Published on

Careers

6 Cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk karyawan

Nur Lella Junaedi

cara_meningkatkan_daya_tahan_tubuh_EKRUT.jpg

Daya tahan tubuh yang lemah membuat kamu rentan akan penyakit. Padahal di tengah penyebaran virus Corona seperti sekarang, kamu khususnya para karyawan harus terus berupaya meningkatkan imunitas tubuh. 

Caranya? Adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri selain menjaga pola hidup sehat. Upaya lain juga dapat dipakai sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti, 

Tidur yang cukup 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT 
Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada banyak hal-EKRUT

Tahukah kamu bahwa kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada banyak hal, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang kreativitas, produktivitas, kesehatan otak dan jantung , serta mempertahankan berat badan ideal. 

Dalam semalam orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam. Sayangnya masih banyak di antara kita yang menganggap enteng hal tersebut.

Tidur cukup dengan kualitas yang baik akan membuatmu lebih berenergi dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari. 

Bila kamu kurang tidur, maka efeknya justru melemahkan imunitas, menambah berat badan, mempercepat penuaan dini dan sebagainya. 

Baca juga: 4 Bahaya kurang tidur bagi pekerja kantoran

Konsumsi vitamin 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT 
Cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya adalah dengan mendapatkan asupan vitamin-EKRUT

Cara meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mendapatkan asupan vitamin. 

Penelitian menunjukan bahwa salah satu vitamin yang mampu melawan virus dan bakteri adalah jenis vitamin D, tentunya dalam jumlah yang sesuai. 

Selain dapat melawan virus, vitamin ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang, mengurangi risiko penyakit kanker, diabetes, radang usus, depresi dan sebagainya. 

Nah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D ini melalui suplemen atau makanan seperti salmon, sarden, susu, telur, keju, hati sapi, yogurt, tuna. Selain itu, vitamin D yang termudah juga bisa kamu dapat melalui sinar matahari di pagi hari.

Olahraga untuk memperbaiki suasana hati 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT
 
Salah satu cara lain meningkatkan daya tahan tubuh adalah berolahraga-EKRUT

Bagi kamu yang saat ini sedang self quarantine dengan bekerja secara remote apakah kamu mulai mengalami kejenuhan? Hal itu wajar, karena rutinitas kamu berubah menjadi lebih banyak berdiam diri di rumah. Agar kamu tidak jenuh, ada baiknya sempatkan diri untuk berolahraga. 

Tahukah kamu bahwa, olahraga jadi salah satu upaya untuk meningkatkan kembali suasana hati atau merubah rasa jenuh itu menjadi lebih ceria. Di samping kita tahu bahwa olahraga jadi alat yang ampuh sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Bila kamu takut olahraga di luar rumah lantaran menghindari paparan dari orang lain, kamu juga bisa lho mencoba berolahraga di kamar atau ruang keluargamu. Kamu bisa meniru berbagai macam gerakan dari channel Youtube. Itu nampaknya bukan ide yang buruk! 

Baca juga: 6 Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran yang sibuk

Mencuci tangan 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT 
Mencuci tangan bisa menghindari penularan virus dan bakteri-EKRUT

Para ahli sepakat bahwa mencuci tangan yang benar bisa menghindari penularan virus dan bakteri. Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. 

Dengan mencuci tangan tak hanya bisa mencegah penyebaran virus corona, tetapi bisa menghindar dari penyakit diare, flu dan infeksi mata. 

Namun masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Untuk mencuci tangan yang benar, setidaknya memerlukan 6 langkah sebagai berikut: 

  • Membersihkan telapak tangan 
  • Membersihkan telapak punggung tangan 
  • Membersihkan sela-sela jari
  • Membersihkan punggung tangan 
  • Membersihkan jempol dan 
  • Membersihkan jari-jari

daftar EKRUT

Konsumsi minuman herbal 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT 
Kamu juga bisa mengonsumsi minuman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh-EKRUT

Mengonsumsi minuman herbal juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. 

Di Indonesia sendiri minuman herbal bukanlah hal asing. Kita mengenal jahe merah, bandrek, wedang ronde, jamu, kunyit asem, kencur, wedang jahe, bir pletok, dan wedang uwuh yang memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta bisa menyembuhkan penyakit.

Tidak harus membeli dari luar, dengan menggunakan bahan-bahan bumbu yang ada di rumah, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Baik untuk ramuan wedang jahe, kunyit asem atau kencur. 

Perbanyak makan bergizi 

cara meningkatkan daya tahan tubuh EKRUT 
Kamu juga harus mengonsumsi makanan bergizi-EKRUT

Selain lima hal di atas, kamu juga harus mengonsumsi makanan bergizi sebagai salah cara meningkatkan daya tahan tubuh. 

Beberapa makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya, jeruk, paprika, brokoli, almond, kunyit, teh hijau, pepaya, bawang putih, bayam ayam, jahe, yoghurt, kerang dan sebagainya. 

Dengan cara memasak yang baik tentunya kamu bisa mendapatkan gizi yang baik dari makanan di atas. 

Baca juga: Pekerja kantoran, ini 5 tips pola makan sehat untuk kamu

Nah, itulah 6 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa kamu coba, khususnya di tengah  wabah virus Corona seperti sekarang. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatanmu, ya! 

daftar EKRUT
Last update: 25 April 2021

Sumber: 

  • Insider
  • Everydayhealth
  • Gottrevelly 
  • Healthline

Tags

Share