Published on

Technology

8 Cara mengatasi wifi lemot dan penyebabnya

Nur Lella Junaedi

cara-mengatasi-wifi-lemot-EKRUT.jpg

Keadaan wifi lemot seringkali membuat orang jengkel, apalagi jika ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan menggunakan koneksi internet. 

Untuk mencari solusinya, kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi wifi lemot seperti ulasan di bawah ini. Namun, sebelum itu sebaiknya kamu mengetahui dulu penyebab kenapa sambungan wifi menjadi lemot. 

Penyebab kenapa wifi menjadi lemot  

cara mengatasi wifi lemot EKRUT 
Salah satu penyebab wifi lemot adalah karena terhalang oleh dinding atau lemari - EKRUT

Ketika sinyal wifi menjadi lambat, jangan langsung menyalahkan providernya. Kamu bisa mengidentifikasi keadaan itu lewat beberapa penyebab di bawah ini.

  • Penyebab wifi lemot karena terdapat penghalang 

Sinyal wifi tidak dapat menembus dengan baik lemari atau dinding. Semakin banyak dinding yang dilalui maka kecepatan wifi akan semakin lemah. Hal ini karena bahan konstruksi seperti reng, plester, atau kayu bertindak sebagai penghalang sinyal wifi. 

Kamu mungkin pernah mengalami susah sinyal saat berada di toilet gedung perkantoran atau terowongan, hal itu terjadi karena alasan serupa. 

  • Jarak antara router dan perangkat keras terlalu jauh 

Jarak router yang jauh dengan perangkat keras juga akan membuat sinyal wifi menjadi lemot, begitupun sebaliknya. Belum lagi bila mempertimbangkan penghalang dari sinyal wifi tersebut seperti dinding atau kayu.

  • Tidak mendukung perangkat keras yang canggih 

Bisa jadi penyebab wifi lemot lainnya berasal dari wifi yang tidak mendukung perangkat keras yang telah memiliki kecepatan tinggi. 

Pasalnya beberapa pabrikan smartphone atau laptop telah memodifikasi perangkat mereka menjadi lebih canggih dan mendukung koneksi internet yang lebih cepat. 

Sayangnya, kecanggihan ini timpang dengan kondisi dari wifi yang belum mendukung sistem tersebut.

  • Terlalu banyak bandwidth atau aktivitas yang berat 

Penggunaan bandwidth yang lebih besar contohnya seperti mengunduh file, film, bermain games, melakukan video streaming akan memperlambat konektivitas wifi. Apalagi bila wifi tersebut digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

  • Adanya perangkat lain yang mengganggu 

Beberapa perangkat bisa menyebabkan kecepatan wifi menjadi lemot, misalnya telepon nirkabel, microwave, CCTV wireless, baby monitor atau speaker nirkabel. Pasalnya, perangkat tersebut bekerja pada frekuensi yang sama pada wifi standar 2.5 GHz.

Selain lima penyebab di atas, ternyata masih ada beberapa penyebab lain kenapa wifi lemot seperti karena gangguan dari wifi lain, wifi yang lama tidak di reboot dan sebagainya. 

Baca juga: Sayangi laptop Anda, agar tak cepat rusak

Cara mengatasi wifi lemot 

cara mengatasi wifi lemot EKRUT 
Ada 8 upaya yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi wifi lemot - EKRUT

Berangkat dari lima penyebab di atas, maka untuk membantu mempercepat koneksi internet, kamu bisa melakukan beberapa cara di antaranya:

1. Cara mengatasi wifi lemot dengan memindahkan router ke dekat perangkat keras 

Melakukan relokasi atau pemindahan router ke posisi yang lebih dekat dengan perangkat keras bisa menanggulangi lemotnya wifi. Atau kalau tidak, cobalah bekerja di dekat area router wifi itu terpasang untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. 

2. Letakkan router di tempat yang lebih tinggi dan tidak terhalangi 

Lantaran sinyal wifi tidak cukup baik bekerja menembus bahan konstruksi, maka sebaiknya letakkan router di tempat yang tidak terhalang oleh dinding atau kayu. 

Selain itu, jangan tempelkan router di tempat yang lebih rendah karena akses sinyalnya akan terbatas. Sebaliknya, letakkanlah router di tempat yang lebih tinggi agar sinyal wifi bisa bergerak leluasa.

3. Restart router 

Melakukan restart pada router bisa menjadi salah satu cara mengatasi wifi lemot. Kamu hanya perlu mematikan router selama 1 menit lalu menyalakannya kembali. 

Di samping melakukan pengaturan ulang terhadap router, proses restart ini juga bisa kamu terapkan di perangkat keras. Lantaran beberapa permasalahan wifi lemot juga kerap berasal dari sana. 

4. Matikan aktivitas bandwidth yang besar di perangkat keras 

Untuk mengetahui aktivitas mana yang menyedot bandwidth paling besar, kamu bisa mengeceknya di laptop dengan membuka bagian task manager. Saat tampilan task manager terbuka, pilihlah bagian network

Di sana akan diketahui aktivitas online mana yang menyedot bandwidth paling banyak. Laku klik kanan dan pilih end task untuk mengakhiri aktivitas tersebut. 

5. Coba gunakan server DNS 

Saat mengetik alamat situs di browser, komputer akan menggunakan server DNS untuk mencari dan menerjemahkannya menjadi alamat IP yang ramah komputer. Tetapi seringkali server yang digunakan di komputer ini bermasalah atau mati total. 

Solusinya kamu bisa menggunakan server DNS dari Google DNS, Cloudflare atau utility Namebench untuk mengecek server mana yang lebih cepat di lokasimu. 

6. Coba gunakan web dengan koneksi yang lebih hemat

Bila kamu benar-benar harus bekerja menggunakan internet sementara browser yang kamu gunakan mesti mendukung kecepatan internet yang tinggi maka, cara mengatasinya adalah dengan memilih alternatif browser lain. 

Browser yang dimaksud adalah browser yang mendukung koneksi yang lebih hemat menyedot data. 

Beberapa contoh browser tersebut seperti Opera Mini melalui fitur Opera Turbo-nya, kemudian Chrome juga bisa bekerja lebih hemat melalui fitur lite mode. 

7. Pertimbangkan menggunakan kabel ethernet

Telah disebutkan di atas bahwa, kecanggihan salah satu perangkat akan berdampak pada lemahnya sinyal wifi. Tidak boleh ada yang mendominasi, lebih buruk, atau lebih kuno dari perangkat lainnya untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. 

Bila itu terjadi, pertimbangkan untuk menggunakan saluran langsung dari kabel ethernet ke perangkat keras kamu, karena kecepatan kabel hampir selalu lebih cepat dari sinyal wifi. 

8. Pilih saluran wifi yang tepat

Seringkali penyebab wifi lemot berasal dari saluran wifi yang tumpang tindih. Bila kamu menggunakan pita 2.4 GHz ada sekitar 11 saluran yang bisa kamu pilih. 

Akan tetapi disarankan kamu hanya memilih saluran 1, 6, 11 karena biasanya saluran ini tidak tumpang tindih. Sementara itu, bila kamu menggunakan pita 5 GHz kamu bisa memilih saluran 36, 40, 44 dan 48. 

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penganalisis dari Netspot untuk mengetahui saluran mana yang sebaiknya kamu pilih.

Baca juga: 5 teknologi online ini permudah kebutuhan manusia

Itulah 8 cara mengatasi wifi lemot yang bisa kamu coba. Bila dengan delapan cara di atas tidak membantumu juga, maka menghubungi layanan servis bisa jadi pilihan terbaik yang bisa kamu pilih. 

Biasanya perusahaan penyedia Internet Service Provider (ISP) selalu memiliki layanan yang bisa datang ke rumahmu untuk memperbaiki wifi yang bermasalah. 

cara mengatasi wifi lemot EKRUT

Sumber: 

  • sparklight
  • hellotech
  • beebom
  • lifehacker
 

Tags

Share