Published on

Careers

Catat, ini persiapan wajib dalam menghadapi interview kerja

Maria Yuniar

persiapan-wajib-menghadapi-interview-EKRUT.jpg

Seperti halnya ujian di bangku sekolah dan kuliah, interview kerja juga perlu persiapan. Tujuannya, tentu saja agar kamu siap menghadapi wawancara dan sukses melaluinya. Kesalahan terbesar kandidat dalam proses rekrutmen adalah tidak mempersiapkan diri.

Kematanganmu dalam persiapan wawancara akan menentukan nasibmu pada proses rekrutmen. Demi lancarnya tahapan rekrutmen yang harus dilalui, ada baiknya kamu melakukan persiapan-persiapan berikut ini. 

Riset karakteristik perusahaan

Langkah pertama, cari tahu latar belakang perusahaan yang akan kamu hadapi. Kamu bisa melakukannya dengan empat langkah di bawah ini.

  • Luangkan waktu untuk mempelajari sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan itu. Cobalah berdiskusi dengan dengan teman-temanmu sembari mencari berbagai sumber bacaan dari media sosial.
  • Temukan "DNA" perusahaan itu dengan menggali konten-konten di situs, blog, serta akun medsosnya. Dengan demikian, kamu bisa membayangkan karakter perusahaan itu.
  • Lihat ulasan (review) mengenai perusahaan tersebut dari para karyawan dan mantan karyawannya. Kamu bisa menemukannya di berbagai situs.
  • Pahami peran perekrut yang akan mewawancari kamu. Jadi, kamu bisa menempatkan diri dengan baik.

Pelajari FAQ dalam wawancara

Mungkin ini bukanlah interview kerja pertama buatmu. Bisa jadi, kamu sudah mengalami sekian kali wawancara kerja. Meski demikian, ada baiknya kamu mempelajari kembali pertanyaan yang biasanya muncul atau frequent asked question (FAQ) dalam interview.

  • Siapkan jawaban untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan ini dari perekrut:
  • Apa kekuatanmu yang paling menonjol? Apa saja prestasimu dan seberapa kreatifkah kamu?
  • Tolong ceritakan tentang dirimu. Apa potensi terbesarmu dan bagaimana hal ini mendukung pekerjaan yang diinginkan?

Persiapan semacam ini akan membuatmu lebih terarah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan perekrut. Selain itu, kegugupanmu juga pasti berkurang.

Baca juga: Cara tepat jawab kelemahan dan kekurangan saat interview

persiapan wajib interview yang harus diperhatikan - EKRUT
Pelajari pertanyaan yang sering ditanyakan agar kamu lebih lancar memberikan jawaban saat interview - EKRUT 

Persiapkan beberapa pertanyaan untuk perekrut 

Sebelum menghadiri interview kerja, luangkan waktu untuk menyiapkan beberapa pertanyaan bagi perekrut. 

Ini karena pada saat wawancara kerja berlangsung, biasanya perekrut akan memberikan kesempatan bagi kandidat untuk bertanya. 

Dengan menggunakan kesempatan untuk bertanya tersebut, kamu bisa menunjukkan antusiasmemu terhadap perusahaan dan posisi yang kamu lamar.Kamu juga bisa meninggalkan kesan baik bagi perekrut, terutama bila pertanyaan yang kamu ajukan dinilai berbobot dan cerdas. 

Beberapa topik pertanyaan yang bisa kamu ajukan misalnya tentang job desk di kantor baru, kualifikasi yang dicari, budaya kerja perusahaan, hingga tahapan selanjutnya yang harus kamu lewati. 

Sementara, bila kamu masih berada di interview kerja tahap awal, hindari untuk memberikan pertanyaan tentang gaji, jatah cuti hingga benefit perusahaan lainnya.

Berpakaian yang sesuai

Setelah mempersiapkan mental dan berlatih menjawab pertanyaan, kamu harus memperhatikan penampilanmu. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Pastikan pakaianmu bersih, rapi, dan wangi. Jika kamu masih merasa kurang percaya diri, coba minta pendapat dari teman maupun keluarga mengenai pakaian yang akan kamu kenakan.

Persiapkan dokumen pendukung 

Beberapa perekrut biasanya mensyaratkan kandidat untuk membawa sejumlah dokumen pendukung ketika wawancara kerja. Karena itu pastikan untuk mempersiapkannya dari malam sebelumnya. 

Umumnya dokumen pendukung yang diminta berupa CV hingga portofolio karya kamu. 

persiapan interview
Buat daftar dokumen yang harus kamu lengkapi sebelumnya - EKRUT

Cek lokasi interview kerja 

Penting bagi kamu untuk mengetahui lokasi interview kerja  dan bagaimana cara kamu mencapainya sebelum hari-H. 

Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa mendapatkan estimasi lama perjalanan dan menghindari rute-rute yang justru bisa membuatmu datang terlambat interview kerja. 

Bila kamu membawa kendaraan sendiri, pastikan kamu mengecek rute perjalanan dengan Google Maps atau aplikasi penunjuk arah lainnya. Sementara jika kamu harus menggunakan transportasi umum, pastikan kamu tahu pemberhentian terdekat ke lokasi interview yang dimaksud. 

Apabila kamu masih ragu cara terbaik menuju lokasi interview kerja tersebut, tak ada salahnya menanyakan hal tersebut kepada perekrut sebelumnya. 

Agar persiapan sebelum interview kerjamu semakin lengkap, pastikan juga kamu simak informasi penting lainnya seperti tips dan trik sukses wawancara kerja di podcast berikut ya. 

Tips & trik sukses wawancara kerja - EKRUT

Baca juga: Apa saja persiapan yang diperlukan pada H-1 interview kerja?

Dengan semua persiapan tersebut, kamu tentunya akan lebih percaya diri menghadapi interview kerja. Jika proses interview kerjamu yang terakhir tidak berhasil, cobalah untuk lebih membuka berbagai peluang dari di talent marketplace EKRUT. Hanya dengan satu kali registrasi, profilmu akan dilihat oleh ratusan perusahaan.

Last update: 9 December 2019

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • themuse.com
  • theundercoverrecruiter.com
  • thebalancecareers.com

Tags

Share