Published on

startup

Facebook dan PayPal jadi investor baru Gojek

Nur Lella Junaedi

Facebook-dan-Paypal-jadi-investor-Gojek--EKRUT.jpg

Aplikasi besutan Nadiem Makarim yakni Gojek, kabarnya baru mendapatkan tambahan investasi untuk seri F lanjutan dari beberapa perusahaan besar. 

Dari daftar perusahaan yang menjadi investor Gojek tersebut, yang paling menarik perhatian adalah kehadiran Facebook dan PayPal yang turut menyuntikkan dana. Disusul kemudian oleh Google dan Tencent.

Sayangnya perusahaan tidak merinci besaran dana yang diberikan oleh 4 perusahaan itu. Namun, sejauh ini total dana yang telah dihimpun dalam pendanaan seri F tersebut mencapai USD 3 miliar. 

Sebagai informasi, Gojek adalah perusahaan pertama di Indonesia yang didanai oleh Facebook. 

Sedangkan untuk Google dan Tencent sendiri, ini adalah bentuk investasi lanjutan dari perusahaan itu setelah sebelumnya pada pendanaan seri F pertama, Google, JD.com, dan Tencent juga turut menyuntikkan dana ke Gojek. 

Lalu pada Maret lalu, Gojek juga sempat menerima pendanaan senilai USD 1.2 miliar dari sederet perusahaan yang dipimpin oleh Mitsubishi Corporation. 

Baca juga: Gojek dikabarkan terima pendanaan USD 1.2 miliar

Melalui investasi ini, kabarnya Gojek akan menggunakan dana itu untuk melakukan ekspansi ekonomi digital di Indonesia dan Asia Tenggara melalui layanan Gopay miliknya. 

Perusahaan ingin mengembangkan layanan pembayaran dan keuangannya dengan turut menggerakkan pelaku UMKM agar lebih digital lewat pola pembayaran melalui Gopay

Gojek juga  akan menyasar para pelaku UMKM yang memiliki toko-toko di pinggir jalan hingga bisnis berskala besar untuk mendukung infrastruktur pembayaran digital mereka. 

Melalui pendanaan ini juga, nantinya pengguna Gopay dapat memperoleh akses ke jaringan pedagang yang telah menggunakan PayPal di 25 juta pengguna di seluruh dunia. 

Selain itu untuk Facebook sendiri, pendanaan ini menjadi sinyal bahwa perusahaan sosial media terbesar itu ingin menciptakan peluang bisnis baru di tanah air, khususnya dalam ekonomi digital melalui WhatsApp. 

Sebagaimana diketahui bahwa Facebook kini telah memiliki dua alat pembayaran digital yakni Facebook Pay dan WhatsApp Pay. Namun, perusahaan enggan menyebut secara rinci terkait kerja sama ini. 

Baca juga: Facebook luncurkan dompet digital Facebook Pay

Saat ini memang pemakaian uang tunai dirasa masih besar di masyarakat ketimbang pemakaian uang digital. Namun Gopay telah menjadi salah satu layanan unggulan di Gojek yang telah banyak digunakan di banyak merchant sebagai alat pembayaran digital. 
 
Didirikan pada 2015, Gopay telah menghubungkan pelaku bisnis dengan 170 juta pengguna dengan milyaran transaksi setiap tahunnya. 

facebook dan paypal jadi investor Gojek-EKRUT

Sumber: 

  • DealstreetAsia
  • TechinAsia
  • CNNIndonesia

Tags

Share