Published on

Technology

Bagaimana Cara Mencari Grup Di Telegram? Simak Panduan Lengkapnya Di Sini!

Sartika Nuralifah

H1_Bagaimana_Cara_Mencari_Grup_di_Telegram_Simak_Panduan_Lengkapnya_di_Sini!.png

Grup Telegram adalah salah satu fitur pada aplikasi Telegram yang memberikan ruang untuk kita berdiskusi dengan banyak orang. Dalam grup Telegram, kamu dapat saling bertukar informasi dan memberikan tanggapan secara langsung tentang apa yang anggota lain sampaikan dalam grup tersebut.

Ternyata, kita dapat mencari sendiri grup yang ada di Telegram sesuai dengan minat kita. Mau tahu bagaimana cara mencari grup di Telegram? Yuk, simak terus artikel ini!

Baca juga: 7 Aplikasi alternatif WhatsApp yang patut kamu pertimbangkan

Apa itu Telegram?


Telegram adalah salah satu aplikasi chatting. Sumber: Pixabay

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pesan instan berbasis cloud sekaligus dapat menerima dan mengirim panggilan. Selain itu, Telegram juga menawarkan fitur lain yang berguna untuk menghubungkan pengguna lain yang tak terbatas oleh jarak.

Telegram dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, video, foto, audio, dokumen serta berbagai file penting lainnya. Telegram memberikan batas ukuran file sebesar 1.5GB yang memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima berbagai file dengan ukuran besar.

Baca juga: Cara menghapus akun Telegram via smartphone dan website 2022

Fungsi Telegram


Salah satu fungsi Telegram adalah membuat grup dalam kapasitas anggota yang besar. Sumber: Pexels

Selain digunakan sebagai media untuk mengirim pesan atau telepon secara digital, ada beberapa fungsi lain dari Telegram. Seperti, dapat digunakan untuk mengirim serta menerima file ukuran besar, membuat grup dalam kapasitas anggota yang besar hingga 200.000 anggota dalam satu grup yang sama, kita juga dapat mengirim pesan tanpa perlu menyimpan nomor, Telegram dapat login di banyak perangkat dan Telegram sangat menjaga privasi pengguna saat bertukar pesan.

Kelebihan menggunakan Telegram


Telegram memudahkan kamu mengirim dan menerima file dengan ukuran besar. Sumber: Pexels

Berikut ini adalah kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Telegram:

1. Dapat mengedit pesan yang terkirim

Telegram memiliki kelebihan dapat mengedit pesan yang telah terkirim. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengedit pesan yang telah terkirim kepada pengguna lain. Pesan yang sudah di edit akan otomatis berubah ketika pengguna lain menerimanya.

Jika kamu termasuk orang yang sering typo atau melakukan kesalahan dalam pengetikan, dengan Telegram hal tersebut dapat diatasi tanpa kamu harus menghapus pesannya. Cukup dengan klik tombol “Edit” maka kamu dapat mengatasi kesalahan tersebut.

2. Ruang penyimpanan tidak terbatas

Kelebihan dari aplikasi Telegram adalah memiliki ruang penyimpanan yang tidak terbatas dalam mengirim dan menerima file dengan ukuran yang besar. Penyimpanan pada aplikasi Telegram berbasis cloud sehingga dapat menyimpan berbagai file kita secara lebih aman dan rentan untuk hilang.

Baca juga: 8 Aplikasi Download Video YouTube yang Bisa Kamu Gunakan

3. Telegram memiliki fitur secret messages

Fitur secret messages pada Telegram menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini. Fitur secret messages dapat kita gunakan untuk mengirim pesan yang bersifat rahasia dan terbatas ke pengguna lain tanpa harus takut diketahui oleh pihak ketiga. Fitur secret messages ini menggunakan sistem enkripsi end-to-end yang membuat pihak ketiga tidak dapat mengetahui isi pesan kita.

4. Berbagi dan menerima file tanpa takut kualitas menurun

Kelebihan menggunakan Telegram yang terakhir adalah kita dapat berbagi serta menerima file tanpa harus khawatir kualitas file menjadi menurun. Aplikasi Telegram mampu untuk mengirim ataupun menerima file yang ukurannya besar dengan kualitas yang baik.

Misalnya, kita menerima foto dari pengguna lain yang ukurannya cukup besar, foto tersebut kualitasnya akan tetap sesuai dengan ukuran sebenarnya. Foto tersebut kita terima dengan baik tanpa buram atau pecah ketika kita zoom.

Baca juga: +10 Aplikasi pembuat logo terbaik dan mudah digunakan untuk pemula

Bagaimana cara mencari dan bergabung grup atau channel di Telegram?


Terdapat dua cara mencari grup di Telegram. Sumber: Pexels

Berikut ini adalah cara mencari dan bergabung grup atau channel di Telegram yang dapat kamu ketahui:

1. Cara mencari grup di Telegram menggunakan mesin pencari Google

Cara mencari grup di Telegram yang pertama adalah dengan menggunakan Google. Salah satu kelebihan dari Telegram dibandingkan aplikasi pesan lainnya adalah ketersediaan grup bagi pengguna mana pun yang ingin bergabung di dalamnya. Setiap pengguna dapat mencari grup mana saja sesuai dengan minat kita.

Berikut adalah cara mencari grup di Telegram dengan menggunakan Google:

  • Buka Google
  • Pada kolom pencarian, ketik site:t.me (spasi) tema grup. Misalnya, kamu ingin mencari grup yang berisi informasi film, maka format pencariannya adalah site:t.me film.
  • Lalu, akan muncul hasil pencarian grup yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu masukkan di kolom pencarian tadi. Selanjutnya, pilih grup yang menurutmu paling menarik.
  • Selanjutnya, akan muncul notifikasi untuk membuka pencarian melalui aplikasi. Pilih View in Telegram. Nanti akan muncul hasil pencarian berupa grup, jumlah anggota dan akun media sosial.
  • Pilih Join Grup.
  • Jika kamu berhasil masuk, kamu akan melihat isi grup, nama anggota, dan chat yang pernah ada di dalam grup tersebut.

Baca juga: 5 Komunitas developer Indonesia yang membantu skills dan kariermu

2. Cara mencari grup di Telegram menggunakan aplikasi Telegram di smartphone

Cara mencari grup di Telegram yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Telegram yang ada di smartphone. Namun, cara mencari grup di Telegram dengan menggunakan smartphone ini hasil pencariannya tidak sebanyak jika kita mencari grup melalui Google. Kebanyakan, hasil yang ditampilkan adalah grup-grup yang berbayar.

Bagi kamu yang ingin tahu cara mencari grup di Telegram menggunakan aplikasi Telegram di smartphone, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Telegram. Kamu dapat mengunduh aplikasi Telegram di Google Play Store.
  • Klik ikon tiga garis yang ada di sudut sebelah kiri. Lalu, klik Kontak.
  • Pilih menu Cari Pengguna Sekitar yang terletak di bawah menu Undang Teman. Scroll kebawah sampai kamu menemukan berbagai macam grup yang tersedia.
  • Pilih grup yang kamu minati. Lalu, klik Bergabung.
  • Jika prosesnya berhasil, kamu akan melihat isi grup. Scroll ke atas untuk melihat isi obrolan sebelum kamu bergabung.
  • Selesai.

Itulah cara mencari grup di Telegram. Kita sebagai pengguna dapat mencari grup dan mendapatkan informasi yang ingin kita cari tanpa harus menunggu undangan atau mendapatkan tautan langsung dari admin. Kita dapat menemukan sendiri grup yang kita inginkan dan bergabung dengan grup yang kita inginkan. Jangan lupa untuk tetap menaati peraturan dan kebijakan yang berlaku di grup, ya!

Memiliki aplikasi Telegram sangat bermanfaat dalam proses pencarian kerja, lho! Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja lainnya? Kamu bisa cari informasi selengkapnya di EKRUT! Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk sign up di EKRUT sekarang! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Selain artikel-artikel di EKRUT Media, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan, career insight, serta tips bermanfaat seputar dunia kerja melalui YouTube EKRUT Official.

Sumber:

  • carisinyal.com
  • metroandalas.co.id
  • jakartastudio.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_metadata_adalah.jpg

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read