Published on

Careers

Cara membuat motivation letter yang baik beserta contohnya

Maria Tri Handayani

cara-membuat-motivation-letter---EKRUT.jpg

Motivation letter adalah surat yang digunakan untuk menjelaskan mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi dan keperluan tertentu. 

Surat ini biasanya disertakan sebagai salah satu dokumen pendukung untuk beberapa hal seperti saat mendaftarkan diri di perguruan tinggi, mengajukan beasiswa, melamar pekerjaan di organisasi nirlaba, melamar sebagai relawan di sebuah organisasi, atau mengajukan magang di sebuah perusahaan. 

Meski begitu kamu  harus tahu bahwa agar motivation letter memberikan hasil yang efektif, kamu harus dapat membuatnya dengan tepat. Berikut ulasan cara membuat motivation letter beserta contoh yang bisa kamu simak. 

Cara membuat motivation letter

cara membuat motivation letter - EKRUT
Penting untuk membuat motivation letter yang profesional - EKRUT

Agar dapat membuat motivation letter yang baik, pastikan agar kamu menulis semua konten yang diperlukan, ya. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu perhatikan saat membuat motivation letter tersebut.

1. Tulis outline

Langkah pertama, tulislah outline atau kerangka penulisan dalam bentuk poin yang menggambarkan isi motivation letter yang akan kamu tulis beserta alurnya. Poin -poin tersebut bisa menjelaskan beberapa hal, seperti:

  • Alasan mengapa kamu ingin mendaftarkan diri di universitas atau program studi tertentu, mengapa kamu ingin mengajukan beasiswa atau mengajukan diri sebagai sukarelawan di organisasi tersebut. 
  • Keterampilan atau kualitas diri apa yang akan menguntungkan universitas,organisasi nirlaba atau perusahaan tersebut
  • Mengapa kamu tertarik pada sekolah atau organisasi tersebut. 

Dengan membuat outline kamu bisa memikirkan apakah kamu memasukkan semua detail yang relevan. 

Contohnya, motivation letter untuk pendaftaran program Ph.D tentu membutuhkan lebih banyak detail tentang pengalaman kamu dan rencana masa depan yang spesifik dibanding motivation letter untuk program sarjana. 

Cocokkan pula outline kamu dengan informasi dari sekolah atau organisasi tersebut untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas dan kualifikasi yang mereka cari. 

Membuat outline sebelum  menulis motivation letter dapat membantu kamu tidak melenceng dari jalur yang kamu inginkan. 

2. Mulai tuliskan pengantar 

Di dalam struktur motivation letter, pengantar adalah bagian pertama di mana kamu memperkenalkan diri kepada penerima surat. Jelaskan informasi personal mengenai siapa kamu, apa yang kamu lamar dan alasan mengapa kamu melamar beasiswa atau posisi tersebut.

Buatlah bagian ini dengan sebaik mungkin agar penerima surat tertarik untuk terus membaca motivation letter tersebut. 

Baca juga: Contoh surat rekomendasi kerja dan cara menyiapkannya

3. Kembangkan outline pada bagian isi surat 

Cara membuat motivation letter selanjutnya adalah mengembangkan poin-poin outline yang telah kamu tulis tadi di bagian struktur isi dari motivation letter kamu. Buat paragraf baru untuk setiap topik baru. 

Perlu diingat bahwa motivation letter bertujuan untuk meyakinkan penerima tentang nilai-nilai diri kamu karena itu buatlah bagian ini lebih meyakinkan, persuasif dan benar-benar menjual diri kamu. 

Ceritakan misalnya kisah di balik pencapaian kamu, keterampilan atau passion tentang hal yang kamu lamar tersebut. 

Fokuslah pada kekuatan dan kelebihan diri kamu, bukan pada keterbatasan yang kamu miliki. Menuliskan tentang kekuatan kamu akan membantu penerima motivation letter untuk memahami nilai kamu bagi organisasi mereka.

Walaupun kamu ingin menarik dan meyakinkan penerima, hindari mengarang cerita atau melebih-lebihkan kisah yang kamu tulis ya.  Jagalah agar informasi yang kamu jelaskan tetap faktual. Misalnya untuk menjelaskan keterampilan gunakan metrik tertentu sebagai pengukur 

4. Buat kesimpulan 

Terakhir, tuliskan kesimpulan dari motivation letter kamu tersebut. Pada bagian ini kamu dapat membungkus motivation letter dengan membuat rangkuman dari cerita yang kamu tulis sebelumnya, tujuan kamu mengajukan motivation letter tersebut, serta ucapan terima kasih kepada penerima surat. 

Kamu juga bisa mendorong penerima surat untuk menghubungi kamu jika mereka memiliki pertanyaan. Ingatlah untuk membuat bagian kesimpulan yang meninggalkan kesan akhir yang positif,ya. 

5. Periksa kembali 

Setelah menulis motivation letter sempatkan juga untuk memeriksa dan mengoreksi surat tersebut bila terjadi kesalahaan ejaan atau tata bahasa yang keliru.

Tulis kalimat pendek dan aktif agar tidak dapat disalahartikan. Koreksi pula motivation letter agar terlihat lebih ringkas dan profesional. 

Baca juga: Seperti ini contoh cover letter yang sukses dilirik HRD

Contoh motivation letter 

cara membuat motivation letter - EKRUT
Pastikan agar tidak ada keselahan eja dalam motivation letter - EKRUT

Agar kamu semakin paham cara membuat motivation letter, ada beberapa contoh motivation letter yang bisa kamu perhatikan. 

  • Contoh motivation letter untuk beasiswa 

Kepada Yth.
Komite beasiswa Universitas ABC

Nama saya Ezra dan saya adalah mahasiswa tahun keempat di Universitas ABC. Saat ini saya sedang mengejar gelar Sarjana Arsitektur dan saya berencana melanjutkan studi saya untuk mendapatkan gelar master setahun setelah saya lulus. 

Pada tahun-tahun pertama saya kuliah, saya pernah terlibat dalam yayasan XYZ yang membantu pembangunan rumah bagi keluarga berpenghasilan rendah. Saya banyak belajar mengenai proses konstruksi dari bawah dan saya menemukan makna akan pentingnya fungsi dalam desain arsitektur. Rumah yang saat itu kami bangun selama saya menjadi sukarelawan memang tidak pernah mewah, namun rumah tersebut bisa tetap memenuhi tujuannya dan harapan bagi para pemiliknya. 

Pendidikan saya saat ini sebagian besar fokus pada pola pikir bahwa fungsi lebih penting daripada bentuk. Saya telah mendaftar di beberapa kelas yang beralih ke jurusan Teknik Arsitektur karena saya ingin memiliki pandangan yang komprehensif tentang bagaimana desain dapat memenuhi struktur. Saya juga telah mengerjakan tiga proyek desain residensial di bawah pengawasan profesor arsitektur saya yaitu Dr. X untuk mempercepat penelitian dan studi saya. 

Saya ingin menjadi seorang arsitek yang dapat menciptakan peluang bagi perumahan yang terjangkau untuk komunitas yang kurang mampu. Tinggal di kota yang banyak memiliki perguruan tinggi, saya melihat properti sewaan dengan jumlah banyak, namun hanya sedikit rumah yang dijual dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa atau pembeli pertama. Ini banyak terjadi di kota-kota dengan standar hidup yang rendah. Tujuan saya adalah membangun lingkungan rumah awal yang cukup sehingga dapat membantu orang-orang dewasa dalam membangun ekuitas, menghindari hutang yang berlebihan  dan dapat menciptakan stabilitas keuangan mereka di masa depan. 

Saya memiliki jadwal magang dengan salah satu firma arsitektur bernama LMNOP pada akhir tahun ini, dan saya akan melanjutkan on the job training di sana setelah gelar master saya. Setelah ini semua, saya ingin membuka firma arsitektur saya sendiri yang berfokus pada pengembangan perumahan murah dan berkualitas tinggi. Saya juga ingin bekerja dengan yayasan XYZ kembali namun dengan posisi sebagai arsitek. Saya sangat yakin dengan misi mereka untuk membangun  dunia di mana setiap orang dapat memiliki tempat tinggal yang layak. 

Saya menghargai pertimbangan Anda. Dengan bantuan dari Anda, saya dapat melanjutkan studi saya di bidang arsitektur dan desain sehingga dapat menghadirkan rumah yang dapat diakses oleh merek ayang membutuhkan. 

Hormat saya,
Ezra 

  • Contoh motivation letter untuk melamar pekerjaan volunteer

Kepada Yth, 
Bapak/Ibu 
di tempat

Nama saya Ezra, dan saya adalah mahasiswa ilmu kedokteran hewan di IPB. Saya ingin menanggapi iklan panggilan untuk volunteer yang sebelumnya diunggah di laman situs All Paws Animal Shelter. Kesempatan ini menarik saya karena saya memiliki hasrat dalam kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan hewan, yang juga saya tekuni melalui studi saya. 

Saya dibesarkan di lingkungan yang dekat dengan hewan karena keluarga saya yang memiliki peternakan. Selama ini saya juga terlibat dalam banyak aspek perawatan hewan, termasuk melatih anjing peliharaan, merawat kuda dan memerah susu sapi. Saya sangat senang menghabiskan waktu dengan hewan dan menemukan adanya keindahan dalam persahabatan antara manusia dan hewan. Saya juga belajar akan pentingnya perawatan hewan yang memerhatikan kenyamanan hewan itu sendiri.

Melalui studi ilmu kedokteran hewan, saya juga belajar lebih banyak tentang perawatan hewan, termasuk cara mendiagnosis, mengobati penyakit hewan hingga cara membantu hewan melahirkan. Saya percaya keterampilan ini dan pengalaman yang saya peroleh dari peternakan akan sangat berharga bagi All Paws Animal Shelter. Saya juga yakin saya bisa belajar lebih banyak di organisasi Anda. 

Saya sangat tertarik bekerja di All Paws Animal Shelter karena Anda menerima berbagai jenis hewan. Saya juga sangat menghargai adanya no-kill policy di shelter Anda dan komitmen perawatan berkelanjutan bagi hewan-hewan senior. Kebijakan ini selaras dengan keyakinan saya bahwa semua hewan berhak mendapat kesempatan untuk berumur panjang dan menemukan rumahnya selamanya. 

Sebagai kesimpulan, saya merasa saya dapat memberikan kontribusi nyata bagi All Paws Animal Shelter dan berharap Anda dapat menerima lamaran untuk volunteer ini dari. Silahkan hubungi saya di ezralovesanimal@email.com jika Anda memiliki pertanyaan tentang lamaran ini.

Dengan hormat, 
Ezra

Itulah ulasan mengenai cara membuat motivation letter dan contoh yang bisa kamu perhatikan. 

Motivation letter menjadi salah satu medium untuk menunjukkan kegigihan dan seberapa kuat keinginan kamu terhadap tujuan-tujuan tersebut. Namun, pastikan agar kamu tetap membuat surat ini secara profesional agar motivation letter kamu tetap terlihat menarik tanpa terkesan terlalu memaksa, ya. 

cara membuat motivation letter - EKRUT

Sumber:

  • novoresume.com
  • indeed.com
  • mastersportal.com

Tags

Share