Media

Catat 5 tips persiapan wawancara kerja ini agar cepat direkrut
By Tsalis Annisa - 12 March 2019
5 min read 4401 Views
Persiapan wawancara kerja yang mantang dapat membawamu selengkah lebih dekat dengan pekerjaan impian - EKRUT
Persiapan wawancara kerja yang mantang dapat membawamu selengkah lebih dekat dengan pekerjaan impian - EKRUT

Wawancara kerja merupakan tahapan rekrutmen yang biasanya dilakukan perusahaan untuk mempelajari langsung kandidat. Tahapan ini cukup penting karena menentukan apakah kamu bisa mendapatkan posisi tersebut atau tidak.

Untuk itulah diperlukan persiapan wawancara kerja yang matang sebelumnya. Begitu kamu telah menerima jadwal wawancara kerja, pastikan kamu menyiapkan hal-hal berikut ini:

1. Memahami profil perusahaan

Proses wawancara kerja tak hanya meliputi penilaian seberapa cocokkah kandidat tersebut untuk perusahaan, tetapi juga mengetes pengetahuan kandidat mengenai profil perusahaan.

Jadi, persiapan wawancara kerja yang pertama adalah kamu harus mencari lebih banyak mengenai profil dan kabar terkini mengenai perusahaan melalui situs pencari maupun teman.

Beberapa informasi yang mesti kamu dapatkan di antaranya adalah latar belakang, misi perusahaan, produk dan jasa serta press release tentang perkembangan perusahaan. Dalam proses wawancara, kamu juga bisa menanyakan hal-hal terkait informasi yang kamu dapatkan mengenai perusahaan tersebut.

2. Mempelajari posisi dan deskripsi pekerjaan yang kamu lamar

Tips persiapan wawancara kerja berikutnya adalah pastikan kamu sudah mempelajari dengan baik mengenai posisi yang kamu lamar beserta deskripsi pekerjaannya (job desc).

Hal ini karena biasanya tim rekrutmen akan menanyakan pengetahuannmu mengenai hal ini. Kamu juga bisa mencari informasi tersebut melalui internet maupun orang lain yang lebih paham.

3. Membuat catatan singkat mengenai pengalaman dan latar belakang

Saat wawancara kerja, perekrut pasti akan menanyakan beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan saat interview. Agar persiapan wawancara kerja lebih matang, ada baiknya kamu mempersiapkannya dengan membuat catatan singkat mengenai pengalaman dan latar belakang kerja kamu yang ingin kamu ceritakan nanti. Cari tahu juga beberapa pertanyaan kunci dalam wawancara.

Tulislah juga pengalaman berorganisasi, pengalaman magang serta keterampilan yang kamu miliki. Dengan membuat catatan ini, kamu bisa mempelajari apa saja yang ingin kamu ceritakan dan membantumu untuk berbicara lebih lancar saat diwawancarai.

4. Persiapkan dokumen yang akan dibawa

Sebelum wawancara kerja, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen penting yang harus dibawa. Seperti CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, foto dan lainnya sesuai instruksi dalam email maupun telepon saat undangan wawancara. Jangan lupa bawalah alat tulis ke dalam tas, karena biasanya sebelum wawancara kamu akan dibutuhkan untuk menuliskan data diri dalam formulir maupun kebutuhan lainnya.

5. Pastikan media sosial yang kamu miliki bersifat positif

Di zaman modern ini, perekrut seringkali mencari tahu mengenai kandidat melalui media sosial. Jadi, pastikan kamu bijak dalam menggunakan media sosial. Luangkanlah waktu untuk mengencek kembali konten di media sosial. Kemudian hapus unggahan yang bersifat negatif atau berpotensi merusah citra positif dirimu.

Baca juga: Begini cara merapikan feed instagram tanpa menghapusnya

persiapan wawancara kerja - EKRUT
Saat melakukan persiapan wawancara kerja, jangan lupa untuk memilih pakaian yang sesuai, menarik, dan rapih - EKRUT

6. Menyiapkan pakaian yang sesuai

Jika sebelumnya kamu telah mencari tahu mengenai profil perusahaan, tentu kamu sudah memiliki gambaran seperti apa budaya kerja perusahaan tersebut sehingga kamu juga tahu apakah mereka menerapkan pakaian formal atau semi formal.

Pastikan kamu sudah menyiapkan pakaian yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan tersebut. Sebaiknya pilihlah pakaian formal untuk wawancara kerja untuk memberikan kesan positif pada perekrut.

7. Latihan wawancara kerja

Persiapan wawancara kerja selanjutnya adalah latihan. Setelah semua perlengkapan dan segala informasi mengenai perusahaan sudah kamu peroleh, saatnya kamu latihan wawancara kerja.

Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan cermin atau kamera, lihatlah gestur dan cara menjawab apakah sudah sesuai dengan panduan wawancara kerja. Kamu juga bisa meminta tolong teman atau saudara untuk membantu berlatih wawancara kerja. Setelah latihan, mintalah pendapat, penilaian, dan masukan dari mereka tentang penampilan kamu.

Setelah persiapan wawancara kerja sudah kamu lakukan, saatnya kamu istirahat dan jaga kondisi kesehatan. Bangun kepercayaan dirimu dan persiapkanlah dengan baik. Semoga berhasil!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • interview
  • persiapan wawancara kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang