Published on

Careers

Kerja remote dan manfaatnya bagi karyawan

Nur Lella Junaedi

kerja-remote-EKRUT_(2).jpg

Kerja remote adalah gaya kerja yang memungkinkan profesional untuk bekerja di luar lingkungan kantor. Tren kerja saat ini membawa milenial untuk memilih kantor dengan fleksibilitas yang memungkinkan mereka dapat bekerja secara remote

Terlebih gaya kerja remote juga dipercaya memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi karyawan tapi juga perusahaan. Lantas apa saja manfaat kerja remote? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat kerja remote bagi karyawan

kerja remote EKRUT
 
Manfaat kerja remote adalah terjaganya kesehatan karyawan-EKRUT  

Sempat disebutkan di atas, bahwa bekerja secara remote memiliki banyak manfaat bagi pekerja, di antaranya: 

  • Kesehatan karyawan menjadi lebih terjaga

Sebuah penelitian di Inggris memperlihatkan bila karyawan yang bekerja secara remote akan terhindar dari rasa stres. Pasalnya, 55 persen dari responden merasa tertekan akibat perjalanan yang mereka lakukan ke kantor. 

Melihat keadaan ini dan membandingkan dengan kondisi lalu lintas di Jakarta, tentunya kerja remote dapat jadi solusi untuk kesehatan karyawan agar lebih sehat dan mengurangi tingkat polusi di Jakarta ya.

  • Gaya hidup yang fleksibel 

Kerja remote dapat membuat hidupmu menjadi lebih fleksibel. Kamu tidah harus berada di kantor seharian.

Selepas kamu selesai mengerjakan pekerjaan, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti belajar, mengajarkan anak di rumah, membereskan rumah, olahraga dan lain-lain.

  • Semangat untuk bekerja

Percaya atau tidak, kerja remote bisa menumbuhkan semangat bagi karyawan. Alasannya karena karyawan bisa menghindari gangguan kerja yang timbul di kantor sehingga dapat mencari inspirasi dan perspektif baru dalam kerja. 

Ini bisa menjadi nilai positif bagi perusahaan, bahwa perusahaan memperhatikan kenyamanan yang dibutuhkan oleh karyawan.

Baca juga: Bekerja dari rumah vs. remote work, apa bedanya?

Manfaat kerja remote bagi perusahaan 

kerja remote EKRUT 

Manfaat kerja remote untuk perusahaan yakni bisa menghemat biaya pengeluaran perusahaan-EKRUT

Kerja remote selain memiliki banyak manfaat untuk karyawan, ternyata juga memberi banyak manfaat bagi perusahaan lho. Berikut manfaat kerja remote bagi perusahaan: 

  • Membuat karyawan proaktif 

Penelitian menuliskan bahwa hampir 74 persen pekerja akan resign dari perusahaan dan memilih pekerjaan yang menawarkan remote working. Selain itu, karyawan yang bekerja secara remote cenderung lebih senang dan proaktif terkait pekerjaannya. 

  • Produktivitas yang lebih tinggi 

Penelitian lain menyebutkan bahwa dua pertiga manajer yang disurvei mengaku menjadi lebih produktif setelah bekerja secara remote. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi perusahaan, sebab dengan kerja remote, produktivitas karyawan akan semakin baik dan proses operasional kantor menjadi lebih cepat terjadi. 

  • Hemat biaya operasional

Dengan mengizinkan karyawan bekerja secara remote, perusahaan bisa menghemat biaya untuk penggunaan listrik, kertas, air galon hingga penggunaan tisu, kopi dan teh. Uang dari biaya-biaya di atas, bisa dialihkan untuk pembayaran sewa gedung atau hal lainnya. 

Tools yang biasa digunakan bagi pekerja remote

kerja remote EKRUT
 
Tools yang banyak digunakan pekerja remote salah satunya adalah Trello-EKRUT

Untuk menunjang kelancaranmu dalam kerja remote, berikut beberapa tools umum untuk menunjang produktivitas karyawan remote:

  • Trello adalah tools yang biasa digunakan untuk mengelola dan mengatur hal dalam pekerjaan. Trello juga bisa dilengkapi dengan tools kolaborasi yang digunakan untuk mengelola sebuah proyek. 
  • Slack adalah tools komunikasi yang digunakan untuk kolaborasi tim. Beberapa fitur Slack yakni dapat melakukan integrasi ke tools lain seperti Trello hingga mentransfer file
  • Gmail yakni email Google yang memungkinkan setiap email terlihat transparan dan bagi seluruh anggota perusahaan 
  • Google Doc bagian dari Google Drive yang memiliki banyak kelebihan seperti kemudahan untuk menyunting, melihat perubahan, menyimpan, membuat konten bersama dan sebagainya. 
  • Discourse, forum tempat berbagi pengumuman dan berita 
  • SleekrHR yakni tools yang dipakai untuk melakukan absensi, termasuk absensi untuk melakukan izin kerja remote, bekerja setengah hari hingga izin cuti seharian penuh

Setelah kamu membaca ulasan terkait manfaat kerja remote di atas, kini kamu memahami alasan kenapa beberapa perusahaan menyediakan benefit kerja remote tersebut. 

Baca juga: Remote working bisa bikin kesepian

Biasanya perusahaan yang memiliki aturan lebih fleksibel dengan izin kerja remote selama 1 hingga 2 kali sebulan adalah startup. Lantas bagaimana dengan aturan kerja remote di perusahaanmu sendiri? 

kerja remote EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share