Published on

Technology

Cara mengaktifkan OK Google dan mengatasinya jika bermasalah

Tsalis Annisa

cara-mengaktifkan-ok-google-EKRUT.jpg

Adanya Google Assistant memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai fungsi yang terdapat dalam telepon genggam hanya dengan mengucapkan perintah, “OK, Google.” Namun, sudahkah kamu mengetahui cara mengaktifkan OK Google?

Setelah diaktifkan, kamu bisa menggunakan fitur voice command pada Google Assistant untuk menjalankan hampir semua fungsi dan aplikasi pada smartphone tanpa perlu menekan menu apa pun. Keunggulan inilah yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. 

Cara mengaktifkan OK Google

cara untuk mengaktifkan OK Google - EKRUT
Cara mengaktifkan OK Google yang pertama adalah dengan aktifkan fitur voice search - EKRUT

Pertama-tama, kamu perlu mengaktifkan fitur voice search pada Google Assistant sebelum bisa menikmati fungsinya. Pilihan untuk menyalakan fitur ini biasanya muncul secara langsung pada ponsel Android, tapi kamu juga bisa mengaktifkannya dengan cara berikut:

  • Bukalah App Drawer, kemudian bukalah aplikasi Google. Tekan menu More pada sudut layar, lalu bukalah menu Settings. Pengaturan voice search Google juga dapat diakses melalui menu Settings > Google > Search.
  • Tekan Voice > Voice Match, lalu nyalakan Access with Voice Match. Kamu juga bisa membuat OK Google berfungsi saat ponsel terkunci dengan menyalakan tombol Unlock with Voice Match.
  • Ikuti instruksi yang tersedia hingga ponsel dapat mengenali suaramu. 
  • Jika ponselmu tidak menanggapi perintah suara yang diberikan, tekanlah pilihan Retrain voice model atau Delete voice model. Ulangi proses pengenalan suara hingga berhasil.

Cara menggunakan OK Google sangat mudah, kamu cukup mengatakan, “OK, Google,” dan Google akan menjalankan fungsi yang kamu perintahkan. Jika Google tidak dapat mendeteksi perintah suara dengan tepat, kamu dapat mengetikkan perintah terebut dalam kolom yang tersedia.

Baca juga: Cara mengaktifkan dan menggunakan google voice

Beragam fungsi yang dapat dijalankan oleh OK Google

fungsi fitur OK google - EKRUT
OK Google dapat membantu dalam mengakses beberapa perangkat hingga memberikan navigasi - EKRUT

Setelah mengetahui cara mengaktifkan OK Google, kini kamu bisa bereksperimen dengan berbagai fungsi yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan OK Google:

1. Mengirim pesan, email, dan menelepon

Google Assistant dapat menelepon, mengirim pesan, serta mengirim email kepada siapa pun dalam daftar kontak. Caranya, ucapkan, “OK, Google,” lalu ucapkan perintah “hubungi” atau “call” diikuti kontak yang dituju.

Saat hendak mengirim pesan, kamu hanya perlu mengganti perintahnya dengan “text”. Sementara untuk mengirimkan email, gantilah perintahnya dengan “email” atau “send email” diikuti kontak penerima.

2. Melakukan navigasi

Kamu dapat mengetahui lokasi saat ini dengan mengucapkan perintah “where am I?”. Saat mencari alamat atau tempat, gunakan perintah “directions to”, “navigate to”, “how to get to”, atau “cara ke” jika menggunakan Bahasa Indonesia.

OK Google juga bisa digunakan saat kamu mencari transportasi umum. Gunakan perintah “walking directions to” atau “transit directions to” jika kamu berjalan kaki. Kamu pun bisa mengetahui jadwal keberangkatan bus atau kereta dengan perintah “next train/bus to”.

3. Membuat pengingat

OK Google dapat membuat pengingat dengan perintah “set a reminder” atau “remind me to” diikuti nama acara. Google kemudian akan meminta kamu untuk melengkapi tanggal dan waktu acara.

Bahkan, kamu bisa menjalankan fungsi yang lebih unik. Misalnya untuk memberi makan kucing saat tiba di rumah atau menghadiri meeting begitu tiba di kantor. Pastikan kamu sudah mengatur alamat rumah atau kantor sebelum melakukannya.

4. Membuka aplikasi atau situs 

Ini merupakan salah satu fitur Google Assistant yang paling sederhana. Caranya, cukup ucapkan perintah “open” diikuti nama aplikasi atau situs yang hendak kamu kunjungi.

Kamu juga dapat mengunjungi suatu alamat situs spesifik dengan perintah suara “go to” diikuti URL situs tersebut. Cara ini akan menghemat banyak waktu karena kamu tidak perlu membuka mesin pencarian terlebih dulu.

5. Menerjemahkan bahasa 

Kini, kamu tidak lagi harus mengunjungi laman Google Translate untuk menerjemahkan suatu kata. Google Assistant dapat membantu kamu hanya dengan perintah suara “translate to” diikuti bahasa yang kamu inginkan.

Selain itu, Google juga dapat mengucapkan kata atau kalimat yang kamu terjemahkan berikut frasa yang terkait. Pastikan kamu sudah memasang aplikasi Google Translate di telepon genggam sebelum menggunakannya.

Kelima fungsi di atas bahkan belum mencakup semua fungsi yang dapat dijalankan oleh Google. Teknologi kecerdasan buatan memungkinkan Google untuk berkembang dengan cara mempelajari perilaku penggunanya. 

Agar manfaatnya lebih terasa optimal, kamu tinggal menyesuaikannya dengan kegiatan dan kebutuhan sehari-hari. Bila perlu, siapkan aplikasi, template, atau hal sejenisnya yang berkaitan dengan aktivitasmu.

Lalu, bagaimana jika fitur OK Google bermasalah?

fitur ok google bermasalah - EKRUT
Jika fitur OK Google bermasalah, cobalah untuk melihat pengaturan bahasa pada perangkatmu - EKRUT

Meski fitur ini memiliki banyak fungsi yang tentunya bermanfaat, ada saja beberapa keluhan mengenai OK Google yang bermasalah. Jika kamu juga mengalaminya, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. 

1. Cek pengaturan bahasa

Salah satu hal yang bisa menyebabkan fitur ini bermasalah adalah, pengaturan bahasa. Perlu kamu ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa default dari fitur OK Google. Jadi, pastikan kamu sudah menggantinya. 

Caranya, klik Google apps, lalu pada main menu, pilih Settings, lalu klik Voice. Setelah itu, pilihlah bahasa yang sesuai dengan kamu pada bagian menu Voice

2. Pastikan kamu terhubung dengan internet

OK Google memerlukan internet untuk dapat bekerja. Jadi, pastikan kamu memeriksa apakah telepon genggam kamu terhubungan dengan jaringan internet atau tidak. 

3. Pastikan microphone tidak rusak

Fitur ini tentunya sangat berkaitan dengan microphone. Jadi, pastikan bahwa kamu microphone pada telepon genggam kamu tidak bermasalah, ya

Selain beberapa hal di atas, jika kamu menggunakan handphone Samsung, pastikan kamu sudah menonaktifkaan Bixby atay S Voice. Pasalnya, Googlle Assistant terkadang tidak cocok dengaan Bixby. 

Baca juga: Mengapa voice assistant sering pakai suara perempuan?

Mengetahui cara mengaktifkan fitur OK Google dapat memberikan kamu beragam manfaat dan bisa memudahkan kamu dalam beraktivitas. Jika kamu bermasalah dalam menggunakannya, cobalah terapkan langkah di atas. 

daftar EKRUT

Last update: 9 March 2021

Sumber:

Tags

Share