Published on

jobs

5 Cara memasarkan produk baru dengan mudah dan efektif

Nur Rosita Dewi

cara-memasarkan-produk-baru-EKRUT.jpg

Memulai bisnis memang bukan suatu hal yang mudah. Ada banyak yang harus kamu lakukan untuk mencapai keberhasilan. Salah satu yang paling penting adalah mengetahui bagaimana cara memasarkan produk baru.

Berikut adalah beberapa tahapan memasarkan produk baru yang mudah dan efektif.

1. Pahami siapa target market kamu

cara memasarkan produk baru - EKRUT
Hal yang pertama kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu sudah mengenali siapa target market yang sesuai produkmu - EKRUT

Cara mudah memasarkan produk baru yang pertama adalah mengenali siapa target market yang sesuai dengan bidang usahamu.

Kamu harus tahu dulu, kira-kira siapa yang akan menjadi pelanggan setiamu. Setelah itu, tentukan rentang usia hingga perilaku mereka. Kemudian, tentukan demografi dari pelanggan kamu.

Kamu juga harus bisa menjawab satu pertanyaan penting: Masalah apa yang terpecahkan oleh produk yang kamu jual?

Baca juga: 5 Cara mudah menentukan niche market

2. Buat gebrakan baru yang berbeda dengan kompetitor

cara memasarkan produk baru - EKRUT
Lakukan analisis, lalu buatlah hal gebrakan baru yang berbeda dari kompetitor - EKRUT

Semua bidang bisnis pasti memiliki kompetitor. Barang atau produk yang kamu jual pun pasti banyak pesaingnya.

Supaya pemasaran produk berhasil, buat gebrakan baru yang membedakan kamu dengan para kompetitor lainnya. Bisa dari segi rasa, varian, manfaat, hingga jargon yang mudah diingat.

Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan metode SWOT. Metode ini adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, opportunities, dan threats. Melalui metode ini kamu akan lebih dimudahkan dalam melihat apa kekurangan dan kelebihan kompetitor.  

Caranya, cobalah untuk membuat daftar produk yang mirip dengan yang akan luncurkan. Kamu bisa memulai dengan produk yang cukup membuat kamu merasa cemburu saat melihatnya. Setelah itu, lihat bagaimana mereka memasarkan produk tersebut, mulai dari media sosial, brosur, hingga situs mereka.  

Lalu, evaluasi kembali bagaimana produkmu bisa melawan produk kompetitor dan apa yang membuat produk milikmu lebih unggul. 

3. Pastikan produkmu memiliki proposisi nilai yang kuat

cara memasarkan produk baru - EKRUT
Tentukan nilai apa yang ditawarkan oleh produkmu - EKRUT

Setelah kamu sudah paham apa yang harus kamu tawarkan dan bagaimana caranya agar berbeda, cobalah untuk mencari tahu apa yang membuat pelanggan kembali membeli produk kamu. 

Nilai atau manfaat seperti apa yang mereka dapatkan sehingga produkmu dihargai oleh calon pembeli. 

4. Buat cerita menarik tentang produk

brand storytelling adalah EKRUT
Memasarkan produkmu dengan bercerita dapat membuatnya lebih menarik - EKRUT

Cara memasarkan produk baru yang selanjutnya adalah membuat cerita yang menarik tentang apa yang kamu tawarkan. Taruh emosi dan ciptakan karakter dari produk kamu. Ini akan membuat pembeli merasa terikat dengan produk.

Cerita adalah cara termudah mengkomunikasikan kelebihan dan nilai dari produk supaya lebih mudah diingat. Selain itu, pastikan juga kamu sudah membuat desain yang menarik untuk materi promo dan tampilan produkmu. 

5. Kreatif boleh, asal jangan keluar jalur

cara memasarkan produk baru - EKRUT
Pastikan iklan yang kamu buat benar-benar mewakili dan menggambarkan produk yang kamu tawarkan - EKRUT

Ada banyak cara mudah untuk memasarkan produk, salah satunya adalah melalui iklan. Namun, pastikan selalu menggambarkan produk yang sesuai dengan identitas brand. Jangan sampai keluar jalur, ya.

Kenapa? Karena penggambaran produk yang terlalu jauh bisa membuat pelanggan bingung dengan pesan asli yang ingin kamu sampaikan. Apalagi jika produk yang kamu tawarkan masih terbilang baru.

Baca juga: 6 Cara membuat brand storytelling yang menarik dan autentik

Itulah beberapa cara mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk. Apapun metodenya, intinya kenali calon pelangganmu, berikan produk terbaik serta memberikan solusi, dan jangan pernah menyerah.

cara memasarkan produk baru - EKRUT

Sumber:

  • toggl.com
  • fitsmallbusiness.com
  • entrepreneur.com

Tags

Share