Published on

Careers

12 Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam bekerja

Tsalis Annisa

cara-meningkatkan-daya-ingat-EKRUT.jpg

Mudah lupa akan sesuatu dapat sangat mengganggu aktivitas, termasuk pekerjaan. Agar hal ini tidak terus mengganggumu, kamu perlu tahu cara meningkatkan daya ingat. Kuat atau tidaknya memorimu dalam mengingat sesuatu tergantung pada kesehatan dan vitalitas dari otak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat. 

Pentingnya meningkatkan daya ingat untuk menjaga produktivitas

Pentingnya meningkatkan daya ingat untuk menjaga produktivitas
Daya ingat dan konsentrasi merupakan dua hal yang berperan penting untuk menjaga produktivitas kerja - Unsplash

Kemampuan untuk mempertahankan daya ingat dan konsentrasi dapat membantumu menyelesaikan semua tanggung jawab di dunia kerja dengan baik. Dengan keahlian tersebut, kamu dapat mengambil keputusan atau solusi dengan cepat dan menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien. Beberapa manfaat lain dari berkonsentrasi pada pekerjaan adalah sebagai berikut.

  • Mampu berpikir kreatif dalam menyelesaikan tugas dan hal tersebut akan meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.
  • Dapat menyelesaikan tugas dengan kesalahan seminimal mungkin.
  • Mengurangi stres.
  • Jika kamu fokus dan memusatkan perhatian pada satu hal, pikiran bawah sadar akan membantumu bekerja dengan efisien. 

Manfaat ini umumnya akan berpengaruh pada peningkatan kinerja secara keseluruhan, yang dalam jangka panjang dapat mengarah pada peluang dan perkembangan karier yang lebih baik.

12 Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam bekerja

cara meningkatkan daya ingat
Manajemen waktu yang baik antara bekerja, istirahat, dan melakukan hal yang disukai menjadi salah satu cara meningkatkan daya ingat. (Sumber: Pexels)

Kuat atau tidaknya memorimu dalam mengingat sesuatu tergantung pada kesehatan dan vitalitas dari otak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat. 

1. Kurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi

cara meningkatkan daya ingat EKRUT
Makanan yang manis bisa membuat kamu mudah lupa - EKRUT

Kamu sangat suka dengan makanan yang manis? Hati-hati, bisa jadi ini salah satu penyebab kamu mudah lupa. Riset menunjukkan bahwa ada pola makan dengan gula buatan berpotensi membuat volume otak menurun, terutama di bagian penyimpanan ingatan jangka pendek. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis dengan jumlah yang lebih rendah, atau bahkan tidak sama sekali. Tidak hanya daya ingatmu yang bisa lebih terjaga, kesehatanmu pun ikut meningkat. 

2. Sesekali lakukan latihan senam otak 

cara meningkatkan daya ingat EKRUT 
Bermain catur bisa jadi salah satu cara meningkatkan daya ingat - EKRUT

Semakin bertambahnya usia, otakmu akan berkembang dan membentuk jutaaan sel neural yang menjadi saluran yang memproses dan mengulang informasi dari otak secara cepat. Nah, biasanya kamu akan mampu berpikir dengan cepat untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan aktivitasmu sehari-hari seperti bekerja.  

Jika kamu hanya terbiasa berpikir dan menggunakan otak untuk hal itu-itu saja yang menjadi kebiasaan, kamu tidak akan memberikan stimulasi untuk otakmu agar dapat tumbuh dan berkembang. Padahal, memori di dalam otak sama seperti kekuatan otot yang akan hilang jika tidak digunakan.

Jadi, cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah dengan sesekali melakukan senam otak dengan melakukan hal di luar kebiasaanmu dalam berpikir. Hal tersebut harus mampu mengajarkanmu sesuatu yang baru, atau bisa juga berupa kegiatan yang menantang kemampuan otakmu. Mulai dari sekarang cobalah aktivitas permainan otak yang dapat merangsang otak bekerja seperti belajar bermain alat musik, juggling bola, bermain catur, atau belajar bahasa asing. 

3. Lakukan meditasi sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

cara meningkatkan daya ingat - EKRUT
Melakukan meditasi dapat membantu meningkatkan daya ingat - EKRUT

Meditasi menjadi salah satu cara berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Hal ini juga telah terbukti mampu meningkatkan kinerja otak dan daya ingat setelah dilakukan rutin selama dua minggu. Bagi pemula kamu dapat mengikuti beberapa cara meditasi di bawah ini, 

  • Duduk atau berbaringlah dengan nyaman 
  • Tutup matamu 
  • Atur napas setenang mungkin jangan mencoba mengendalikannya
  • Fokuskan tubuh pada setiap tarikan napas yang dilakukan. Bila pikiranmu mulai berpikir macam-macam, maka berkonsentrasilah lagi mencoba fokus pada tarikan napas 

Baca juga: Ilmuwan kembangkan perangkat untuk manipulasi aktivitas otak

4. Konsumsi suplemen yang berasal dari minyak ikan

cara meningkatkan daya ingat EKRUT 
Minyak ikan bisa membantu meningkatkan daya ingat - EKRUT

Minyak ikan yang kaya akan kandungan omega 3 dipercaya mampu meningkatkan kinerja ingatan jangka pendek maupun ingatan episodik. Bahkan kandungan di dalamnya juga dapat membantu manula yang mulai kehilangan kemampuan ingatannya. Tak hanya bagus untuk kesehatan otak, minyak ikan juga bagus untuk kesehatan tubuhmu, lho! Jadi, tentu tidak ada salahnya mengonsumsi minyak ikan, bukan?

5. Terapkan gaya hidup sehat

cara meningkatkan daya ingat EKRUT 
Jaga bobot berat badan untuk tetap ideal dan sehat sebagai bagian dari meningkatkan daya ingat - EKRUT

Gaya hidup sehat dapat diterapkan dengan menjaga bobot dan berat badan tubuh untuk tetap ideal dan sehat. Cara ini merupakan yang terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dalam kondisi prima. Sebab, obesitas diketahui dapat menyebabkan kondisi negatif pada otak. Bahkan, penyakit Alzheimer diketahui memiliki ikatan kuat dengan masalah kelebihan berat badan satu ini.

Tidak hanya itu, gaya hidup sehat juga mengharuskan kamu untuk mendapatkan tidur yang cukup. Sebab, ternyata kurang tidur dapat menjadi salah satu alasan mengapa kamu memiliki ingatan yang buruk. Kualitas dan kuantitas tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi ingatan yang dapat memperkuat dan membentuk ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang.

Baca juga: 6 Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran yang sibuk

6. Konsumsi dark chocolate 

cara meningkatkan daya ingat - EKRUT
Mengonsumsi dark chocolate dapat membantumu memiliki daya ingat yang lebih baik - EKRUT

Penelitian menunjukkan bahwa kakao mengandung antioksidan bernama flavonoid yang bermanfaat bagi otak. Ini dapat membantu merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan neuron serta meningkatkan aliran darah di bagian otak yang berkaitan dengan memori. 

Studi terhadap 30 orang sehat menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dark chocolate yang mengandung 720 mg flavonoid kakao menunjukkan daya ingat yang lebih baik dibanding mereka yang mengonsumsi white chocolate tanpa flavonoid kakao. Itu sebabnya cobalah konsumsi cokelat terutama dark chocolate dengan kandungan 70% kakao atau lebih tinggi agar kamu mendapatkan manfaat dari antioksidan bernama flavonoid tersebut.

7. Terapkan pola tidur yang cukup 

cara meningkatkan daya ingat EKRUT
 Pola tidur yang buruk bisa mengganggu kekuatan memori - EKRUT

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dengan menerapkan pola tidur yang cukup. Pasalnya menurut penelitian kurang tidur bisa membuat memori otak semakin buruk. Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa perawat yang bekerja pada shift malam lebih sering membuat kesalahan matematis dan memiliki nilai memori yang rendah ketimbang perawat yang bekerja shift siang. Dalam sehari setidaknya kamu perlu tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.  

Baca juga: 5 Bahaya kurang tidur bagi pekerja kantoran

8. Kurangi stres dan berpikir positif

cara meningkatkan daya ingat EKRUT 
Mengurangi stres dan tetap berpikir positif bisa jadi cara meningkatkan daya ingat - EKRUT

Stres menjadi salah satu musuh terburuk bagi otak. Stres yang kronis dapat menghancurkan sel-sel otak yang membantu pembentukan memori baru. Stres pula yang lambat laun dapat menghilangkan memori otak. Kendalikan rasa stresmu dengan tetap berpikir positif, beristirahatlah yang cukup, dan usahakan untuk mencari pengalihan dari rasa stres dengan tertawa. 

Tidak seperti rasa stres, tertawa dapat mengaktifkan area-area otak yang vital untuk meningkatkan kreativitas, daya ingat, dan mengembangkan pengetahuan. Perbanyak bersosialisasi dengan orang-orang yang menyenangkan di saat keadaan suram sedang mendatangimu. Sedikit banyak mereka akan mampu mengurangi rasa stres yang kamu alami. 

9. Selesaikan pekerjaan yang paling penting

Selesaikan pekerjaan yang paling penting
Menuliskan hal-hal yang perlu dikerjakan akan membantu mengatur aktivitas harianmu - Unsplash

Menuliskan daftar tugas atau hal-hal yang perlu diselesaikan dalam satu hari, baik di buku catatan, aplikasi, maupun kalender online, adalah salah satu cara untuk membantu mengatur aktivitas harianmu. Setelah kamu membuat semua daftar tugas tersebut, urutkan sesuai dengan skala prioritas dan selesaikan hal yang paling penting terlebih dahulu. Bisa jadi itu adalah tugas yang paling berat di hari tersebut atau tugas yang paling tidak ingin kamu selesaikan tapi jika kamu menyelesaikannya lebih dulu, kamu cenderung tidak akan menunda-nunda dan membebani daftar tugas di hari berikutnya.

10. Buat meja kerja dan sekitarnya rapi

10. Buat meja kerja dan sekitarnya rapi
Merapikan meja kerja dapat membantu meminimalkan distraksi - Unsplash

Untuk membantu meminimalkan gangguan, terutama jika kamu bekerja dari rumah, pastikan ruang kerja kamu bersih dan teratur sehingga akan memudahkanmu menemukan sesuatu yang sedang diperlukan baik itu arsip atau berkas dalam bentuk digital maupun non-digital. Lingkungan kerjamu juga harus dibangun dengan suasana yang ramah dan nyaman. Ciptakan ruang yang akan menginspirasi kamu untuk semangat bekerja dan melakukan segala sesuatu dengan mudah.

11. Cari tempat yang sepi dan damai

10. Buat meja kerja dan sekitarnya rapi
Coba dengarkan musik instrumental untuk mengalihkan diri dari kebisingan - Unsplash

Meskipun kamu tidak lagi berurusan dengan rekan kerja yang berisik, percakapan di koridor kantor, atau basa-basi dengan atasan, kebisingan masih dapat menjadi distraksi terutama jika kamu wiraswasta atau pekerja lepas yang bekerja untuk dirimu sendiri. Jika kebisingan di lingkungan rumah atau ruang kerja bersama menjadi masalah, coba dengarkan musik instrumental atau gunakan aplikasi white noise untuk menyaring suara yang mengganggu.

12. Kurangi gangguan secara online maupun secara langsung


Meminimalkan distraksi dengan mengatur ponselmu ke mode pesawat - Unsplash

Distraksi dapat datang dalam berbagai bentuk baik secara langsung maupun online tetapi penyebab utamanya seringkali adalah email, panggilan telepon, dan media sosial. Untuk meminimalkan gangguan seperti ini, kerjakan tugas yang penting tanpa menyalakan internet. Atur ponselmu ke mode pesawat, matikan pemberitahuan email, dan menahan diri untuk tidak online selama beberapa jam. Menjadwalkan waktu tertentu untuk memeriksa email, membalas panggilan telepon yang tak terjawab, dan memeriksa media sosial dapat membantu kamu untuk tetap fokus dan menghindari menghabiskan waktu di dunia maya.

Jadi, itu dia beberapa cara meningkatkan daya ingat yang dapat kamu terapkan agar tidak menjadi orang yang pelupa lagi. Dengan begini, kamu bisa meningkatkan produktivitas kerja dan tidak lagi mengalami kerugian akibat menjadi orang pelupa, kan? Selamat menerapkan dan semoga berhasil, ya!

Dengan begini, kamu bisa fokus bekerja, membangun kebiasaan yang baik, dan tidak lagi mengalami kerugian akibat menjadi orang pelupa. Agar lebih produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kamu juga boleh simak video di bawah ini. Selamat menerapkannya dan semoga berhasil!

cara meningkatkan daya ingat EKRUT
Last update: 27 Mei 2021

Sumber:

  • helpguide.org
  • healtline.com
  • fastcompany.com
  • gaiam

Tags

Share