Register

technology

7 Rekomendasi Tools SEO YouTube terbaik

Nur Lella Junaedi

22 November 2020

tools-SEO-YouTube-EKRUT.jpg

Di tengah populernya YouTube sebagai salah satu platform yang banyak digunakan pengguna media sosial zaman sekarang, penting bagi seorang YouTuber untuk mengetahui ragam tools SEO YouTube yang ada. 

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa konten video guna menempati posisi tinggi di laman pencarian Youtube dan browser. 

Oleh sebab itu, bila kamu belum tahu apa saja tools tersebut, sebaiknya kamu mengenal ragam tools SEO YouTube yang dapat meningkatkan performa videomu berikut.

1.  Google Trend

tools SEO YouTube EKRUT
Tools ini dibuat oleh Google dan dapat diakses secara gratis-EKRUT

Sebelum membuat konten YouTube sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan tren topik yang sedang banyak dicari. Kamu dapat memanfaatkan tools Google Trend untuk mengetahuinya. 

Selain mengetahui topik yang sedang banyak diperbincangkan, Google Trend juga membantumu membandingkan topik yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat memberikan gambaran topik mana yang lebih baik.   

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengetik topik yang ingin dicari, tentukan penelusuran YouTube dan persempit pencarian di kolom wilayah dan waktu. Kamu dapat menggunakan tools SEO Youtube ini dengan gratis. 

Baca juga: Sebelum ikut terjun, cari tahu dulu gaji YouTuber di sini

2. VidlQ 

tools SEO YouTube EKRUT 
Untuk menggunakan aplikasi SEO ini kamu dapat berlanggan dengan biaya USD 7.50 per bulan-EKRUT

Tools SEO Youtube selanjutnya, bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ekstensi Chrome seperti VidiQ. VidlQ berguna untuk menaikan peringkat video di YouTube, serta mempelajari bagaimana mengoptimalkan video tersebut.

Melalui tools SEO Youtube ini kamu akan mengetahui tingkat keterlibatan audiens, view per jam, durasi tampilan, bahkan memberi tahu seberapa besar kemungkinan videomu masuk ke bagian pencarian video yang disarankan.    

Sayangnya untuk menggunakan tools canggih ini, kamu perlu membayar paket mulai dari USD 7.50 per bulan (Pro) dan USD 30 per bulan (Boost). 

3. YouTube Analytic 

tools SEO YouTube EKRUT 
YouTube Analytic merupakan tools SEO bawaan YouTube-EKRUT

Bila di Google terdapat Google Analytic, YouTube juga memiliki tools analytic yang dinamakan YouTube Analytic. Alat ini sangat efektif untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan saluran YouTubemu. 

Melalui tools ini kamu bisa mengetahui berapa banyak audiens baru yang datang dan berapa banyak audiens lama yang kembali ke channel-mu, rata-rata durasi tontonan, video paling banyak ditonton, jumlah subcribers, jumlah views, berapa jumlah audiens yang membagikan video itu dan lain-lain. 

Hal penting yang perlu kamu tahu adalah dengan semakin lama durasi tontonan di channelmu, maka semakin bagus dalam YouTube Analytic. Jangan ragu untuk menggunakannya karena tools ini tersedia gratis di YouTube.

4. TubeBuddy 

tools SEO YouTube EKRUT 
Tools ini bisa kamu dapatkan melalui ektensi di dalam browser Chrome-EKRUT

Hampir sama seperti tools VidlQ, TubeBuddy juga bisa kamu instal melalui ekstensi Chrome. TubeBuddy bisa digunakan untuk mengecek SEO Video dan data serta penelitian yang perlu dilakukan. 

Ada berbagai macam fitur yang terdapat dalam TubeBuddy di antaranya meliputi tools suggested tag, tag explorer, membandingkan thumbnail yang menarik, generator GIF animasi, tautan pendek khusus pelacakan klik, export dan backup, membagikan ke Facebook dan lain-lain. 

Kamu bisa mendapatkan tools ini dengan berlangganan USD 9 - USD 49 per bulan, tetapi tersedia juga dalam versi gratis.

Baca juga: Mudah, ini cara membuat adsense youtube secara efektif

5. Serpstat

tools SEO YouTube EKRUT 
Serpstat merupakan aplikasi tools SEO YouTube yang berasal dari Swiss-EKRUT

Ini adalah tools SEO YouTube yang berasal dari Swiss. Fungsinya hampir sama seperti Google Trend untuk memeriksa volume keyword tetapi, lebih dari itu tools ini terbilang lebih lengkap. 

Serpstat menyediakan berbagai fitur mulai dari analisis backlink, research keyword, mengaudit situs sendiri, menganalisis kompetitor, dan track rank. 

Dengan menggunakan tools ini kamu dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan konten video YouTubemu serta memungkinkan untuk menemukan kata kunci niche yang potensial. 

Tidak dijelaskan secara resmi apakah tools SEO YouTube ini berbayar atau tidak, tetapi nampaknya kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

6. Morning Fame

tools SEO YouTube EKRUT
 
Tools ini berfokus pada penelitian kata kunci dan analisis - EKRUT

Morning Fame menjadi tools SEO Youtube lainnya yang bisa kamu gunakan. Perangkat ini berfokus pada penelitian kata kunci dan analisis. Tidak seperti VidlQ dan TubeBuddy, tools ini melakukan penelitian kata kunci dalam empat langkah. 

Ada dua cara untuk melakukan yakni dengan memasukkan istilah penelusuran yang sesuai dengan topik atau dengan menempelkan url video yang menjadi inspirasimu.

Dari cara kedua ini nantinya tools akan mengambil list ide kata kunci dari video yang serupa atau berhubungan. Barulah setelah itu tools akan merekomendasikan dua saluran berdasarkan keyword untuk kategori channel yang lebih besar atau lebih kecil.

7. RankTracker

seo tools youtube - EKRUT
RankTracker dapat membantu kamu menganalisis keyword sebelum menggunakannya - EKRUT

SEO tools YouTube selanjutnya adalah RankTracker. Tools ini membantu kamu untuk melakukan riset keyword sebelum memilih topik atau judul apa yang tepat untuk videomu. 

RankTracker akan menyajikan beberapa metrik seperti perkiraan kunjungan, volume pencarian, dan bagaimana kompetisinya di YouTube. 

Baca juga: 5 Data analytics tools terbaik sesuai kebutuhanmu

Selain mengetahui ragam tools SEO YouTube di atas, sebagai seorang YouTuber kamu juga penting untuk memerhatikan konten video yang menarik baik dari segi editing hingga konsepnya. 

Semakin menarik videomu, tentunya channel YouTubemu akan semakin banyak ditonton dan disukai oleh para subscriber. Selamat berkarya! 

tools SEO YouTube EKRUT
Last update: 22 November 2020

Sumber: 

Tags

Share