Published on

Technology

9 Cara Menambah Followers TikTok yang Efektif untuk Diterapkan

Anissa Trisdianty

H1.jpg

Ada fakta menarik soal TikTok, aplikasi ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Bisa dikatakan TikTok merupakan pemain baru di media sosial, tetapi ia hadir dengan pertumbuhan yang luar biasa. Hampir semua Generasi Z, remaja dan anak-anak, akan mengatakan bahwa TikTok adalah platform terbaik yang pernah ada.

Baca juga: Inilah prediksi tren media sosial 2022 yang perlu kamu ketahui

Manfaat memiliki banyak followers di TikTok


Dengan menambah follower, pemilik akun bisa mendapatkan banyak manfaat (sumber: pexels)

Mengikuti popularitas Instagram beberapa tahun silam, kini pengguna TikTok berburu cara menambah followers. Alasan utamanya, selain menghibur, followers TikTok dikenal lebih aktif dan responsif terhadap konten yang disajikan. Oleh karena itu, pebisnis melihatnya sebagai peluang yang bagus untuk mendapatkan pelanggan.

Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa dipertimbangkan untuk optimalisasi konten di platform ini:

1. Meningkatkan eksistensi di dunia maya

TikTok sudah mendunia. Platform ini memiliki jutaan pengguna di lebih dari 150 negara dengan 75 bahasa yang berbeda. Artinya, kamu bisa dengan cepat dan efektif membangun bisnis kamu ke level internasional.

2. Bisnis atau persona akan berkembang lebih masif

Orang-orang mulai bosan dengan pengalaman impersonal. Dengan siaran video langsung, penikmat konten ataupun calon pembeli akan merasa terlibat langsung. Hal ini mempengaruhi psikologis mereka dalam melakukan pembelian atau merespon campaign tertentu.

3. Followers membantu kita tetap up-to-date

Siapa pun yang ingin mengikuti tren, gaya, dan mode terbaru di seluruh industri perlu melihat TikTok. Banyak tren dan gaya dimulai di TikTok terlebih dahulu sebelum menyebar ke platform media sosial lainnya.

Baca juga: Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

9 Cara menambah followers TikTok


Menambah follower bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya dengan TikTok Ads (sumber: pexels)

Kamu perlu menemukan cara kreatif untuk mendapatkan followers. Buat video dengan konten dan kualitas gambar yang baik, bisa menjadi salah satu caranya. Tapi selain itu, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, beberapa tips berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk diaplikasikan:

1. Temukan target audience

Mereka yang bermain di sosial media pasti sudah bosan mendengar kata “target audiens”. Jika kamu tidak peduli, kamu sedang melakukan kesalahan besar. Konten tidak memiliki batasan dan begitu juga penonton. Tapi jangan lupa, apa yang disukai sebagian orang, belum tentu membuat orang lain terkesan.

Target audience merupakan orang-orang yang benar-benar akan berinteraksi dengan konten kamu dan meningkatkan keterlibatan di TikTok. Untuk itu penting sekali mengidentifikasi target audience yang tepat.

2. Usahakan video masuk FYP

TikTok memiliki fitur “FYP" (For You Page) sebagai jantung platform. Fitur setara dengan fitur explore Instagram, tetapi tidak seperti Instagram, TikTok menjadikan fitur "FYP" sebagai halaman default yang dikunjungi semua orang ketika mereka membuka aplikasi mereka. Di TikTok, kebanyakan orang memulai dengan menonton video yang dipilih TikTok dari fitur "FYP" ini.

3. Gunakan hashtag yang sesuai

Simpan ini sebagai mantra, "Jangan lupa untuk menggunakan hashtag". Hashtag memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas di platform media sosial termasuk TikTok. Hashtag yang relevan bisa membantu meningkatkan peluang akunmu untuk ditemukan oleh pengguna.

4. Ikuti trend video TikTok

TikTok dibuat untuk tren. Dari video-video tantangan hingga video dance, selalu ada hal baru yang sedang tren di platform ini. Jika kamu tertarik untuk menambah followers, ikutilah dalam tren TikTok terbaru. Mengikuti tren terbaru meningkatkan peluang pengguna TikTok menemukan video kamu. Jika cukup beruntung, videonya bisa menjadi viral dan kamu bisa terkenal.

5. Kualitas video harus baik

Bukan berarti kamu harus menggunakan kamera profesional untuk membuat video. Kenyataannya, video TikTok paling sukses hanya dibuat menggunakan smartphone. Kualitas disini berarti kamu perlu merencanakan video dengan baik, merekam video dalam setting HD, dan memperhatikan teknik pembuatan film dasar.

6. Manfaatkan UGC

User Generated Content (UGC) merupakan teknik marketing dimana brand melakukan posting ulang berbagai konten berhubungan dengan produk yang posting oleh konsumen, pelanggan, dan followers. Teknik ini dilakukan karena dianggap lebih orisinil dan natural, sehingga bisa menarik lebih banyak kepercayaan followers.

7. Kolaborasi dengan Creator lain

Jika kamu masih mengandalkan cara lama, yakni hanya konsisten mengunggah, kamu tetap bisa mendapatkan followers baru namun prosesnya akan sedikit lebih lama. Kamu bisa mempercepat proses mendapatkan audience lebih banyak dengan cara berkolaborasi dengan Content Creator lainnya yang sudah memiliki audience lebih banyak. Tidak harus Content Creator besar dan terkenal, cukup mendekat pada influencer lokal yang memiliki followers loyal dan berpengaruh.

8. Tambahkan CTA dalam video

Call to Action (CTA) mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Baik itu tindakan untuk membeli, download, mengisi form, berlangganan, atau tindakan yang lainnya. CTA juga terbukti meningkatkan konversi hingga 121%. Artinya, CTA punya peran besar terhadap sebuah goal yang ditargetkan. CTA memberikan bujukan halus pada audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pemilik akun.

9. Manfaatkan TikTok Ads

Dengan 800 juta pengguna aktif tiap bulannya, memanfaatkan TikTok sudah bukan lagi pilihan kedua, tapi bisa menjadi pilihan penting. Platform ini juga mulai menyalip tingkat popularitas media sosial lainnya yang sudah lebih dulu eksis. Bahkan, TikTok berhasil menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di download di Playstore dan Appstore. Penggunanya sendiri sudah tersebar di lebih dari 150 negara di dunia.

Baca juga: 8 Social media marketing tools yang dapat digunakan tahun 2022

Demikian sembilan cara menambah followers yang efektif diterapkan. Tips ini bisa membantumu meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, dan pada akhirnya mendapatkan banyak followers. Satu hal yang perlu diingat bahwa kreativitas adalah faktor terpenting di TikTok. Jika kamu ingin pengguna TikTok terlibat lebih, buatlah konten yang unik dan berbeda.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

sign up EKRUT

Sumber:

  • influencermarketinghub
  • iconosquare
  • whimsysoul
  • socialinsider
  • europeanbusinessreview

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    video-marketing---EKRUT.jpg

    jobs

    5 Tips membuat video marketing yang efektif

    Maria Tri Handayani

    16 August 2022
    3 min read
    H1_Firebase.jpg

    Technology

    Firebase: Definisi, Fungsi, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    15 August 2022
    5 min read
    Sql_HL.jpeg

    Technology

    SQL: Pengertian, Manfaat, hingga 5 Daftar Pekerjaan yang Memerlukan Skill SQL

    Chey Yuanita

    15 August 2022
    5 min read

    Video