Published on

Careers

Cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking

Maria Tri Handayani

cara-mendapatkan-kerja-via-email-dengan-bantuan-networking---EKRUT.jpg

Ketika mencari pekerjaan, meminta bantuan pada orang-orang dalam networking kamu adalah salah satu jalan keluar. Namun, di saat banyaknya industri yang terkena dampak pandemi seperti ini kamu mungkin sedikit ragu untuk meminta bantuan mereka. 

Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan networking untuk mencari pekerjaan di tengah Covid-19. Hanya saja akan lebih baik bila kamu menjangkau mereka dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan menghubungi mereka melalui email. 

Bagaimana cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking tersebut? Simak beberapa tips berikut. 

3 Aturan meminta bantuan networking selama pandemi melalui email

cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking - EKRUT
Jangan terkesan memaksa saat meminta bantuan networking untuk pencarian kerja - EKRUT

Sebelum mulai menghubungi orang-orang dalam networking kamu untuk mendapatkan kerja via email, pastikan kamu memerhatikan beberapa aturan ini. 

1. Tulus dan berempati itu perlu 

Kamu tidak selalu tahu apakah orang-orang dalam networking kamu terkena PHK, sedang cuti, terkena pemotongan gaji saat pandemi, atau tengah menghadapi kecemasan dan tantangan kesehatan mental lain. Kecuali kamu memang terus menjaga hubungan dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, jadilah pribadi yang tulus, asli, dan berempati. Hindari langsung menghubungi dengan pertanyaan yang meminta bantuan mereka untuk mencari pekerjaan untukmu. 

Mulailah setiap email dengan pertanyaan yang sungguh-sungguh dan sepenuh hati tentang mereka. Tanyakan bagaimana kabar mereka, apa yang sedang mereka lakukan atau mulailah percakapan dengan membahas pengakuan atas waktu yang pernah kamu lalui bersama. 

Buatlah pesan yang lebih personal dan ciptakan percakapan sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan seberapa jauh kamu mengenal mereka. 

2. Lebih spesifik 

Orang akan lebih mungkin membantu ketika mereka tahu persis apa yang mereka dapat lakukan untuk memenuhi permintaanmu. Sebab mereka bisa saja ingin membantu tapi tahu apa yang kamu harapkan dari mereka. 

Alih-alih hanya sekadar meminta pekerjaan, cobalah bertanya seperti “bisakah kamu memberitahu saya lebih banyak tentang bekerja di industri ini”, atau tanyakan “bisakah kamu memperkenalkan saya pada rekan kerja kamu yang merekrut peran ini”.

Pertanyaan ini lebih konkret dan dapat dengan mudah dijawab dengan ya atau tidak. Pasalnya, mereka memiliki gagasan tentang jenis bantuan apa yang kamu cari. Dari situ pula mereka dapat menawarkan lebih banyak saran kepadamu. 

Selain itu cobalah mencari tahu apa yang kamu inginkan dari pekerjaan kamu berikutnya sebelum menghubungi koneksi dalam network kamu. Mengetahui apa yang kamu inginkan beserta kesesuaian nilai dan solusi yang kamu tawarkan pada perusahaan dapat memudahkan kontak kamu untuk mengadvokasi bila dibutuhkan. 

3. Sabar 

Ini bukan saatnya untuk menekan atau memburu orang atas respon yang lambat. Jika kamu belum mendengar kabar setelah satu hingga dua minggu, kamu bisa menanyakan kelanjutannya lagi secara sopan.

Namun jika kamu tidak mendapatkan jawaban, jangan tersinggung dan cobalah untuk mencari bantuan lainnya. Jika kamu mengenalnyadengan baik, cobalah hubungi mereka sebagai teman, bukan sebagai pencari kerja yang meminta bantuan.

Siapkan pula diri untuk kemungkinan menjangkau lebih banyak orang untuk membantumu mencari pekerjaan saat Covid-19. 

Baca juga: 12 Cara membangun networking untuk menunjang karier

Template email meminta bantuan mencari kerja selama Covid-19 

cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking - EKRUT
Tanyakan kabar saat mengirimkan email pada orang-orang dalam networking kamu - EKRUT

Berikut adalah beberapa template yang bisa kamu jadikan panduan saat harus menghubungi koneksi untuk meminta bantuan mencari kerja selama Covid-19. 

Template 1: Meminta seseorang untuk memperkenalkan kamu dengan orang terkait

Terkadang kamu menemukan seseorang yang ingin dihubungi terkait suatu pekerjaan, perusahaan atau industri. Namun kamu menyadari bahwa ada orang dalam koneksimu yang ternyata sudah mengenal pihak tersebut. 

Gunakan contoh template email ini untuk meminta bantuan koneksi tersebut untuk menghubungkan kamu dengan orang yang ingin kamu kenal itu. 

Hai (nama), 

Apa kabar? Saya harap kamu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat ya.  Saya (ceritakan kabarmu atau apa yang tengah kamu lakukan selain mencari pekerjaan).

Saya menghubungi kamu hari ini karena ada permintaan yang ingin saya sampaikan. Baru-baru ini saya diberhentikan dari perusahaan karena dampak Covid-19 dan saya sedang mencari pekerjaan baru sebagai (sebutkan posisi) di (sebutkan perusahaan). 

Saya perhatikan kamu mengenal (nama orang yang ingin kamu kenal) dan saya berharap kamu mau menghubungkan saya dengan dia. Karena saya yakin kamu tahu (nama orang yang ingin kamu kenal) memiliki banyak pengalaman dan wawasan tentang (bidang yang kamu minati atau pekerjaan yang kamu incar). Saya ingin bisa terhubung dengan dia sehingga saya dapat menanyakan beberapa pertanyaan terkait hal tersebut. 

Apakah kamu bersedia mengirim email singkat untuk memperkenalkan kami berdua? Saya akan sangat menghargainya. Saya juga melampirkan resume saya jika memang dibutuhkan. Jangan ragu untuk meneruskannya.
 
Terima kasih sebelumnya atas bantuan yang dapat kamu berikan dan beritahu saya jika ada hal bisa saya lakukan untuk membalas budi (bagian ini bisa kamu personalisasi sesuai dengan harapanmu terhadap orang tersebut di masa pandemi ini). 

Best regards, 
nama

Template 2: Menanyakan pekerjaan atau perusahaan tertentu kepada koneksi

Salah cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking adalah menanyakannya langsung pada koneksi kamu yang masih bekerja atau memiliki pengalaman di perusahaan yang kamu incar. Tanyakan kepada mereka dengan menggunakan template seperti ini.

Hai (nama), 
Apa kabar? Saya harap kamu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat ya.  Saya ( ceritakan kabarmu atau apa yang tengah kamu lakukan selain mencari pekerjaan saat ini ).
 
Saya menghubungi hari ini karena saya lihat (sebut nama perusahaan) sedang mencari lowongan untuk posisi (sebut posisi) dan saya tahu kamu (masih bekerja atau pernah bekerja di perusahan tersebut). 

Saya saat ini sedang mencari peluang baru karena sayangnya saya baru diberhentikan karena covid-19. Saya pikir (sebut posisi atau perusahaan tersebut) akan cocok untuk saya.  

Saya (sebut posisi terakhir) dan sangat ahli dalam ( tunjukan keunggulan kamu untuk pekerjaan tersebut). Di perusahaan terakhir saya bahkan (jelaskan pencapaian). Dalam peran berikutnya saya mencari (jelaskan deskripsi pekerjaan yang selaras dengan apa yang kamu cari).

Saya bertanya-tanya apakah kamu bersedia berbicara dengan saya tentang (posisi yang sedang dibuka ) atau mengenal orang lain yang dapat saya hubungi untuk masalah ini. Untuk referensi, saya menemukan lowongan pekerjaan tersebut dari (tautan ke postingan lowongan kerja). 

Selain itu, jika kamu mendengar bukaan lain yang mungkin cocok, saya akan sangat senang jika kamu dapat memberitahukannya kepada saya. Berikut saya lampirkan juga resume saya. Jangan ragu untuk meneruskannya kepada siapa pun di dalam atau luar (nama perusahaan). 

Terima kasih sebelumnya atas bantuan yang dapat kamu berikan dan beri tahu saya jika ada yang bisa saya lakukan untuk membalas budi. 
Best regards, 
nama

Baca juga: 9 Kesalahan umum saat mengirim email

Template 3: Meminta informasi soal pekerjaan, perusahaan atau industri dari orang yang belum kamu kenal 

Kamu dapat menghubungi orang yang kamu anggap memiliki informasi terkait pekerjaan atau industri yang menarik perhatianmu dengan mengirimkan email seperti. 

Halo (nama), 

Perkenalkan nama saya  (nama). Saya menghadiri webinar Anda di (sebut nama event) beberapa waktu lalu. Saya harap Anda dan keluarga tetap baik-baik saja di masa sulit ini ya. 

Saya adalah (sebutkan profesi, pengalaman) dengan keahlian (sebut keunggulan kamu) yang sedang mencari pekerjaan (sebut posisi) di (Sebut perusahaan atau industri yang ingin kamu kenal). Saya tahu Anda punya banyak pengalaman di bidang ini.

Saya ingin terhubung dan mendapatkan perspektif tentang bekerja di peran (sebut posisi) / belajar tentang  bagaimana rasanya bekerja di perusahaan anda/ mendapatkan saran tentang cara masuk ke industri tersebut. 

Apakah saya bisa mengobrol singkat lewat telepon atau video dengan Anda? Saya tahu Anda pasti sibuk, tapi saya menghargai bahkan 15 atau 20 menit dari waktu anda. 

Terimakasih sebelumnya. Saya harap anda selalu baik-baik saja. 
Hormat saya, 
nama

[Bonus] Template 4: Meminta bantuan dari orang-orang dalam networking kamu di media sosial 

Beberapa waktu belakangan banyak orang menggunakan media sosial sebagai cara menjangkau networking ketika pandemi ini. 

Mereka menggunakan media sosial dengan menceritakan situasi yang tengah mereka alami dan meminta bantuan secara luas kepada pembaca yang melihat unggahan mereka. Tidak ada yang salah dengan hal ini sebab banyak orang berada dalam situasi yang sama, dan koneksi kamu tentu akan membantu kamu jika mereka bisa. 

Untuk membuat unggahan di media sosial kamu bisa menggunakan contoh seperti ini:

Halo semua, 

Seperti yang anda ketahui, (saya baru-baru ini diberhentikan dari posisi terakhir saya sebagai.... di ... karena dampak virus corona. Saya adalah (pekerjaan dan pengalaman kerja) dengan keahlian dalam (sebut keunggulan) dan tengah mencari pekerjaan (jenis posisi) di perusahaan (industri). 

Di pekerjaan terakhir saya, saya (sebut tanggung jawab atau pencapaian di perusahana terakhir). 

Saya tahu bahwa banyak perusahaan sedang tidak membuka lowongan pekerjaan saat ini, namun jika Anda mengetahui lowongan pekerjaan yang mungkin cocok untuk saya, jangan ragu untuk meneruskannya kepada saya. 
Terima kas
ih 

Meminta bantuan pada koneksi memang dikenal sebagai salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk mencari pekerjaan. 

Meski situasi yang tengah tidak pasti saat ini membuat kamu merasa ragu meminta bantuan koneksi dalam networking untuk mencari kerja, namun tidak ada salahnya untuk tetap mencoba cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking seperti ulasan di atas. 

Mungkin kamu akan menemukan bantuan dan saran dari orang-orang dalam networking kamu. Kalau pun mereka tidak dapat membantu secara langsung,  setidaknya kamu tetap bisa membangun hubungan dengan mereka lebih kuat, bukan?

cara mendapatkan kerja via email dengan bantuan networking - EKRUT

Sumber: 

  • themuse.com
  • fastcompany.com
     

Tags

Share