Register

careers

5 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

13 September 2020

cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

Cara kamu berkomunikasi, merespon, dan berinteraksi dengan perekrut tidak kalah pentingnya dengan skill serta kualifikasi yang kamu miliki saat mencari kerja. 

Itu sebabnya tidak hanya saat pertama melamar kerja, kamu pun tetap harus memberi kesan yang baik dan profesional pada recruiter pada saat menanggapi panggilan interview kerja. Bagaimana caranya?

Simak tips dan contoh cara membalas email panggilan interview kerja dengan profesional berikut ini. 

Tips membalas email panggilan interview kerja 

cara membalas email panggilan interview - EKRUT
Jangan menunda untuk membalas email panggilan interview kerja - EKRUT

Pada saat menerima email panggilan interview kerja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelumnya. 

1. Balas tepat waktu 

Semakin cepat kamu membalas email panggilan interview kerja dari recruiters semakin baik. Perekrut butuh waktu untuk mengatur persiapan interview dengan baik, apalagi bila ternyata jadwal yang ditawarkan harus disesuaikan lagi dengan ketersediaan  kamu dan pewawancara. 

Itu sebabnya jangan biarkan recruiter menunggu konfirmasi kamu terlalu lama. Cobalah langsung berikan respon setidaknya dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah menerima email panggilan interview kerja.

2. Tunjukkan apresiasi 

Salah satu cara membalas email panggilan interview kerja dengan baik adalah dengan menunjukkan sopan santun dan etiket yang tepat. 

Tunjukkanlah apresiasi, antusiasme dan rasa terima kasih kepada recruiter yang telah memberikan kesempatan kepada kamu untuk menghadiri interview kerja di antara pelamar lainnya. 

3. Jaga email tetap profesional 

Balaslah email panggilan interview kerja dengan ringkas dan langsung pada intinya. Konfirmasi kembali waktu, nomor telepon atau alamat lokasi wawancara sehingga tidak ada lagi kebingungan. 

Pastikan juga untuk selalu mengoreksi email sebelum mengirimnya. Lihat seluruh isi email dan periksa apakah masih ada kesalahan penulisan atau tidak.

Baca juga: 9 Alasan kamu tidak dipanggil interview kedua kalinya 

4. Usulkan jadwal interview bila tidak sesuai dengan ketersediaan waktu kamu 

Dalam beberapa situasi terkadang recruiter menawarkan lebih dari satu pilihan waktu wawancara kerja. Jika ini terjadi, maka tentukan waktu mana yang paling sesuai untuk kamu. 

Apabila ternyata waktu yang diberikan tidak sesuai dengan ketersediaan kamu maka pertimbangkan untuk mengatur ulang jadwal interview kepada perekrut.

Katakan bahwa kamu menghargai kesempatan panggilan interview yang telah diberikan, namun waktu yang telah ditentukan tidak sesuai dengan ketersediaan jadwal kamu. Berikanlah pilihan alternatif waktu lainnya. Setelah itu tanyakan apakah waktu yang kamu ajukan memungkinkan atau tidak. 

5. Pastikan untuk selalu membalas email panggilan interview kerja bahkan bila kamu menolaknya

Penting agar selalu membalas email panggilan interview kerja meskipun kamu tidak dapat menghadiri atau menolak panggilan interview tersebut dengan berbagai alasan. 

Ketika menolak panggilan interview kerja, jelaskanlah dengan sopan melalui email tersebut bahwa kamu tidak dapat melanjutkan proses interview dan tetap berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. Hal ini akan menunjukkan sisi profesionalitas kamu kepada perekrut. 

Contoh cara membalas email panggilan interview 

cara membalas email panggilan interview - EKRUT
Periksa kembali email sebelum mengirimkannya - EKRUT

Berikut beberapa contoh template cara membalas email panggilan interview kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi.

  • Contoh cara membalas email panggilan interview 

Dear / Halo (nama recruiter), 

Terima kasih atas pertimbangan dan undangan wawancara kerja  untuk posisi (jelaskan posisi yang dilamar) di perusahaan (sebut nama perusahaan). 

Saya bisa hadir sesuai waktu dan lokasi yang ditentukan pada hari (sebut waktu dan lokasi yang telah ditentukan oleh recruiter pada email sebelumnya). Saya menantikan wawancara ini dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang bekerja di perusahaan (nama perusahaan). 

Harap beritahu saya jika saya perlu membawa informasi atau dokumen pelengkap sebelum wawancara kerja di waktu yang telah disesuaikan tadi. 

Dengan hormat, 
(Nama) 
(nomor telepon)

  • Contoh cara membalas email panggilan interview bila ingin mengatur ulang jadwal wawancara

Yth. ( nama recruiter), 

Terima kasih sebelumnya atas kesempatan interview yang diberikan. Saya sangat menantikan untuk bertemu langsung dan berbicara lebih banyak tentang posisi (nama posisi yang dilamar ) di perusahaan (nama perusahaan). 

Sayangnya, saya berhalangan hadir di tanggal wawancara yang telah ditentukan karena (sebut alasan yang membuat kamu terpaksa harus mengatur ulang jadwal interview).

Jika berkenan, saya memohon untuk melakukan pergantian jadwal di hari lain pada tanggal (sebut waktu alternatif lain yang ingin kamu ajukan) atau waktu lain yang paling cocok untuk Anda. 

Besar harapan saya agar dapat mengikuti tahapan interview ini karena itu saya harap Anda dapat mempertimbangkan kembali perubahan jadwal wawancara kerja tersebut. 

Saya nantikan kabar selanjutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Dengan hormat, 
Nama
No telepon

Baca juga: Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

  • Contoh cara membalas email panggilan interview bila ingin menolak undangan yang diberikan 

Yth(nama recruiter), 

Terimakasih banyak telah menghubungi dan memberi kesempatan interview kerja kepada saya. 

Namun, saya mohon maaf karena tidak dapat melanjutkan interview untuk posisi (sebut) di (nama perusahaan) tersebut karena (sebutkan alasan penolakan, misalnya kamu baru menerima pekerjaan lain, atau tidak lagi mencari posisi tersebut, dan lain-lain). 

Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah Anda berikan. 

Hormat saya, 
Nama

  • Contoh cara membalas email panggilan interview bahasa Inggris

Dear [nama recruiter],

Thank you for your consideration and the invitation to interview for the (posisi) role at (nama perusahaan). I am available this (waktu wawancara), and I look forward to meeting with you to discuss this position in more detail.

Please let me know if I can provide any additional information prior to our meeting on Wednesday afternoon at your offices. I look forward to seeing you then.

Sincerely,
(nama)
(phone number)

Tidak ada salahnya merasa antusias saat menerima email panggilan interview dari recruiter. Namun, jangan biarkan antusiasme kamu sebagai pembenaran untuk merespon perekrut dengan asal, ya. 

Baca juga: Tips menjawab interview tentang masa menganggur

Lakukan persiapan ini sebelum interview

Setelah kamu membalas email panggilan interview dengan cara di atas, sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri untuk maju ke tahap selanjutnya. 

Berikut ini adalah persiapan sebelum interview yang perlu kamu perhatikan. 

  • Membuat catatan singkat mengenai pengalaman kerjamu. 
  • Memahami profil perusahaan dan calon pewawancara. 
  • Mempelajari deskripsi dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.
  • Persiapan dokumen yang akan dibawa. 
  • Menyiapkan pakaian yang sesuai. 
  • Latihan wawancara kerja. 

EKRUT contest - EKRUT

Selain beberapa hal di atas, kamu juga dapat mempelajari lebih lengkap mengenai persiapan interview di sini. 

​​​​Gunakan setiap kesempatan dalam proses melamar kerja untuk membuat citra yang baik di hadapan perekrut. Dengan begitu, kamu pun dapat dinilai sebagai salah satu kandidat yang potensial. 

cara membalas email panggilan interview - EKRUT
Last update: 24 August 2020

Sumber:

Tags

Share