Published on

Technology

Panduan lengkap cara membuat PayPal dengan mudah

Nur Rosita Dewi

cara-membuat-paypal-EKRUT.jpg

PayPal adalah sistem pembayaran online yang sudah ada sejak tahun 1998. Sistem pembayaran ini memudahkan kamu untuk menerima atau mengirim uang ke mana saja dengan biaya administrasi yang sedikit.

Bahkan, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali jika uang tersebut dikirim dari teman atau keluarga yang berada di Amerika Serikat. 

Tertarik untuk memilikinya? Agar tidak bingung, cari tahu informasi lengkap seputar cara membuat PayPal di sini. 

Kemudahan memakai Paypal

cara membuat paypal - EKRUT
Sudah berdiri sejak tahun 1988, PayPal telah mempermudah banyak transaksi antar negara - EKRUT

PayPal merupakan layanan yang sangat memudahkan banyak orang. Sistem pengamanannya sangat baik dan penggunaannya juga mudah.

PayPal membantu banyak orang untuk menjual atau membeli barang secara online di situs yang telah terintegrasi dengannya, seperti situs eBay dan e-commerce lainnya. 

Selain itu, bagi kamu pekerja freelance, memiliki akun PayPal juga dapat melebarkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan freelance dari luar negeri. Karena umumnya mereka menggunakan PayPal untuk pembayaran. 

Menariknya, melakukan pembayaran atau transaksi online menggunakan PayPal gratis atau bebas biaya untuk pembeli. Biaya administrasi akan dikenakan pada orang yang akan menerima pembayaran tersebut.

Panduan lengkap membuat PayPal

cara membuat akun paypal - EKRUT
Siapkan kartu kredit atau debit saat kamu ingin membuat akun PayPal - EKRUT

Cara membuat PayPal sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, untuk membuat PayPal tidak hanya sekadar mengisi formulir dengan nama dan alamat email kamu saja. Ada beberapa langkah dan persyaratan yang harus kamu ketahui dan siapkan.

Hal yang harus kamu siapkan untuk membuat akun PayPal adalah kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran.

Kamu juga memerlukan kartu kredit atau laporan bank untuk verifikasi. Di dalam beberapa kasus, kamu pun harus mempersiapkan ID atau paspor.

Setelah mempersiapkan semuanya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui bagaimana cara membuat PayPal.

  1. Akses halaman https://www.paypal.com/ pada browser kamu. Kemudian, klik tombol Sign up yang biasanya ada di bagian kanan atas.
  2. Setelah itu, akan ada pilihan apakah kamu akan membuat akun bisnis atau akun personal. Jika kamu hanya menggunakannya untuk bertransaksi online seperti di eBay, cukup pilih personal saja.
  3. Langkah selanjutnya merupakan bagian identitas yang harus kamu isi, seperti nama, email, dan password yang akan kamu gunakan. Kemudian, kamu akan diminta untuk memverifikasi akun tersebut dan akun PayPal akan selesai dibuat.
  4. Langkah terakhir, kamu hanya tinggal menghubungkan kartu kredit atau debit agar bisa melakukan deposit untuk akun PayPal kamu. Untuk proses verifikasi PayPal dengan kartu kredit atau akun bank kamu, akan memakan waktu tiga hari kerja hingga semua selesai terhubung.

Baca juga: Facebook dan PayPal jadi investor baru Gojek

Cara menggunakan paypal 

cara membuat paypal - EKRUT
PayPal memberikan kemudahan bertransaksi hanya dalam satu genggaman - EKRUT

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat paypal bukan? Agar kamu tidak bingung dalam menggunakan akun PayPal kamu untuk beberapa transaksii, berikut adalah cara menggunakan PayPal berdasarkan tujuan penggunaannya. 

Cara menggunakan PayPal untuk pembayaran online

Pembayaran online ini umumnya digunakan untuk membayarkan jasa seseorang misalnya jasa freelance atau sebagainya. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah, masukkan alat email penerima, jenis mata uang yang dikirim, jumlah pembayaran. Selanjutnya kamu tinggal pilih metode bayar yang kamu inginkan dan uang akan dikirim dengan aman. 

Cara menggunakan PayPal untuk belanja online

Metode ini biasanya dilakukan jika kamu ingin membeli barang dari luar negeri. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memillih metode pembayaran PayPal saat berbelanja, login ke akunmu, lalu verifikasi pembayaran yang dikirimkan ke email kamu. Mudah, bukan? Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu barang yang kamu beli sampai ke tanganmu. 

Sebagai metode pembayaran antar negara yang sudah cukup lama ada, memiliki PayPal memang akan sangat memudahkan kamu saat bertransaksi, mengirim uang, atau berbelanja ke luar negeri. 

Baca juga: Penting, ini 5 cara melindungi data digital milikmu

Sebagai catatan, setelah kamu memiliki akun PayPal, pastikan kamu menggunakannya dengan aman, ya. Misalnya dengan tidak menggunakan jaringan wifi yang disediakan di tempat umum saat bertransaksi. 

Sumber: 

  • businessinsider.com
  • chron.com
  • paypal.com

Tags

Share