Careers

10 Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah untuk Pemula

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_10__Tips_Belajar_Bahasa_Inggris_Cepat_dan_Mudah_Untuk_Pemula.jpg

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan ketentuan calon kandidat harus bisa berbahasa Inggris. Tidak hanya dalam dunia pekerjaan, kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris memang sangat diperlukan di masa sekarang. Tak perlu khawatir, banyak sekali metode yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mudah belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Baca juga: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Praktis Digunakan di Tahun 2022

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula


Belajar bahasa Inggris dapat disesuaikan dengan kegiatan kesukaan kamu. Sumber: Pexels

Agar terbiasa menggunakan bahasa Inggris, berikut beberapa tips belajar bahasa Inggris yang cepat dan mudah untuk pemula.

1. Membaca berita dan artikel bahasa Inggris


Mulai membiasakan membaca berita bahasa Inggris untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. Sumber: Pexels

Bahasa Inggris dapat kamu pelajari dengan cara rutin membaca berita dan artikel berbahasa Inggris. Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mencari berita dalam bahasa Inggris. Sangat banyak sumber berita yang bisa kamu cari di internet. Perlu konsistensi membaca berita agar bisa berbahasa Inggris.

2. Membaca buku bahasa Inggris


Membaca buku berbahasa Inggris dapat memperkaya kosa kata. Sumber: Pexels

Jika kamu kurang suka membaca berita, kamu juga bisa membaca buku berbahasa Inggris. Para pemula dapat mempelajari bahasa Inggris melalui buku anak-anak terlebih dahulu, umumnya buku anak memiliki kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bila kamu sudah terbiasa, perlahan mulailah membaca buku yang tingkatan bahasa Inggrisnya semakin tinggi, misalnya novel.

3. Menulis dengan menggunakan bahasa Inggris


Menulis dapat membantu mengingat kota kasa bahasa Inggris. Sumber: Pexels

Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan menuliskan kalimat-kalimat bahasa Inggris pada setiap harinya. Tidak usah terlalu banyak, cukup satu paragraf setiap harinya untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu juga bebas menentukan tema dari tulisan kamu. Setelah tulisan itu selesai, kamu bisa minta teman atau orang terdekat untuk membantu cek tulisan kamu.

4. Mendengarkan musik dan menulis liriknya


Musik dapat menjadi media belajar bahasa Inggris. Sumber: Pexels

Bagi kamu yang gemar mendengarkan lagu, belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan musik pasti akan menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa bebas memutar lagu dari penyanyi kesukaanmu. Setelah memutar lagu, kamu bisa menuliskan lirik lagu tersebut untuk menambah kosakata bahasa Inggris.

5. Menonton film tanpa subtitle


Menonton film tanpa subtitle bisa melatih kamu untuk menerjemahkan percakapan. Sumber: Pexels

Suka menonton film? Kamu juga dapat belajar bahasa Inggris melalui film, lho! Agar terbiasa dengan bahasa Inggris, kamu bisa menonton film tanpa menggunakan subtitle. Jika kamu menemukan kosakata yang baru atau kalimat yang membingungkan, segera catat dan carilah terjemahan dari kata atau kalimat tersebut. Cara ini cukup efektif bagi kamu yang ingin bisa bahasa Inggris.

Baca juga: Question Tag: Pengertian, Rumus, Jenis, dan 5 Contohnya

6. Menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris


Unduh aplikasi belajar bahasa Inggris untuk menunjang pembelajaran. Sumber: Pexels

Saat ini, banyak sekali aplikasi gratis untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu untuk mempelajari bahasa Inggris. Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah Duolingo. Duolingo merupakan aplikasi untuk belajar bahasa yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Metode pembelajaran dengan aplikasi Duolingo pun sangat menyenangkan. Seperti kamu sedang bermain game.

7. Berteman dengan native


Praktikkan hasil belajar kamu kepada native speaker. Sumber: Pexels

Cara lain yang cukup ampuh untuk belajar bahasa Inggris adalah berteman dengan native atau warga asli negara yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya. Tentu, kamu akan terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya cara berbahasa Inggris, seorang native akan mengajarkan juga seputar budaya.

8. Menyanyikan lagu berbahasa Inggris


Bernyanyi membantu kamu berlatih pengucapan dalam bahasa Inggris. Sumber: Pexels

Selain mendengarkan lagu, menyanyikan lagu berbahasa Inggris juga dapat membantu kamu untuk belajar pelafalan kosakata bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan semakin terbiasa untuk mengucapkan kata atau kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris.

9. Mengumpulkan kosakata bahasa Inggris


Usahakan selalu mengumpulkan kosakata bahasa Inggris. Sumber: Pexels

Salah satu hal penting ketika belajar bahasa Inggris adalah belajar seputar penguasaan kosakatanya. Semakin banyak kosakata yang kamu miliki, maka semakin mudah kamu untuk mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mengumpulkan 1 kosakata baru setiap harinya dan coba untuk menyusun kalimat dari kosakata yang telah kamu kumpulkan.

10. Kursus bahasa Inggris


Pembelajaran menjadi lebih tertata bila mengikuti kursus bahasa Inggris. Sumber: Pexels

Untuk belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, jadwal dan materi belajar akan lebih teratur dan jelas sehingga kamu akan lebih disiplin dalam mempelajari bahasa Inggris. Saat ini, banyak kursus-kursus bahasa Inggris yang menyediakan program secara online sehingga kamu bisa mengikuti kursus tersebut dari rumah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Channel YouTube Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Seru

Demikian informasi mengenai tips belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah untuk pemula. Semoga kamu selalu semangat dan lancar dalam berbahasa Inggris.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • wallstreetenglish.co.id
  • gramedia.com
  • koinworks.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video