Published on

Technology

15 Cara menambah subscriber Youtube dengan cepat 2021

Maria Tri Handayani

cara-menambah-subscriber-YouTube---EKRUT.jpg

Menemukan cara menambah subscriber yang organik dan efektif penting keberlanjutan channel Youtube. Salah satu cara mengukur kepopuleran dan kesuksesan channel YouTube kamu adalah dengan melihat angka subscriber yang kamu miliki di platform tersebut. 

Lagipula semakin banyak jumlah subscriber yang kamu miliki, tentu peluang kamu untuk mendapatkan views yang lebih tinggi juga dapat semakin besar. Nah, agar bisa meningkatkan jumlahnya, ada beberapa cara menambah subscriber YouTube yang perlu kamu coba lakukan. 

Baca juga: Cara membuat Youtube channel pertama kali dan panduan optimasinya

Tentukan target penambahan subscriber Youtube di tahun pertama

Tentukan target penambahan subscriber Youtube di tahun pertama
Tentukan strategi cepat cara menambah subscriber yang tepat di awal. (Foto: Pexels) 

Salah satu metrik utama untuk mengukur kesuksesan di Youtube adalah melalui jumlah subscriber (pelanggan) yang dimiliki saluran kamu. Lebih banyak pelanggan berarti lebih banyak penayangan untuk video kamu. Sebagai pemula, tentunya kamu perlu membuat target penambahan subscriber di tahun pertama untuk mengukur apakah channel Youtube memungkinkan untuk lanjut.

Buat target yang rasional saat akan membuat konten video untuk memperkirakan jangkauan penonton yang akan menonton video. Tentukan jumlah penambahan secara periodik meningkat dari setiap periode waktu misalnya, setiap bulan harus bertambah. Kamu juga perlu memahami apakah konten video yang kamu buat adalah video dengan topik umum dengan banyak peminat atau topik khusus dengan segmen terbatas.

Menarik pemirsa awal tersebut adalah dasar kesuksesan di Youtube. Dibutuhkan upaya cara menambah subscriber terus-menerus, tetapi ada beberapa karakteristik yang dapat kamu terapkan untuk membentuk audiens baru yaitu: Targeting (penargetan audiens), Discoverability (kemudahan video untuk ditemukan, Accessibility (kemudahan akses ke konten video), Collaboration (kolaborasi kreator dan platform), dan Shareability (kemudahan untuk membagikan konten).

15 Cara menambah subscriber Youtube secara organik dan efektif

Cara menambah subscriber Youtube
Cara menambah subscriber tidak hanya dengan sering-sering mengunggah video. (Foto: Pexels)

Sering posting video berdampak besar pada jumlah subscriber karena semakin sering kamu memublikasikan video, semakin banyak orang yang menontonnya. Karenanya, kamu mendapatkan lebih banyak engagement, shares, dan likes

Namun, mendapatkan subscriber di YouTube membutuhkan lebih dari sekadar posting video. Berikut ini adalah 15 cara menambah subscriber lengkap secara organik dan efektif:

1. Buat konten yang menarik dan berkualitas

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Konten yang menarik dapat meningkatkan views dan subscriber - EKRUT

Menyajikan konten yang berkualitas dan menarik menjadi salah satu cara menambah subscriber YouTube yang efektif.  Untuk membuat konten yang berkualitas cobalah mulai dengan menentukan siapa yang menjadi audiens kamu. Cari tahu konten dan topik apa yang sesuai ketertarikan mereka. 

Kamu juga bisa menganalisis berbagai konten video yang sudah kamu unggah sebelumnya dengan melihat metrik engagement, watch time, rata-rata durasi menonton, dan retensi audiens untuk melihat topik dari video mana yang menghasilkan engagement paling tinggi. Melalui cara ini kamu bisa menemukan ide tipe konten seperti apa yang kemungkinan besar lebih berpeluang meningkatkan engagement dengan audiens dan membantu kamu mendapatkan lebih banyak subscriber.

Tambahkan pula visual pada konten agar semakin menarik, lalu gunakan hook yang menarik di setiap awal video agar mereka mau menonton dari awal hingga akhir. Setelah membuat konten yang berkualitas seperti ini maka cobalah untuk konsisten mengunggahnya secara rutin.

2. Buatlah playlist 

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Dengan playlist kamu membuat audiens menonton lebih banyak video kamu - EKRUT

Agar audiens tertarik menjadi subscriber kamu, buatlah agar mereka nyaman berada di channel kamu tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mengatur konten video kamu sedemikian rupa ke dalam playlist dengan kategori tertentu sehingga mereka pun dengan mudah dapat menonton video kamu secara berkelanjutan.

Agar  playlist yang kamu buat lebih memberi dampak yang maksimal, lebih baik kelola playlist tidak hanya berdasar topik melainkan berdasarkan hasil apa yang ditawarkan kepada audiens. Contoh, daripada membuat playlist "Tips SEO", akan lebih baik bila kamu bisa mengumpulkan semua video di channel YouTube kamu yang membahas penerapan SEO ke dalam playlist yang kamu beri judul "Cara memperoleh ranking yang tinggi di Google".

Dengan cara ini, audiens pun bisa lebih tertarik untuk menonton dan menjadi subscriber kamu karena mereka tahu tujuan dan hasil yang akan mereka peroleh dengan menonton keseluruhan playlist video di channel kamu tersebut. 

Baca juga: Mudah, ini 5 cara membuat Youtube channel dan tips lainnya

3. Rekomendasikan video lain di bagian akhir video 

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Manfaatkan bagian end screen untuk merekomendasikan video lainnya - EKRUT

Semakin tinggi keinginan audiens untuk menonton video yang kamu unggah, semakin tinggi pula kemungkinan mereka akan tertarik untuk menjadi subscriber kamu. Itu sebabnya pikirkan cara agar mereka semakin banyak menonton video yang kamu unggah di channel YouTube tersebut. Bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah dengan merekomendasikan video kamu lainnya di bagian end screen setiap video YouTube kamu. Untuk melakukan hal ini, kamu cukup sisakan 10 detik di akhir video kamu khusus untuk bagian End Screen. Lalu gunakan YouTube End Screen Editor untuk menambahkan tautan ke video terkait atau rekomendasi video lainnya. Strategi ini menjadi salah satu cara yang dapat membawa lebih banyak views dan subscriber ke channel kamu.

4. Tambahkan button subscribe pada bagian branding watermark 

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Tidak hanya dapat meletakkan logo, manfaatkan branding watermark untuk menempatkan button subscribe - EKRUT

Cara menambahkan subscriber YouTube lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan button subscribe pada bagian branding watermark video kamu. Dengan melakukan hal ini kamu memudahkan audiens untuk langsung menekan tombol subscribe ke channel kamu melalui video yang baru saja mereka tonton.

5. Optimasi kata kunci

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Tempatkan kata kunci yang relevan pada judul, tag dan deskripsi channel - EKRUT

Untuk menarik subscriber ke saluran YouTube kamu, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat video-video konten kamu dapat ditemukan terlebih dahulu. Itu artinya kamu harus membuat video dengan peringkat yang baik di laman pencarian YouTube. Lakukan optimalisasi video dan saluran YouTube kamu dengan menempatkan kata kunci yang relevan di judul, tag, deskripsi, file video, file SRT serta file thumbnail. 

Lihat pula kata kunci apa yang paling banyak memandu audiens ke video kamu dari laporan pencarian YouTube lalu tambahkan kata kunci tersebut ke metadata kamu. Selain mengoptimalkan kata kunci pada bagian-bagian ini, kamu juga bisa membuat video-video baru dengan memerhatikan kata kunci populer yang ada di YouTube. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Tools SEO YouTube terbaik

6. Buat thumbnail yang menarik 

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Gaet perhatian viewers dengan thumbnail yang menarik - EKRUT

Thumbnail yang menarik dapat mendorong orang untuk mengklik, menonton video dan pada akhirnya tertarik untuk menjadi subscriber kamu. Karena itu buatlah thumbnail kamu semenarik mungkin ya. Untuk membuat thumbnail yang menarik dan mencolok, kamu bisa menyertakan foto orang yang sedang berbicara atau dengan membedakan warna latar depan dan belakang thumbnail.

7. Buatlah trailer saluran YouTube kamu

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Buat cuplikan trailer dengan durasi singkat - EKRUT

Buat cuplikan yang memberi audiens sedikit informasi tentang apa yang ditawarkan dari channel kamu, seperti informasi tentang apa brand kamu, jenis video yang biasa kamu unggah, hingga jadwal rilis video kamu. Untuk membuat trailer channel YouTube yang menarik, ada beberapa tips lain yang bisa kamu simak: 

  • Mulai trailer dengan tagline channel kamu
  • Buat trailer hanya dengan durasi maksimal 60 detik atau kurang. 
  • Tunjukkan keunggulan kamu dalam cuplikan tersebut. Misalnya potongan video dari beragam video yang kamu telah buat. 

8. Terlibat dengan audiens

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Balaslah komentar - komentar viewers di channel YouTube kamu - EKRUT

Saat kamu berinteraksi dengan audiens kamu, itu memberikan mereka rasa kepuasan tersendiri. Ini dapat mengarahkanmu pada peluang bertambahnya subscriber menjadi lebih tinggi. Ucapkanlah terima kasih pada akhir video untuk audiens yang meluangkan waktu untuk menonton video tersebut. Dorong pula audienes untuk berkomentar atau memberi pendapat tentang video kamu, lalu balaslah komentar mereka tersebut. 

Riset menyebutkan bahwa komentar video memiliki korelasi yang kuat dengan peringkat video kamu di YouTube. Jangan mengabaikan komentar penonton karena, dari komentar mereka kamu juga bisa mendapat ide baru atau bahkan melakukan evaluasi pada konten yang dibuat. Cara lain berinteraksi dengan audiens yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan mengadakan live streaming sesekali. 

Baca juga: Intip Algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

9. Promosikan di platform lain 

cara menambah subscriber YouTube - EKRUT
Bagikan video YouTube kamu di media sosial lainnya - EKRUT

Cara menambah subscriber YouTube lainnya adalah dengan  menjangkau orang-orang yang ada di luar YouTube. Cobalah untuk mempromosikan video kamu di platform lain seperti di media sosial, forum dan blog diskusi, email marketing atau dengan cara berkolaborasi bersama channel YouTube lain. Dengan melakukan hal ini semakin besar pula peluang channel YouTube kamu  akandilihat oleh penonton dan menarik perhatian mereka agar menjadi subscriber  kamu.

10. Buat video dengan durasi 10 menit lebih

Buat video dengan durasi 10 menit lebih
Buat video dengan durasi lebih dari 10 menit sebagai cara menambah subscriber. (Foto: Pexels)

Berdasarkan studi yang dilaksanakan oleh konsultan SEO Bryan Dean dari Backlinko, video dengan durasi lebih dari 10 menit memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan video-video yang lebih pendek. Video dengan panjang rata-rata 14 menit banyak muncul pada daftar atas pencarian. Apalagi, jika kamu membuat channel dengan konten beragam panjang video lebih dari 10 menit akan cukup untuk merangkum pembukaan, isi, dan penutup konten video.

Orang-orang sering berpikiran untuk membuat video sesingkat mungkin. Namun, ternyata video pendek belum tentu membuat audiens dapat berinteraksi dengan konten secara lebih efektif. Jadi coba cara menambah subscriber dengan membuat video dengan durasi lebih dari 10 menit.

Baca juga: Begini cara kerja algoritma Youtube 2021 terbaru

11. Respon dan jawab semua pertanyaan di kolom komentar

jawab semua pertanyaan di kolom komentar
Respon komentar dengan antusias. (Foto: Pexels)

Jika kamu bisa menjalin hubungan dengan orang-orang yang menonton konten di channel Youtube-mu, mereka akan cenderung ingin terus menonton karyamu. Oleh karena itu, rajin-rajinlah memberikan respon dan menjawab pertanyaan di kolom komentar. Anggap channel Youtube sebagai komunitas, dan pastikan kamu adalah anggota aktif, bukan hanya seseorang yang mengeluarkan konten. Kamu juga bisa menciptakan interaksi dengan meminta penonton video atau subscriber untuk meninggalkan komentar.

Jika kamu rajin memperhatikan kolom komentar, audiens bisa juga akan memberimu banyak ide konten gratis. Selain bisa jadi cara menambah subscriber yang efektif, berinteraksi dalam kolom komentar juga bisa jadi saran meningkatkan kualitas konten.

12. Fokus kepada kualitas, bukan kuantitas

Fokus kepada kualitas, bukan kuantitas
Cara menambah subscriber dengan fokus pada kualitas video. (Foto: Pexels)

Hal utama yang akan membuat audiens kembali mengunjungi saluran Youtube pada akhirnya adalah konten utama video. Jangan hanya membuat banyak konten tapi mengesampingkan kualitas. Buat riset dan script yang relevan dengan topik. Jangan sampai membuat konten dengan informasi yang tidak kredibel. Perhatikan juga kualitas pengambilan gambar dan editing agar video apik dan bagus untuk ditonton. 

13. Optimasi performa SEO Youtube

Optimasi performa SEO Youtube
Cara menambah subscriber dengan optimasi SEO. (Foto: Pexels)

Cara menambah subscriber Youtube paling efektif adalah dengan memaksimalkan SEO. Agar videomu memiliki performa tampil di daftar atas mesin pencari kamu bisa melakukan cara optimasi performa SEO Youtube berikut:

  • Pilih judul dan kata kunci yang tepat, judul video adalah nama video yang membuat seseorang tahu apa yang ada di dalamnya. Pemilihan kata kunci dengan tren yang tepat akan membuat video muncul di daftar teratas.
  • Isi deskripsi video Youtube, selalu tulis deskripsi tentang isi video. Penjelasan di dua hingga tiga baris pertama sangat penting untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.
  • Sesuaikan nama file video sebelum unggah, setelah kamu menyiapkan video dan mengeditnya, pastikan kamu memberi nama video dengan format; kata_kunci.mp4. Memberi nama file video dengan fokus pada kata kunci dapat membantu mesin pencari mengenali apa yang ada di dalam video. 
  • Closed Caption (CC), CC akan menampilkan teks pada video yang bisa membantu audiens memahami narasi video dan dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa berbeda.
  • Tag dan Keyword Research, tag jadi cara penting lainnya untuk meningkatkan performa SEO di Youtube. Buatlah daftar tag yang spesifik, tulis kata kunci utama. Melakukan ini akan mempermudah algoritma membaca kontenmu. Selanjutnya, buat daftar tag umum, tulis kata kunci umum yang sesuai. 

14. Tuliskan deskripsi channel dengan lengkap dan informatif

Tuliskan deskripsi channel dengan lengkap dan informatif
Tulis deskripsi dengan jelas dan informatif. (Foto: Pexels)

Deskripsi channel merupakan bagian yang sangat penting sebagai cara menambah subscriber. Deskripsi akan menjelaskan mengenai gambaran besar dari tujuan channel Youtube-mu. Sehingga, audiens bisa mendapatkan informasi umum yang penting mengenai channel Youtube.

Format deskripsi channel Youtube yang harus memuat:

  • Informasi umum singkat mengenai channel
  • Topik utama channel
  • Tujuan channel
  • Call to action (ajakan bagi penonton untuk berlangganan atau mengeksplorasi lebih jauh konten lainnya).

15. Promosikan channel Youtube ke komunitas yang relevan

Promosikan channel Youtube ke komunitas yang relevan
Buat jejaring dengan komunitas relevan sebagai cara menambah subscriber. (Foto: Pexels)

Jika kamu membuat konten video tentang resep makanan tentu akan tidak tepat jika mempromosikannya kepada komunitas otomotif. Buat networking dengan komunitas yang sesuai dengan tema konten video.

Telusuri komunitas-komunitas yang relevan dengan konten video dan promosikan channel. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi networking list untuk mengatur saluran promosi pada komunitas-komunitas yang relevan atau berpotensi tertarik untuk berkunjung dan menonton konten videomu.

Itulah 15 cara menambah subscriber YouTube yang bisa kamu coba. Ingat, bahwa untuk mendapatkan subscriber yang banyak tentu butuh waktu dan usaha. Karena itu jangan menyerah bila saat ini subscriber kamu masih sedikit. Temukan juga lebih banyak tips-tips membuat konten di EKRUT agar channel kamu semakin berkualitas.

Lakukan evaluasi dan maksimalkan saluran YouTube kamu dengan memerhatikan beberapa tips di atas. Dengan melakukan hal ini niscaya peluang kesuksesan kamu akan semakin terbuka dan kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube yang semakin besar di kemudian harinya.

 Semangat!

Google Trends bisa jadi cara jitu untuk memaksimalkan berbagai konten SEO. Simak cara menggunakan Google Trends untuk menentukan strategi SEO yang tepat. 

cara menambah subscriber YouTube- EKRUT
Last update: 15 Juni 2021

Sumber: 

  • blog.hubspot.com 
  • simplilearn.com
  • backlinko.com
  • backlinko.com 
  • blog.hootsuite.com 
  • wordstream.com 

Tags

Share