Published on

Technology

6 Cara membuat giveaway yang efektif dan contohnya

Nur Lella Junaedi

cara-membuat-giveaway-EKRUT.jpg

Strategi giveaway Instagram bisa jadi salah satu cara untuk menaikkan followers atau membangun brand engagement. Agar program giveaway mu bisa berjalan dengan sukses kamu perlu mengetahui cara membuat giveaway yang menarik berikut ini. 

Apa itu giveaway?

Apa itu giveaway?
Giveaway
adalah salah satu strategi pemasaran online untuk menarik konsumen. Sumber: Pexels

Program giveaway adalah cara yang biasa dilakukan oleh merek untuk menawarkan hadiah kepada audiens, sambil meminta mereka melakukan hal seperti menandai teman di komentar, follow akun Instagram, menyukai, dan membagikan konten instagram kamu. 

Lebih dari itu, kamu juga bisa meminta followers untuk berfoto selfie sambil memegang produkmu lalu mengunggahnya. Kamu juga bisa meminta mereka untuk melakukan kreasi lainnya dalam bentuk video lalu menandai kamu di Instagram. Giveaway adalah strategi yang dilakukan untuk berbagai alasan dan kepentingan, biasanya sebagai salah satu bentuk marketing, agar suatu produk, jasa, atau perusahaan mendapatkan eksposur.

Alasan mengadakan giveaway sebagai strategi marketing

cara membuat giveaway EKRUT 
Dengan mengadakan giveaway Instagram kamu berkesempatan untuk bisa meningkatkan jumlah followers - EKRUT

Program giveaway adalah cara yang biasa dilakukan oleh merek untuk menawarkan hadiah kepada audiens, sambil meminta mereka melakukan hal seperti menandai teman di komentar, follow akun Instagram, menyukai, dan membagikan konten instagram kamu. Lebih dari itu, kamu juga bisa meminta followers untuk berfoto selfie sambil memegang produkmu lalu mengunggahnya. Kamu juga bisa meminta mereka untuk melakukan kreasi lainnya dalam bentuk video lalu menandai kamu di Instagram.

Studi menunjukkan bahwa upaya semacam ini ternyata membuahkan hasil, akun Instagram yang rutin  melakukan giveaway mengalami peningkatan followers sebanyak 70%, memancing komentar followers sebanyak 64 kali serta mendorong 3,.5 kali jumlah like yang lebih banyak. Ajakan menandai teman di kolom komentar juga dapat membuat jangkauan brand menjadi lebih luas. 

Bahkan pengguna Instagram yang tadinya tidak mengenal merek mu, bisa berpotensi mencari tahu tentang brand tersebut, bahkan turut berpartisipasi dalam event giveaway yang diselenggarakan. Benefit lain dari upaya ini di antaranya: 

  • Memungkinkan followers untuk melakukan user generated content (UGC) yang bermanfaat bagi merek. 
  • Menumbuhkan loyalitas audiens saat konten yang mereka buat menang dan disematkan dalam postingan merek. 
  • Mendorong audiens untuk mengenal produk lewat hadiah yang diberikan dan bila produk tersebut menarik memungkinkan mereka untuk membelinya. 

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

Pro kontra mengadakan giveaway

Pro kontra mengadakan giveaway
Salah satu kekurangan dari giveaway adalah mendapatkan follower palsu di media sosial. Sumber: Pexels

Giveaway adalah strategi yang dilakukan dengan memilih pemenang secara random. Fungsi dari giveaway adalah membantu perusahaan untuk dapat berinteraksi dengan konsumen atau followersnya dan meningkatkan brand value. Dilansir dari hypeauditor.com, terdapat pro kontra dari menggunakan strategi giveaway, yaitu:

Pro Kontra
Menambah follower atau konsumen. Kemungkinan mendapatkan follower atau konsumen temporer.
Meningkatkan engagement Mendapatkan bot atau followers palsu.
Mendapatkan user-generated content. Kekecewaan konsumen yang tidak menang.

6 Cara mengadakan giveaway yang efektif

cara membuat giveaway EKRUT 
Tentukan tujuan agar mudah bagi kamu menentukan hadiah yang akan diberikan pada audiens - EKRUT

Akan tetapi dari sekian manfaat yang bisa diberikan oleh program giveaway ini, lalu bagaimana caranya kamu untuk memastikan hadiah tersebut berjalan dengan sukses? Inilah beberapa cara mengadakan giveaway yang tepat dan bisa kamu coba. 

1. Menentukan tujuan dari giveaway

Sebelum mengumumkan bila akun Instagram kamu akan mengadakan giveaway, baiknya persiapkan dulu tujuan dari adanya giveaway ini. Beberapa tujuan yang ditargetkan merek saat membuat program giveaway adalah meningkatkan followers Instagram, membuat audiens untuk mendaftar lewat email, menghasilkan lebih banyak engagement di postingan atau menghasilkan konten UGC. Tujuan dari giveaway ini yang akhirnya akan bisa membantu kamu untuk menentukan hadiah dari giveaway tersebut.

2. Persiapkan hadiah yang tepat 

Di langkah pertama cara buat giveaway telah disinggung bahwa tujuan dari event ini akan menentukan bentuk hadiah yang diberikan. Contoh ketika kamu meminta audiens untuk mengambil foto produk dan mempostingnya ke akun Instagram mereka, tentu ini adalah permintaan yang cukup banyak. Oleh karena itu, bentuk dari hadiahnya pun harus bernilai besar juga. 

Berbeda halnya ketika kamu meminta audiens untuk menyukai postingan merek dan menandai teman di komentar, kamu bisa menyiapkan hadiah yang bernilai kecil. Meskipun begitu hadiah tersebut sebaiknya harus berhubungan dengan bisnis atau merek. Kamu bisa memberikan hadiah berdasarkan produk yang kamu miliki seperti produk eksklusif, keanggotaan gratis atau memberikan poin loyalitas pelanggan. 

Hindari memberikan hadiah yang terlalu mahal dan tidak berkaitan dengan merek karena akan membuat followers berkurang ketika acara giveaway berakhir. 

3. Menentukan syarat dan ketentuan 

Ketika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, kini saatnya untuk menentukan syarat dan ketentuan terkait event giveaway tersebut. 

  • Tetapkan tenggat waktu yang pasti untuk menciptakan rasa urgensi dalam diri audiens untuk berpartisipasi dalam event tersebut.
  • Tentukan dengan jelas apa yang harus dilakukan audiens untuk ikut serta dalam acara itu. 
  • Tetapkan waktu pengumuman pemenang serta cara penentuan pemenang apakah melalui penilaian juri, acak dan sebagainya. 
  • Beritahukan hadiah yang akan diberikan kepada audiens bila perlu lakukan promosi untuk hadiah tersebut.
  • Buat kriteria dan persyaratan yang jelas untuk peserta yang ingin berpartisipasi. 

4. Tentukan hashtag campaign giveaway

Membuat hashtag kampanye giveaway sangat penting untuk mencari konten yang dibagikan, mempromosikan kontes serta melakukan analisis terhadap kesuksesan campaign. Dalam cara membuat hashtag tersebut, cobalah untuk membuat tag yang terkait dengan produk, layanan, bisnis, tema atau kampanye kamu. Pastikan hashtag campaign itu eksklusif, mudah dieja dan ingat oleh audiens.

5. Promosikan event giveaway contest 

Guna memberitahukan kepada audiens yang lebih banyak, kamu perlu untuk melakukan promo event giveaway tersebut. Baiknya promosikan event ini di semua platform media sosial sambil menggunakan hashtag yang telah kamu buat tadi dan hashtag populer yang ada seperti #contestalert #giveaway dan lainnya. Bila perlu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan influencer yang relevan untuk mempromosikan event giveaway ini.

Baca juga: 5 Cara ini bantu promosikan konten dengan efektif

6. Alternatif ide giveaway lainnya

cara membuat giveaway EKRUT 
Salah satu ide bagus mengadakan giveaway Instagram adalah dengan membuat kontes Instagram Story - EKRUT

Tidak perlu bingung dalam menentukan ide giveaway Instagram. Kamu bisa memulainya dengan ide-ide yang sederhana seperti meminta audiens untuk memfollow, like, menandai dan mengomentari akun Instagram merek.  

Lebih dari itu kamu juga bisa melakukan beberapa ide lain seperti: 

a) Mendorong audiens membuat User Generated Content 

Ide program giveaway ini adalah dengan mengumpulkan konten yang dibuat oleh audiens dan nantinya bisa dibagikan oleh merek setiap saluran media sosial yang ada. Melalui ide ini kamu bisa meminta audiens berbagi pengalaman menggunakan produk lalu menandai merek di postingan mereka. Dengan pengalaman positif yang dibagikan oleh pengguna, ini bisa mendorong audiens lain menggunakan produk mu. 

b) Mengadakan kontes trivia 

Kontes trivia bisa kamu lakukan untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman audiens terhadap produk. Bentuk dari kontes ini biasanya dengan mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh audiens atau memamerkan keahlian yang dimiliki audiens dalam menggunakan produk mu. Pemenang berasal dari audiens yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar atau memperlihatkan keterampilannya dengan baik.

c) Mengadakan kontes Instagram story

Bentuk partisipasi audiens tidak harus selalu di taruh di feed Instagram, merek juga bisa meminta audiens untuk mengikuti kontes melalui Instagram stories-nya, dengan mengupload produk terbaru merek dan menandainya di Insta story tersebut. Atau menjawab pertanyaan merek dan menaruhnya di Insta stories yang nantinya bisa dianalisis oleh merek. 

Baca juga: 6 Cara meningkatkan engagement instagram

Cara mengukur efektivitas giveaway

Cara mengukur efektivitas giveaway
Cara mengukur efektivitas giveaway adalah dengan menggunakan formula ROI yang tepat. Sumber: Pexels

Menurut easypromosapp.com, sangat penting untuk mengetahui keefektifan atau hasil dari promosi online. Kamu juga bisa melihat apakah dana yang dikeluarkan untuk promosi dikelola dengan baik. Penghitungan ROI (Return on Investment) secara matematis dari giveaway adalah Net Return Or Gain/Investment In The Promotion x 100. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan ekspektasi outcome yang ingin didapatkan dari giveaway tersebut.
  • Mengetahui seberapa banyak investasi yang digunakan untuk mengadakan giveaway.
  • Menggunakan formula kalkulasi ROI yang tepat.

Tanpa mengukur hasil yang didapatkan dari promosi online seperti giveaway, maka strategi tersebut hanya buang-buang waktu dan biaya saja. Jika kamu bergerak dalam bidang ini, kamu harus cerdas dalam melakukan pendekatan promosi ini.

Hal penting dari giveaway adalah harus  menggunakan kreativitas untuk mendapatkan perhatian dari konsumen atau followermu. Selain itu, kamu juga harus menggunakan kemampuan analitismu untuk mengidentifikasi strategi yang akan diterapkan untuk promosi.

Nah, kamu bisa mendaftarkan diri di EKRUT kalau kamu tertarik untuk bekerja di bidang promosi atau pemasaran online dan sedang mencari perusahaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Itulah beberapa ide giveaway Instagram yang bisa kamu lakukan. Ide lainnya bisa turut kamu pertimbangkan juga seperti membuat foto kontes atau mengadakan giveaway untuk tiap pencapaian followers yang semakin bertambah. Melalui strategi giveaway yang baik dan promosi yang konsisten diharapkan strategi ini bisa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Cara membuat giveaway EKRUT
Last update: 19 July 2021 

Sumber: 

  • easypromosapp.com
  • hypeauditor.com
  • hubspot.com

Tags

Share