Published on

Careers

Wajib Tahu, Inilah 15 Cara Menghafal dengan Cepat yang Efektif!

Arin Khurota

0-cara-menghafal-dengan-cepat.jpg

Belajar adalah proses yang berkesinambungan. Sebagaimana kita tahu bahwa bagi sebagian orang, menghafal adalah hal yang sulit dilakukan. Namun, sebetulnya menghafal bukan hal yang susah apabila kamu menggunakan strategi yang tepat. Faktanya, kebanyakan orang tidak menggunakan strategi apapun, melainkan hanya mencoba menghafalnya dengan metode umum yang biasa. Dalam menghafal ada beberapa strategi yang dapat kamu terapkan untuk lebih mudah mengingatnya.

Baca juga: 10 Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah untuk Pemula

15 Cara menghafal dengan cepat yang efektif


Terapkan strategi menghafal dengan cepat yang efektif (sumber: pexels)

Jika kamu ingin belajar cara menghafal sesuatu dengan cepat dan mudah, kamu harus memiliki strategi. Berikut adalah tips tentang cara menghafal cepat yang akan kamu pelajari dalam artikel ini.

1. Menemukan lingkungan yang tepat

Memilih lingkungan yang tepat dapat membantumu lebih mudah dalam menghafal. Sebagian besar orang mungkin akan memiliki tempat yang tenang dengan sedikit gangguan, sementara yang lain senang belajar di tempat umum. Tentukan kondisi tempat yang seperti apa yang sesuai untuk dirimu.

2. Lakukan pengulangan informasi

Pengulangan informasi akan membantumu lebih mudah dalam menghafal sesuatu. Dengan mengulang-ulang informasi, maka otak dapat melakukan perekaman sehingga kamu lebih mudah mengingatnya.

3. Pahami gaya belajar kamu

Untuk dapat memahami cara menghafal dengan cepat, ada baiknya kamu memiliki pemahaman dasar mengenai cara terbaik untuk menafsirkan dan menyerap pengetahuan baru.

Sekarang, ada empat gaya belajar utama yang biasanya disebut dengan singkatan VARK, yaitu:

  • Visual
  • Auditory (pendengaran)
  • Reading/writing (membaca/menulis)
  • Kinesthetic (kinestetik)

Tentukan gaya belajar mana yang kamu sukai. Misalnya, kamu adalah seorang penulis, maka tentu gaya belajar reading/writing kemungkinan besar cocok untuk kamu terapkan.

4. Pelajari 3R untuk menghafal

Ada tiga langkah yang menjadi dasar cara menghafal dengan cepat dan mudah, yaitu 3R menghafal. Tiga langkah ini adalah strategi yang kamu butuhkan untuk belajar menghafal dengan cepat. Berikut cara kerjanya:

  • Registrasi: Langkah pertama adalah merekam memori baru dalam pikiran dengan tujuan untuk menyimpannya dalam memori jangka panjang. Untuk mempelajari cara menghafal dengan cepat, ada baiknya berlatih teknik perekaman yang efektif.
  • Retensi: Pada tahap ini, kamu bekerja untuk menyimpan informasi di otak dan memindahkannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang sehingga dapat mengingatnya nanti.
  • Remember: Pada tahap akhir menghafal, kamu dapat menggunakan teknik untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam pikiran.

Orang-orang mengacu pada langkah-langkah ini dengan cara yang berbeda. Misalnya, beberapa orang menyebutnya "encode, store, and retrieve", tetapi prinsip dasarnya sama.

Kebanyakan tips menghafal melewatkan satu atau lebih dari langkah-langkah ini. Misalnya, pengulangan dapat membantu retensi. Namun, membaca sesuatu berulang-ulang tidak melakukan apapun untuk menyandikan informasi ke dalam pikiran dengan sengaja. Singkatnya, untuk mempelajari cara menghafal lebih cepat, kamu mungkin perlu menggunakan prinsip '3R'.

5. Hafalkan dengan menulis

Bagi sebagian orang menulis dapat membantu menghafal dengan lebih cepat. Meskipun cara menghafal dengan cepat ini tetap bergantung pada tipe gaya belajar yang cocok untuk masing-masing orang. Dengan mencatat apapun yang telah dipelajari pasti akan membantu menghafalnya dengan cara yang lebih baik. Kamu dapat menuliskan esai dengan poin-poin penting yang kamu ingat setelah membacanya. Dengan cara ini, kamu akan menghemat waktu ekstra selama ujian. Selain itu, kamu juga dapat berlatih mempelajari rumus-rumus penting melalui metode ini.

6. Membagi catatan

Langkah selanjutnya untuk dapat lebih mudah menghafal adalah membagi catatan menjadi beberapa bagian. Cara menghafal dengan cepat ini dapat menjadi metode yang bagus untuk pelajar visual, terutama jika suatu kode warna digunakan untuk membedakan antar bagian. Cara ini akan membantumu memecahkan berbagai poin dalam informasi dan otak akan mengingatkan berdasarkan kelompok informasi yang ditangkap.

7. Belajar di waktu yang tepat

Sering kali waktu yang kita gunakan untuk belajar memengaruhi kemampuan kita dalam menghafal. Beberapa orang merasa lebih mudah menghafal ketika malam hari, sedangkan sebagian yang lain merasa lebih baik saat pagi atau siang hari. Cara menghafal dengan cepat adalah kamu dapat memiliki waktu yang tepat. Dengan memilih waktu di mana pikiran bekerja paling baik dan dapat berkonsentrasi paling banyak, maka selanjutnya hasilnya lebih baik untuk belajar.

Baca juga: Panduan cara belajar SEO untuk pemula

8. Kaitkan satu hal dengan hal lain

Mungkin kamu akan cukup kesulitan apabila mencoba terus mengingat sesuatu hal yang benar-benar baru. Oleh karena itu, salah satu cara menghafal dengan cepat adalah dengan mengaitkan informasi dengan suatu hal yang mudah diingat. Kamu dapat menghubungkan topik atau konsep dengan fenomena kehidupan sehari-hari atau sesuatu yang telah kamu pelajari sebelumnya. Teknik ini akan membantumu mengingat dengan lebih baik.

9. Hindari multitasking

Satu hal pada satu waktu adalah kunci untuk mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Jangan melibatkan pikiran lain saat menghafal. Saat berlatih belajar, kamu harus berusaha untuk memusatkan pikiran pada satu topik saja.  Melakukan berbagai kegiatan sambil belajar atau menghafal, seperti menggulir media sosial, menunda-nunda, mempelajari dua topik bersama, dan lain-lain tidak akan pernah menghasilkan retensi yang menyeluruh.

Sebaliknya, pikiran kamu pada akhirnya akan mencampur apa pun yang telah dipelajari sampai sekarang. Maka dari itu, untuk menemukan jawaban tentang cara menghafal cepat, kamu harus mempersiapkan langkah demi langkah dan menghindari multitasking.

10. Jangan melakukan sistem kebut semalam

Sebaiknya kamu hindari sistem kebut semalam untuk dapat menghafal materi dengan benar. Otak manusia tidak dapat secara langsung mengingat berbagai materi yang ada dalam waktu singkat. Otak perlu untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan pemikiran lebih dahulu. Kapasitas daya ingat seseorang mungkin dapat berbeda. Namun, alangkah baiknya jika kamu menghafal materi tahap demi tahap, tidak dalam kebut semalam.

11. Melakukan meditasi

Salah satu cara menghafal dengan cepat yang selanjutnya adalah melakukan meditasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa meditasi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat seseorang. Melalui meditasi, otak mampu lebih segar sehingga dapat menyimpan beberapa memori dalam beberapa waktu. Namun, tentu saja bahwa meditasi membutuhkan waktu untuk menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Meditasi sangat disarankan untuk seseorang yang sedang dihinggapi banyak masalah dan merasa kesulitan untuk mengingat.

12. Meningkatkan tidur yang berkualitas

Tidur yang berkualitas juga termasuk salah satu cara menghafal dengan cepat. Seseorang yang memiliki jadwal tidur yang teratur dan tidak begadang cenderung lebih mudah mengingat. Hal ini disebabkan karena aliran darah dalam otak lebih lancar. Oleh karena itu, untuk bisa menghafal dengan baik, kamu perlu menjaga waktu tidur kamu secara teratur. Posisikan juga waktu tidur yang menurut kamu paling nyaman sehingga tidurmu pun juga berkualitas.

13. Berolahraga

Sebagaimana meditasi, olahraga juga dapat membantu seseorang lebih baik dalam mengingat. Dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih segar sehingga otak akan menangkap informasi lebih cepat dibandingkan kondisi tubuh yang kurang baik.

14. Ajari orang lain materi yang sama

Metode ini merupakan salah satu cara menghafal dengan cepat sekaligus efektif. Saat kamu mencoba memaparkan informasi apa saja yang terkandung dalam materi tanpa melihat pada buku, maka secara otomatis otak akan merekam apa yang kamu sampaikan. Dengan demikian, tanpa sadar kamu telah mengingat poin-poin dalam materi. Di sisi lain juga kamu dapat memberikan kesempatan bagi dirimu dalam memahami materi secara lebih mendalam.

15. Mendengarkan rekaman terus-menerus

Langkah lain mengenai bagaimana cara menghafal dengan cepat adalah terus mendengarkan audio yang direkam. Dengarkan rekaman saat melakukan tugas yang tidak terkait dengan kegiatan lain, seperti mencuci piring atau mencuci pakaian. Meskipun dalam praktiknya metode ini cocok untuk pembelajar verbal, tetapi hal ini akan lebih mudah dalam membantu mengingat informasi ke dalam memori jangka pendek.

Baca juga: 6 Tips Belajar Copywriting Bagi Pemula Untuk Tingkatkan Penjualan

Itulah beberapa tips dan cara menghafal dengan cepat yang dapat kamu coba. Terakhir, beri pikiran kamu kesempatan untuk bernapas, rileks, dan mendapatkan kembali energi. Pergilah untuk waktu yang singkat tanpa memikirkan apa yang baru saja dipelajari, lalu kembali. Lebih baik lagi, keluar dan berjalan-jalanlah saat istirahat untuk mendapatkan keuntungan berada di alam.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • leverageedu.com
  • gramedia.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video