegaskan bahwa kegagalan yang terjadi bukan karena masalah inovasi atau teknologi.

Namun, itu terjadi karena detail. Maksudnya adalah kegagalan dapat terjadi karena kurangnya tujuan yang jelas dan sikap disiplin yang rendah. Dalam Revolusi Industri ke-4 di mana batas antara dunia fisik, digital, dan biologis menjadi transparan. Dengan menggunakan berbagai studi kasus dan pengalamannya sendiri, penulis menunjukkan strategi bagaimana transformasi digital bisa berhasil.

4. The Technology Fallacy


Buku Digital The Technology Fallacy memuat perubahan dari adanya disrupsi digital (sumber: EKRUT)

Buku digital yang satu ini ditulis oleh Gerald Kane, Anh Nguyen Phillips, Jonathan Copulsky, dan Garth Andrus. Buku The Technology Fallacy mengangkat mengenai disrupsi digital yang memengaruhi orang-orang. Dalam bukunya, penulis menjelaskan bahwa transformasi digital yang efektif melibatkan perubahan pada dinamika organisasi dan penetapan strategi bagaimana pekerjaan diselesaikan. Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi bagaimana memanfaatkan perubahan organisasi untuk memanfaatkan kekuatan teknologi.

Berdasarkan penelitian selama empat tahun, hasil survei lebih dari 16.000 orang, serta wawancara dengan manajer di perusahaan seperti Walmart, Google, dan Salesforce, penulis memperkenalkan konsep "kedewasaan digital". Penulis juga menekankan bagaimana setiap organisasi perlu memahami “DNA digitalnya” sehingga dapat melakukan digitalisasi secara terstruktur.

5. MicroMarketing: Get Big Results by Thinking and Acting Small


Buku MicroMarketing dapat menjadi referensi di bidang inovasi pemasaran (sumber: stroutmeister)

Buku digital MicroMarketing merupakan salah satu karya dari Greg Verdino, Leading Thinker yang memiliki otoritas dan sangat dihormati di Amerika Serikat. Buku ini banyak dijadikan sebagai rujukan mengenai fenomena transformasi digital. Banyak orang menjadikan buku MicroMarketing sebagai referensi tentang transformasi digital, tren teknologi, inovasi pemasaran, dan strategi bisnis. Selain itu, buku ini juga menyajikan mengenai cara menjangkau pelanggan baru, menjalin hubungan, serta mendapatkan hasil bisnis yang menguntungkan melalui pemasaran mikro.

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Public Speaking Terbaik [2022]

6. Digital to the Core: Remastering Leadership for Your Industry, Your Enterprise, and Yourself


Buku Digital to the Core memaparkan wawancara dari 30 eksekutif perusahaan ternama (sumber: EKRUT)

Buku Digital to the Core diterbitkan pada 2015, ditulis oleh dua orang analis Gartner Inc., yaitu Mark Raskino dan Graham Waller. Dalam buku ini, penulis menekankan bahwa perusahaan harus beradaptasi dengan melakukan pengelolaan dan penataan ulang menuju digital, baik dari pemimpin maupun seluruh segmen perusahaan.

Selain itu, Buku Digital to the Core juga memaparkan wawancara langsung dengan lebih dari 30 eksekutif perusahaan besar tingkat C, seperti GE, Ford, dan McDonalds. Semua pemimpin harus memahami dampak revolusi digital yang terus berlanjut dalam industri. Penulis menggabungkan beberapa penelitian serta gaya dan praktik yang menjadi nilai unggul buku ini.

7. Digital Strategy: A Guide to Digital Business Transformation


Buku Digital Strategy adalah panduan praktis menerapkan strategi digital (sumber: EKRUT)

Buku Digital Strategy ditulis oleh Alexander Rauser dan diterbitkan pada tahun 2016. Buku ini menawarkan solusi bagi para pemimpin perusahaan mengenai cara praktis menghadapi transformasi digital. Berbagai cara praktis dan relevan dapat diterapkan untuk menghadapi gangguan yang mungkin muncul akibat digitalisasi.

Selain itu, buku juga memberikan gambaran mengenai strategi untuk para pemimpin dalam memahami strategi digital dalam jangka panjang. Sebagian besar perusahaan saat ini telah beralih dan menggunakan alat digital. Namun, tidak semua dapat memanfaat potensi yang ada bahkan berisiko kalah dari pesaing karena gagal memanfaatkan alat yang tersedia. Oleh karena itu, Buku Digital Strategy hadir untuk menjawab problematika yang muncul akibat masalah tersebut. Buku ini dapat membantu siapa pun yang ingin tetap relevan di lingkungan bisnis yang serba cepat saat ini.

8. Digital Transformation


Buku Digital Transformation berisi studi kasus dan kumpulan praktikal (sumber: EKRUT)

Buku Digital Transformation ditulis oleh Marx dan Paddy yang berisi berbagai studi kasus dan kumpulan praktikal mengenai transformasi digital dalam perusahaan. Buku ini sangat cocok sebagai referensi untuk CEO, eksekutif, anggota dewan, maupun investor yang tertarik untuk menerapkan digitalisasi dalam perusahaan yang dipimpin.

Buku ini disusun untuk menjawab siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana upaya transformasi digital dapat diterapkan. Selain itu, Buku Digital Transformation juga mengulas cara memulai proyek digital dengan staf internal, konsultan, atau chief digital officer dengan tingkat efektivitas tertinggi di bidang kesehatan.

9. Digital Disruption: Unleashing the Next Wave of Innovation


Buku Digital Disruption memaparkan contoh realistis melaksanakan digitalisasi (sumber: EKRUT)

Dalam Digital Disruption, James McQuivey, seorang analis Forrester Research, menyuguhkan contoh realistis di berbagai industri untuk menunjukkan bagaimana perusahaan dapat berkembang dan bersaing dengan baik di era perubahan digital. Ia menuliskan berbagai saran mendalam seputar mengadopsi pengambilan risiko yang tepat, mencari ruang di industri di mana teknologi baru menciptakan peluang, dan banyak hal lainnya. Buku ini juga menawarkan cara untuk menilai kesiapan organisasi untuk melaksanakan digitalisasi.

10. Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation


Leading Digital memuat berbagai tools (sumber: EKRUT)

Buku Leading Digital diterbitkan pada tahun 2014 dan menjadi salah satu buku yang menjadi dasar semua industri bisnis di Silicon Valley. Buku ini ditulis oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. Di dalam bukunya banyak dijelaskan mengenai berbagai tools digital, seperti Analytics, social media, cloud computing yang menjadi dasar perubahan industri menuju digital.

Penulis juga menyajikan data dari 400 perusahaan global dan menyoroti bagaimana mereka mengelola sektor keuangan, manufaktur, dan farmasi secara digital. Selain itu, Buku Leading Digital juga membagikan beberapa prinsip dan praktik bagaimana menghadapi transformasi digital yang sukses. Buku ini dapat menjadi pedoman langkah demi langkah untuk para pemimpin dan calon pemimpin bisnis di masa depan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Marketing untuk Tambah Pengetahuan

Itulah beberapa informasi rekomendasi buku digital yang dapat menjadi referensi guna menghadapi transformasi teknologi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari ilmu digital dan ingin membeli buku digital. Nah, bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup atau perusahaan ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • zluri.com
  • techrepublic.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video