Published on

Technology

Cara membuat Youtube channel pertama kali dan panduan optimasinya

Nur Rosita Dewi

cara-membuat-youtube-channel-EKRUT.jpg

Sebagai pemula tentu kamu bingung ingin memulai dari mana saat akan membuat YouTube channel. Tapi tenang, ada beberapa cara membuat YouTube channel yang bisa membantumu lebih mudah dalam memahami proses pembuatannya.

Peluang membuat channel Youtube untuk profesional

Peluang membuat channel Youtube untuk profesional
Sebelum membuat akun dan video YouTube, cobalah untuk menentukan tipe kontenmu terlebih dahulu - EKRUT

Saat ini menjadi seorang Youtuber seakan menjadi pekerjaan baru yang menarik. Mulai dari masyarakat biasa hingga artis pun ikut menjadi Youtuber. Apa yang membuat hal ini menarik? 

Selama 12 tahun terakhir, YouTube telah menjadi tujuan utama orang-orang untuk mencari dan menonton berbagai konten. Sejak makin berkembang pada tahun 2005, YouTube telah beralih dari platform berbagi video menjadi platform penghubung dan penyedia konten. Banyak orang yang membuat konten di YouTube dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Banyak dari orang-orang menjadikannya sebagai hiburan atau sebagai sumber penghasilan tambahan. Tapi, jumlah individu yang menjadi YouTuber penuh waktu semakin bertambah. Dengan penggabungan AdSense dan sponsor pihak ketiga, kamu dapat memperoleh penghasilan yang menggiurkan. Orang-orang bahkan banyak yang meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk mencurahkan waktu ke saluran YouTube mereka. 

Tujuan mereka menjadi YouTuber penuh waktu adalah untuk menumbuhkan saluran dan pengaruhnya di platform media sosial lainnya, termasuk Twitter, Instagram, dan Tiktok.

Tantangan membuat channel Youtube pertama kali

Tantangan membuat channel Youtube pertama kali
Cara membuat Youtube channel  dengan konten menarik di antara jutaan konten lain menjadi tantangan. - EKRUT

Setiap harinya ada lebih dari 400 jam konten video yang diupload setiap menit di Youtube. Kamu mungkin sudah mencurahkan banyak waktu dan energi untuk membuat video, maka penting bagi kamu untuk memahami bagaimana videomu mudah ditemukan. 

Sistem penelusuran dan penemuan YouTube memiliki dua tujuan: membantu penontonnya menemukan video yang ingin mereka tonton, dan memaksimalkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan jangka panjang. Kamu perlu pemahaman cara membuat Youtube channel yang lebih baik dan cara kerja sistem, di mana kontenmu dimunculkan, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat video dan channelmu dikunjungi banyak orang.

Cara membuat Youtube channel dan panduan optimasinya 

Cara membuat Youtube channel dan panduan optimasinya
Sebelum membuat akun dan video YouTube, cobalah untuk menentukan tipe kontenmu terlebih dahulu - EKRUT

Saat ini menjadi seorang Youtuber seakan menjadi pekerjaan baru yang menarik. Mulai dari masyarakat biasa hingga artis pun ikut menjadi Youtuber. Apa yang membuat hal ini menarik? Karena ternyata jika kamu memberikan konten yang menarik, berguna, dan konsisten, kamu bisa memperoleh pendapatan dari YouTube.

Jika kamu memberikan konten yang menarik, berguna, dan konsisten, kamu bisa memperoleh pendapatan dari YouTube. Nah, berikut ini adalah cara membuat Youtube channel dan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang YouTuber.

1. Mulai buat sekarang!

Hal yang paling sulit dilakukan di awal cara membuat Youtube channel adalah memulai. Setelah memulai kamu harus konsisten untuk merencanakan akan seperti apa channel Youtube nantinya. Kamu perlu banyak membaca dan berdiskusi dengan orang yang lebih dulu terjun untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai istilah-istilah optimasi Youtube.

2. Tentukan tipe konten dan target penonton

Cara membuat Youtube channel, sebelum kamu membuat video Youtube, ada baiknya kamu tentukan dulu tipe konten dan target penontonmu. Kamu bisa memulainya dengan mencari siapa saja kanal YouTube yang sejenis dengan milikmu. 

Melalui cara tersebut kamu bisa melihat bagaimana format kontenmu, dan siapa saja yang akan menjadi target penontonmu.  Hal ini akan memudahkanmu dalam membuat video-video lain setelahnya. 

3. Mulai membuat akun

cara membuat YouTube channel - EKRUT 
Cobalah untuk melakukan riset SEO keyword YouTube agar meningkatkan jumlah penontonmu - EKRUT

Cara membuat YouTube channel selanjutnya adalah, setelah kamu akhirnya menentukan tipe konten, format video, dan target penonton, inilah saatnya kamu mulai membuat akun Youtube. Daftarkan dirimu di YouTube, lalu sign in. 

Setelah itu masuk ke dalam pengaturan, dan klik 'Create a new channel', lalu masukan nama YouTube Channel yang ingin kamu buat pada bagian 'Use a business or other name'. 

Baca juga: 9 Youtube channel terbaik untuk update seputar teknologi

4. Lengkapi profil kamu

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian 'about'. Bagian ini berisikan deskripsi YouTube Channel milikmu dan video seperti apa saja yang akan kamu sajikan. 

Langkah selanjutnya adalah dengan mencantumkan cover Youtube Channel milikmu. Desain tentu bisa disesuaikan dengan keinginanmu, tapi untuk ukuran YouTube menyarankan setidaknya foto yang kamu gunakan berukuran 2560 x 1440 pixels dengan maksimum ukuran file 4MB. 

5. Ajak influencer membuat video bersama 

 
Salah satu cara meningkatkan jumlah penonton YouTube adalah melakukan kolaborasi bersama dengan YouTuber lainnya - EKRUT

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah penonton YouTube adalah, dengan memperbanyak berkolobarasi dengan berbagai influencer YouTube. Sekitar 60 persen pengguna YouTube akan mempercayai rekomendasi dari YouTuber favorit mereka. 

Fans dari YouTuber akan yang kamu ajak berkolaborasi biasanya kemudian akan menjadi bagian dari subscribermu yang baru.  

6. Pelajari algoritma Youtube dan tools yang diperlukan

Cara membuat Youtube channel, pahami algoritma. Sistem algoritma YouTube dapat menampilkan rekomendasi sesuai minat atau kecenderungan kesukaan personal secara real-time untuk memenuhi kebutuhan konten tiap orang yang berbeda-beda. 

Hal tersebut memungkinkan orang-orang menonton lebih banyak video yang mereka sukai sehingga mereka kembali ke YouTube secara teratur. Dua hal terpenting yang dipengaruhi algoritma adalah hasil penelusuran dan alur rekomendasi. 

Cara kerja algoritma, pertama memberi peringkat video dengan memberi video-video skor berdasarkan data analisis kinerja. Kedua, selanjutnya mencocokkan video dengan orang-orang berdasarkan riwayat tontonan mereka, dan apa yang telah ditonton oleh orang-orang serupa.

Tujuannya bukanlah untuk mengidentifikasi video yang "baik", tetapi untuk mencocokkan pemirsa dengan video yang ingin mereka tonton. Tujuan akhirnya adalah agar mereka menghabiskan waktu sebanyak mungkin di platform dan karena itu melihat iklan sebanyak mungkin.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan algoritma, misalnya memberi deskripsi dan kata kunci video dengan jelas, sering mengunggah video, membuat video bisa diakses publik, mengulangi tema konten yang banyak digemari, sering-sering membalas tanggapan dan komentar penonton agar, dan berusaha membuat penonton menjadi subscriber.

7. Optimasikan dengan menggunakan SEO 

Bukan hanya situs yang bisa dioptimasi dengan SEO, YouTube Channel juga bisa. Nah, sebelum kamu membuat video, mungkin akan lebih baik jika kamu melakukan riset kecil mengenai keyword yang banyak dicari di YouTube. 

Setelah kamu sudah siap dengan beberapa hal di atas, langkah selanjutnya tentu membuat video pertamamu. Ingatlah untuk tetap konsisten dengan jadwal tayang video di YouTube Channel tersebut. 

Kesuksesan tidak akan datang jika kamu hanya sekali unggah. Tipsnya adalah, kamu bisa melakukan syuting dalam sehari untuk beberapa episode ke depan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tools SEO YouTube yang banyak dipakai

Monetisasi iklan Youtube

cara membuat youtube channel - EKRUT
Kamu bisa menghasilkan uang di YouTube jika kamu sudah memiliki jumlah subscriber dan watch time sesuai ketentuan YouTube - EKRUT

Menghasilkan uang di Youtube sebenarnya membutuhkan waktu dan proses. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis atau kualitas video yang kamu unggah. 

Youtube memiliki ketentuan dan syarat sebelum kamu bisa menerapkan cara membuat Youtube channelmu mengaktifkan iklan pada Youtube channel yang telah kamu buat, seperti jumlah pelanggan, durasi video yang ditonton, hingga jumlah penonton. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sebelum mulai cara membuat YouTube channel penting bagimu untuk memikirkan target penonton. Youtube memberikan tempat agar kamu bisa menganalisa rata-rata umur dan asal penonton video yang telah kamu unggah. 

Dengan data tersebut, kamu bisa menyesuaikan video yang akan kamu tayangkan selanjutnya supaya bisa mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Kemudian, analisa kompetitor sejenis dengan bidang yang akan kamu geluti. Jelajahi berbagai YouTube channel dan catat video mana yang paling banyak dilihat dan paling sedikit dilihat. Tonton video-video tersebut untuk mengetahui jenis konten apa yang disukai oleh penonton kamu dan apa yang tidak sukai. 

Gunakan data tersebut sebagai cara membuat Youtube channelmu punya strategi konten kamu sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan deskripsi pada video kamu. Dengan kata kunci dan deskripsi yang tepat, bisa membantu meningkatkan peringkat channel kamu di halaman pencarian Youtube.

Baca juga: Mudah, ini cara membuat adsense youtube secara efektif

Menjadi seorang YouTuber memang nampak menggiurkan terlebih lagi setelah melihat beberapa di antaranya yang sudah sukses. Tapi yang perlu kamu ingat bahwa selain mempraktikan cara membuat Youtube channel di atas, kamu juga perlu konsisten dengan yang kamu kerjakan. 

Ingat, kesuksesan tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Jadi, tetap semangat, ya!

Baca juga: Mudah, ini cara membuat adsense youtube secara efektif

Menjadi seorang YouTuber memang nampak menggiurkan terlebih lagi setelah melihat beberapa di antaranya yang sudah sukses. Tapi yang perlu kamu ingat bahwa selain mempraktikan cara membuat Youtube channel di atas, kamu juga perlu konsisten dengan yang kamu kerjakan. 

Ingat, kesuksesan tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Jadi, tetap semangat, ya!

cara membuat youtube channel EKRUT
 Last update: 12 April 2021

Sumber: 

 

Tags

Share