Published on

jobs

Panduan cara belajar SEO untuk pemula

Maria Tri Handayani

belajar-SEO---EKRUT.jpg

Belajar SEO adalah hal yang wajib dilakukan bila kamu ingin mengembangkan karier di dunia marketing.

Meski demikian, mempelajari SEO terkadang terasa membingungkan, terutama bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan di bidang ini. Kamu mungkin bingung harus menentukkan harus memulai mempelajari apa dan dari mana.

Agar kamu tetap bisa mempelajari SEO dengan lancar, berikut beberapa panduan cara belajar SEO untuk pemula yang bisa kamu simak. 

1. Pahami dan kuasai konsep-konsep dasar dalam SEO

belajar SEO - EKRUT
Kuasai konsep dasar SEO adalah hal pertama yang harus kamu lakukan dalam belajar SEO - EKRUT

Hal yang harus dilakukan pertama kali dalam belajar SEO adalah dengan memahami konsep dasar dalam SEO itu sendiri. Beberapa yang harus kamu pelajari seperti: 

  • Apa itu SEO 

Memahami apa itu SEO secara tidak langsung akan membantumu mengerti alasan kenapa SEO itu penting. 

Pada dasarnya SEO adalah praktik untuk mendapatkan traffic ke situs secara organik dari mesin pencari sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian. 

Dengan melakukan ini, salah satu manfaat  yang akan didapatkan adalah traffic "gratis" ke situs kamu di bulan-bulan ke depan. 

Pasalnya, pengguna mesin pencari akan membuka situs yang relevan dengan apa yang dia cari hanya di halaman pertama hasil pencarian.  

  • Bagaimana cara mesin pencari bekerja 

Tidak hanya mengetahui konsep dasar SEO, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara kerja SEO dalam hal ini kaitannya dengan cara mesin pencari menentukan situs dan konten yang mendapat ranking teratas di hasil pencarian. 

Mesin pencari memiliki algoritma tertentu yang menentukan apakah situs dan konten yang kamu tawarkan layak mendapat ranking teratas di mesin pencarian. Namun, pada dasarnya mesin pencari akan mencari konten dan situs yang dinilai berkualitas dan relevan dengan yang dicari penggunanya. 

Untuk melakukannya mesin pencari akan melakukan crawling pada situs kamu, mengevaluasi relevansi dengan kata kunci di dalamnya, melakukan indexing hingga menentukan ranking yang sesuai. 

Sementara kualitas situs dapat dilihat pada beberapa faktor seperti keterlibatan orang dengan situs kamu, apakah situs kamu sudah mobile friendly, dan berapa banyak konten unik yang kamu miliki.

Meski demikian perlu dipahami bahwa algoritma mesin pencari sendiri terus diperbarui sehingga penting agar kamu selalu update akan perkembangan ini. 

  • Bagaimana cara melakukan riset kata kunci 

Riset kata kunci adalah proses yang digunakan dalam SEO untuk mencari kata kunci apa saja yang dimasukkan konsumen ke mesin pencari untuk topik-topik tertentu. 

Pelajarilah cara terbaik untuk melakukan riset kata kunci tersebut. Beberapa faktor yang harus kamu perhatikan saat mempelajari cara riset kata kunci terbaik adalah memerhatikan search volume, relevansi, dan competition. 

Kunci yang paling penting dalam mempelajari riset kata kunci adalah bagaimana kamu dapat mengenal kebiasaan dan memahami kebutuhan para konsumen. 

Dengan memperhatikan hal ini, kamu dapat memutuskan pemilihan kata kunci yang tepat pada target audiens yang kamu inginkan.

  • Pelajari apa itu on-page SEO 

Setelah memiliki kata kunci, kamu akan dituntut untuk bisa mengimplementasikan kata kunci tersebut dalam on-page SEO. 

On-page SEO mengacu pada pengoptimalan elemen-elemen dalam halaman situs kamu. Ini mencakup bagaimana cara situs disusun, dikodekan, dan bagaimana konten-konten di dalamnya dibuat. 

Contoh praktik on-page SEO adalah dengan memasukkan kata kunci ke artikel, title tag, meta description , hingga url situs yang kamu buat. 

  • Kenali praktik optimasi off page SEO

Tidak hanya mempelajari cara optimasi on page SEO, kamu juga perlu untuk memahami optimasi off page SEO. 

Off page SEO merujuk pada strategi optimasi di luar situs yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat situs kamu di mesin pencari. Ini mencakup bagaimana kamu menerapkan teknik link building. 

Baca juga: 8 Strategi SEO praktis untuk para pemula

2. Pahami teknis SEO 

belajar SEO - EKRUT
Cari tahu contoh-contoh permasalahan umum dari kendala SEO secara teknis - EKRUT

Meskipun kamu bukan developer, namun mempelajari SEO dari segi teknis akan sangat membantu kamu. Adapun aspek teknis SEO di sini antara lain seperti kecepatan situs, indexability dan mobile friendly. 

Untuk dapat mengetahui performa dari aspek teknis SEO, kamu harus melakukan audit situs. Pada saat mempelajari aspek-aspek teknis SEO, cari tahulah permasalahan umum apa yang sering menjadi kendala dari penerapan SEO secara teknis lalu pelajari tips untuk mengatasinya. 

3. Kuasai tools SEO 

belajar SEO - EKRUT
Kamu membutuhkan tools terutama dalam mencari kata kunci dalam SEO - EKRUT

Tools dalam SEO adalah penunjang yang dapat membuat kamu dapat menghemat waktu dan memberi pandangan yang tepat ke situs kamu atau bahkan kompetitor. 
Itu sebabnya mempelajari cara menggunakan tools SEO menjadi penting.

Beberapa tools yang sebaiknya kamu pelajari antara lain seperti Google Analytics, Google Search Console, Screaming Frog, hingga tools seperti Ahref, Moz, atau Keywordtool, dan lain- lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tools SEO YouTube yang banyak dipakai

4. Pelajari cara mengukur keberhasilan SEO 

belajar SEO - EKRUT
Kuasai metriks dan cara mengukur keberhasilan strategi SEO - EKRUT

Mengukur keberhasilan SEO sangat penting kamu pelajari. Sebab jika kamu tidak dapat mengukur sesuatu, kamu tidak bisa memperbaiki kesalahan yang ada untuk mengoptimalkannya. 

Untuk itu kuasai cara melacak dan mengelola data situs kamu melalui tools yang tersedia seperti Google Analytics atau Google Search Console. 

Itulah beberapa panduan dalam belajar SEO khususnya untuk kamu yang masih pemula. Perbanyaklah membaca artikel dan panduan SEO terkait seperti yang bisa kamu temukan di Moz, Ahref, dan Google, atau dengan mengikuti kursus SEO online. 

Cari tahu tips-tips dalam menerapkan SEO dari para ahli seperti yang bisa kamu temui di artikel berikut. Perbanyaklah pula berlatih dengan mulai menerapkannya pada situs atau blog pribadi. 

Dengan rutin belajar, niscaya kemampuan SEO kamu akan terus terasah hingga kamu menjadi handal di bidang ini. 

belajar SEO - EKRUT

Sumber: 

  • ahrefs.com
  • wordstream.com
  • backlinko.com

Tags

Share