Published on

Careers

9 Cara meningkatkan interpersonal skills demi kesuksesan karier

Maria Tri Handayani

cara-meningkatkan-interpersonal-skills---EKRUT.jpg

Interpersonal skills atau keterampilan interpersonal merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perkembangan karier. Kamu akan membutuhkan keterampilan  ini untuk menunjang pekerjaan, menyesuaikan diri dengan lingkungan, membangun kerja sama tim dan mendorong relasi yang baik dengan rekan, atasan, hingga klien. 

Jadi, seperti apa sebenarnya keterampilan interpersonal ini, dan bagaimana cara meningkatkan interpersonal skills tersebut dalam karier? Simak penjelasan berikut. 

Apa itu interpersonal skills

cara meningkatkan interpersonal skills - EKRUT
Keterampilan interpersonal yang kuat akan membantumu melewati wawancara dengan baik - EKRUT

Interpersonal skills adalah sifat atau perilaku yang dibutuhkan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Keahlian ini juga yang akan membantumu berhasil di hampir semua pekerjaan. Di beberapa perusahaan, karyawan dengan keterampilan interpersonal yang kuat dihargai karena sikap mereka yang menyenangkan dan solutif. Karyawan seperti ini dipandang sebagai team player yang dapat bekerja dengan baik bersama orang lain untuk mencapai suatu tujuan. 

Keterampilan interpersonal yang kuat akan membantu kamu menjalani proses wawancara kerja hingga mencapai keberhasilan dalam pekerjaan.Salah satu alasannya karena dengan kemampuan ini, kamu dapat memahami orang lain sehingga dapat membuat pendekatan yang efektif dalam bekerja. 

Ada beberapa contoh interpersonal skills yang dibutuhkan dalam perkembangan karier kamu, seperti: 

  • Komunikasi
  • Manajemen konflik
  • Empati
  • Leadership 
  • Kemampuan mendengar
  • Kemampuan negosiasi 
  • Kemampuan memecahkan masalah
  • Teamwork
  • Sikap positif

Baca juga: 5 Contoh soft skill untuk profesional muda

Manfaat interpersonal skills dalam dunia kerja

Manfaat interpersonal skills dalam dunia kerja
Interpersonal skills memiliki banyak manfaat dalam dunia kerja - Pexels

Memiliki interpersonal skills yang kuat dapat membantu kamu dalam proses wawancara kerja hingga menyelesaikan berbagai pekerjaan. Dengan keahlian ini, kamu dapat memahami orang lain serta melakukan pendekatan yang sesuai dengan rekan kerjamu agar dapat bekerja sama secara efektif. Sebagai contoh, seorang Software Engineer mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengerjakan kode secara mandiri. Namun, dia tetap harus berkolaborasi dengan pemrograman lain agar dapat meluncurkan produk secara efektif kepada audiens.

Interpersonal skills yang sering dibutuhkan dalam bisnis antara lain mendengarkan secara aktif, negosiasi, serta keterampilan interpersonal lain, seperti berbicara di depan umum, manajemen konflik, dan bekerja sama dalam tim. 

5 Contoh interpersonal skills

5 Contoh interpersonal skills
Kemampuan interpersonal berkontribusi menciptakan lingkungan kerja yang positif - Unsplash

Pengusaha mencari karyawan yang memiliki interpersonal skills karena keahlian tersebut berkontribusi menciptakan lingkungan kerja yang positif dan membantu mempertahankan alur kerja yang efisien. Berikut adalah lima contoh interpersonal skills seperti dirangkum dari indeed.com dan thebalancecareers.com.

1. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif merupakan kemampuan mendengarkan orang lain dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dan terlibat dengan pembicara. Menguasai keahlian ini akan menghindari perilaku yang mengganggu saat harus berbicara dengan orang lain. Mendengarkan secara aktif juga bisa berarti menyingkirkan atau menutup laptop maupun perangkat seluler saat mendengarkan dan bertanya serta menjawab pertanyaan saat diminta.

2. Bekerja sama dalam tim

Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim sangat berharga di setiap tempat kerja. Kerja sama tim melibatkan banyak keterampilan interpersonal lainnya seperti komunikasi, mendengarkan secara aktif, fleksibilitas, dan tanggung jawab. Mereka yang merupakan team player sering diberi tugas penting di tempat kerja dan dapat dilihat sebagai kandidat yang baik untuk promosi.

3. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah keterampilan interpersonal yang memampukanmu melakukan pengambilan keputusan secara efektif. Pemimpin yang efektif menggabungkan banyak keterampilan interpersonal lainnya, seperti empati dan kesabaran, dalam membuat keputusan. Keterampilan kepemimpinan dapat digunakan baik oleh manajer maupun karyawan. Dalam peran apa pun, pengusaha menghargai orang-orang yang memiliki rasa tanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama.

4. Manajemen konflik

Baik kamu seorang manajer atau karyawan, kamu akan memerlukan keahlian ini untuk menyelesaikan konflik di beberapa aspek pekerjaan. Bisa jadi kamu harus menyelesaikan konflik yang terjadi di antara staf, antara kamu dengan rekan kerjamu, atau antara klien dengan perusahaan. Kamu harus dapat mendengarkan kedua belah pihak secara adil dan menggunakan pemecahan masalah yang kreatif untuk menemukan penyelesaiannya.

5. Negosiasi

Negosiasi adalah keterampilan penting yang diperlukan di banyak posisi. Tergantung pada pekerjaan yang kamu lakukan, negosiasi dapat terkait dengan pembuatan perjanjian formal atau kontrak antara klien maupun membantu rekan kerja memecahkan masalah dan menentukan solusi. Untuk menjadi negosiator yang baik, kamu harus dapat mendengarkan orang lain, menggunakan pemecahan masalah yang kreatif, dan mencapai hasil yang memuaskan semua orang.

9 Cara meningkatkan interpersonal skills

cara meningkatkan interpersonal skills - EKRUT
Sering terlibat dalam kerja tim adalah salah satu cara meningkatkan interpersonal skills yang baik - EKRUT

Meskipun keterampilan ini sering dianggap sebagai sesuatu yang sudah dikuasai secara alami, pada kenyataannya interpersonal skills dapat dipelajari dan ditingkatkan. Berikut beberapa cara meningkatkan interpersonal skills yang dapat kamu terapkan dalam dunia kerja.

1. Carilah mentor 

Carilah seseorang yang kamu percayai, kagumi, hormati serta memiliki skill interpersonal yang baik untuk kamu jadikan mentor. Dengan pengalamannya kamu bisa meminta nasihat atau tips terkait cara meningkatkan interpersonal skills dan memajukan karier secara keseluruhan. 

Baca juga: Cari tahu pentingnya mentor bagi perkembangan karier, yuk!

2. Ikuti workshop atau kelas online

Ada banyak jenis workshop atau online course yang bisa kamu ikuti sebagai cara meningkatkan interpersonal skills kamu. Ikutilah workshop tersebut dan praktikan dalam keseharianmu di tempat kerja.

3. Amati orang-orang di sekitarmu 

Lihat dan amati bagaimana orang-orang di sekitarmu menunjukkan interpersonal skills di tempat kerja. Gunakan hasil pengamatanmu terhadap orang-orang dengan interpersonal skills baik sebagai contoh untuk kamu terapkan pada diri sendiri dan interaksimu dengan orang-orang di sekitar pekerjaanmu. 

4. Sering terlibat dalam kerja tim 

Alih-alih hanya fokus bekerja sendiri, cobalah untuk lebih berinteraksi dengan orang-orang di tempat kerja. Ini akan menjadi salah satu cara meningkatkan interpersonal skills yang tepat bagi karier. Cari peluang yang memungkinkan kamu bisa bekerja dengan banyak tim yang berbeda. Dengan terlibat banyak kerja tim, kamu dapat meningkatkan skill interpersonal seperti komunikasi. Contoh komunikasi interpersonal yang dapat kamu asah terutama saat kamu harus menyampaikan informasi, memahami instruksi, memberi pendapat, melakukan brainstorm atau  memecahkan masalah bersama tim. 

Baca juga: Mudah, ini 8 tips membangun kerja sama tim yang baik

5. Jaga etika bekerja 

Perhatikan etika dalam bekerja, salah satunya dengan selalu disiplin, sopan, dan menghormati orang lain. Dengan menjaga etika dalam bekerja ini kamu tidak hanya secara langsung meningkatkan interpersonal skills tapi juga menjaga hubungan baik di tempat kerja.

6. Terbuka terhadap kritik 

Tanyakan pada rekan kerja atau atasan terkait kritikan dari mereka yang bersifat membangun, terutama yang berkaitan dengan keterampilan interpersonal kamu. Mendapatkan perspektif dari orang lain untuk menilai kualitas kerja dan keterampilan dalam bekerja dapat menjadi cara mengevaluasi diri dan meningkatkan interpersonal skills kamu.

7. Latihlah kemampuan mendengar 

Setiap kali terlibat dalam percakapan di tempat kerja, berlatihlah  untuk menjadi pendengar yang baik. Perhatikan setiap perkataan, jaga kontak mata, dan berikan respon yang tepat. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak hanya dapat melatih interpersonal skills tapi juga dapat membuat lawan bicara selalu merasa dihargai. 

8. Tunjukkan rasa percaya diri 

Salah satu cara meningkatkan interpersonal skills yang penting dalam pekerjaan adalah dengan menunjukan sikap dan rasa percaya diri di tempat kerja. Jangan ragu untuk menunjukkan ekspresi dan pendapat kamu, selama masih sesuai batasan yang tepat. 

9. Bersikap empati

Menempatkan diri pada posisi orang lain dapat memperluas perspektif kamu tentang berbagai hal. Tanpa empati, kesalahpahaman di tempat kerja bisa dengan mudah terjadi. Itu sebabnya untuk meningkatkan kemampuan interpersonal, cobalah untuk selalu memahami perasaan orang lain terlebih dahulu. Dengan menerapkan empati, kamu akan memiliki pemahaman yang dapat membantumu merespon situasi dengan tepat dan mengambil bagian dalam perilaku yang lebih membantu.

Baca juga: 5 Cara agar percaya diri dalam melakukan pekerjaan

Meskipun terlihat sederhana, jangan sekali-kali mengabaikan pentingnya interpersonal skills bagi perkembangan karier kamu. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari orang-orang dengan kemampuan interpersonal yang baik khususnya untuk menduduki posisi sebagai pemimpin. Memiliki public speaking yang baik juga merupakan bagian dari interpersonal skills. Kamu bisa menyimak cara meningkatkan kemampuan public speaking melalui video di bawah ini. Tetap semangat untuk terus meningkatkan kemampuan interpersonal kamu, ya. 

cara meningkatkan interpersonal skills - EKRUT
Last update: 3 September 2021

Sumber: 

  • investopedia.com
  • thebalancecareers.com
  • kellyservices.com
  • investopedia.com
  • indeed.com

Tags

Share