Published on

Technology

3 Cara melihat Insight Instagram

Nur Lella Junaedi

cara-melihat-insight-instagram-EKRUT.jpg

Sama seperti media sosial lainnya, Instagram juga bisa dilacak dan dianalisis oleh para pegiat marketing. 

Sebab, dengan menganalisis data-data mengenai keterlibatan dan interaksi yang terjadi pada akun Instagram, seorang marketer bisa menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis melalui akun Instagramnya. 

Namun, masih banyak orang yang terkadang kesulitan membaca dan menganalisa data-data ini. Untuk membantumu mengatasi itu, berikut akan dipaparkan bagaimana cara melihat Insight Instagram yang benar. 

Pengertian Insight Instagram 

cara melihat insight instagram EKRUT 
Instagram insight adalah alat analitik yang memberikan data seputar perkembangan Instagrammu - EKRUT

Instagram Insight atau Insight Instagram adalah alat analitik Instagram yang menyediakan data tentang demografi pengikut, tindakan dan konten yang kamu buat. 

Dengan adanya Insight Instagram ini kamu akan lebih mudah dalam melakukan analisis tentang Instagram mulai dari mengukur efektivitas kampanye, melihat seberapa baik kinerja postingan hingga membandingkan tiap konten. 

Untuk mengakses Insight Instagram ini dibutuhkan akun Instagram bisnis, bukan sekedar Instagram biasa.

Namun, kamu juga harus ingat bahwa saat kamu mulai beralih lagi dari Instagram bisnis ke Instagram biasa, maka data dari Instagram Insight ini juga akan hilang. 

Baca juga: Tips menerapkan teknik SEO Instagram yang tepat

Cara kerja Insight Instagram  

cara melihat insight instagram EKRUT 
Ada 3 cara yang bisa kamu coba untuk melihat insight Instagram ini - EKRUT

Ketika kamu sudah mengubah akunmu menjadi Instagram bisnis, maka  kamu mulai bisa melihat seberapa bagus performa postingan kamu bagi followers. Lalu kira-kira bagaimana cara melihat Insight Instagram bisnis ini dan alur kerjanya?

Perlu diketahui bahwa ada tiga cara untuk melihat Insight Instagram yaitu: 

  • Melalui laman beranda akun Instagram bisnis dengan menyentuh ikon grafik batang di pojok kanan atas. 
  • Menyentuh View Insight di bagian pojok kiri bawah postingan konten untuk menganalisis postingan. 
  • Melihat Insight dari story Instagram di bagian pojok kiri bawah.

Nah dari tiga sumber Instagram Insight ini kamu bisa mulai dapat membaca dan menganalisis data yang ditampilkan di dalamnya, seperti:

1. Insight Instagram yang terletak dalam beranda akun

Melalui laman beranda profil, kamu bisa mendapat gambaran tentang akun bisnismu lebih lengkap. 

Bisa dibilang dalam halaman pertama Instagram Insight yang berada di beranda ini, kamu akan melihat berbagai macam informasi mengenai akun Instagram kamu dalam 7 hari ke belakang, mulai dari:

Reach account 

Reach account adalah jumlah unique user yang telah melihat postingan kamu. Adapun data-data lengkap yang bisa kamu lihat pada bagian ini di antaranya:

  • Impressions, data untuk mengetahui seberapa sering postingan kamu dilihat dalam jangka waktu seminggu. 
  • Profile visit, data yang menampilkan tentang total tampilan profil yang dikunjungi oleh followers dalam seminggu. 
  • Website taps atau click adalah untuk mengetahui berapa kali pengunjung mengklik tautan situs di profil beranda Instagram kamu.
  • Call/email clicks, untuk mengetahui seberapa sering pengunjung mengeklik tombol call to action untuk menelepon atau mengirimkan email dari laman profil Instagram kamu.
  • Top post adalah postingan konten yang paling banyak mendatangkan reach dari followers.
  • Top stories, postingan Instagram Stories yang paling banyak mendatangkan reach dan engagements dari followers.
  • Top Instagram TV, adalah postingan Instagram TV dengan reach dan engagement paling tinggi.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan engagement instagram

Content Interactions 

Content interactions adalah data yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak interaksi yang dilakukan oleh followers melalui postingan kamu, baik dengan melakukan like, comment, save dan share. 

Lewat content interactions juga, kamu bisa melihat jumlah interaksi yang dilakukan melalui story, dan IGTV serta konten mana yang paling bagus.

Dengan data-data yang ditampilkan ini, akan mudah bagi kamu mengetahui postingan mana yang mendapatkan interaksi paling banyak dari pengunjung. 

Hasil analisis inilah yang bisa kamu gunakan sebagai dasar untuk merancang postingan serupa. 

lomba blog EKRUT

Total followers

Cara melihat Insight Instagram selanjutnya yang bisa kamu pelajari adalah dengan mengetahui seberapa besar pertambahan atau penurunan followers Instagram kamu dalam waktu seminggu melalui data total followers. 

Data ini bisa kamu lihat dengan menyentuh tanda panah pada bagian total followers tadi lalu akan muncul data followers breakdown. 

Selain bisa membaca pertumbuhan atau penurunan followers, kamu juga bisa mengetahui dari mana saja followers kamu berasal, usianya, jenis kelamin hingga di jam dan hari apa saja mereka aktif menggunakan Instagram. 

Total konten yang dibagikan 

Masih di laman Instagram Insight yang ada di beranda, kamu juga bisa menemukan total konten, Instagram Story dan Instagram TV yang sudah dibagikan dalam waktu seminggu ke belakang. 

2. Melihat Insight Instagram melalui postingan 

Selain bisa membaca Insight Instagram melalui beranda, kamu pun bisa melihat Instagram Insight melalui masing-masing postingan konten yang dibagikan. 

Dengan hanya menyentuh tombol view Insight di salah satu konten, kamu bisa mengetahui data dari post Insight seperti, profile visit, like, comment, share, save, dan jumlah reach.

Jika kamu gulirkan ke bawah, maka kamu juga akan menemukan bagian discovery. Discovery adalah data yang memberitahu kamu dari mana followers menemukan postingan kontenmu, apakah dari home, search, profile, hashtag, lokasi dan sebagainya. 

3. Melihat Insight Instagram melalui stories Instagram 

Untuk mengetahui Insight dari Instagram Stories sebenarnya kamu bisa membacanya melalui beranda insight atau langsung membuka fitur stories kamu. 

Jika kamu ingin membaca Insight Instagram melalui fitur stories, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan membuka Instagram Stories, kemudian klik tombol seen by yang berada di pojok kiri bawah. 

Dari sini kamu bisa melihat siapa saja yang melihat stories kamu, total impression, reach dan tindakan yang dilakukan followers terhadap stories tersebut. 

Tindakan itu bisa berupa mengirimkan stiker atau membalas stories.  

Baca juga: 7 Cara efektif menambah followers Instagram

Dengan belajar bagaimana cara melihat Insight Instagram tersebut, dan mengetahui fungsi dari tiap fitur yang ada, kamu akan lebih mudah saat memutuskan dan membuat strategi konten yang tepat. 

Pada akhirnya bila strategi itu dilakukan tepat, kamu pun dapat  membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek penjualan yang bagus dan membangun komunitas yang solid. 

cara melihat insight instagram EKRUT

Sumber: 

  • wordstream.com
  • blog.hubspot.com
  • socialmediaexaminer

Tags

Share