Published on

jobs

10 Cara meningkatkan penjualan dalam bisnis

Nur Lella Junaedi

Cara-meningkatkan-penjualan-EKRUT.jpg

Bisnis yang berjalan dengan baik dan mampu bertahan tentu adalah bisnis yang terus memiliki omzet penjualan yang terus naik. Meski begitu, terkadang hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Pasalnya, kamu harus mengambil strategi yang tepat dan efektif. 

Guna membantumu dalam mengambil langkah, berikut adalah cara meningkatkan penjualan produk yang perlu kamu ketahui.

1. Tawarkan manfaat dari produk bukan fitur

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Produk di luar sana yang laku karena dilihat dari segi manfaatnya - EKRUT

Penelitian menunjukkan bahwa banyak produk di luar sana yang laku karena dilihat dari segi manfaatnya oleh pelanggan ketimbang fitur yang dimiliki oleh produk tersebut. 

Tentu kedua hal ini berbeda, di mana kalau fitur produk berbicara tentang apa yang dimiliki oleh produk tersebut. Sementara,  jika manfaat mengaktualisasikan hasil yang akan diperoleh bila pelanggan menggunakan produk tersebut. 

Nah umumnya pengguna akan berubah menjadi pelanggan ketika merasa terbantu dengan manfaat yang dimiliki oleh produk tersebut. 

2. Membangun kredibilitas merek

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Salah satu bentuk membentuk kredibilitas adalah dengan menyediakan layanan pelanggan yang baik - EKRUT

Membangun kredibilitas merek menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Pasalnya tanpa kredibilitas yang baik akan sulit bagi bisnis mencapai kesuksesan. 

Kamu bisa membangun kredibilitas merek salah satunya dengan menyediakan layanan pelanggan terbaik melalui layanan yang cepat, solutif, dan proaktif terhadap segala bentuk keluhan pelanggan. 

Apabila kamu tidak dapat membangun kredibilitas ini, maka pengguna yang kecewa dengan pelayananmu akan berbagi pengalaman negatif sehingga mencegah pengguna lainnya untuk menggunakan merekmu.

Baca juga: Mengenal peran dan tugas customer service dalam perusahaan

3. Memahami pelanggan dengan baik 

Cara meningkatkan penjualan EKRUT
 
Lakukan identifikasi pelanggan yang tepat untuk meningkatkan penjualan - EKRUT

Banyak bisnis berujung gagal karena melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi target market yang ingin dicapai. 

Padahal dengan mengetahui lebih dini terkait pelanggan yang dituju itu akan mempermudah bisnis membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan omzet penjualan. 

Oleh karena itu untuk membantu kamu melakukan identifikasi tersebut, coba jawab beberapa pertanyaan berikut ini terkait pelanggan. 

  • Berapa umur mereka?
  • Apakah mereka berpendidikan?
  • Apakah mereka laki-laki atau perempuan?
  • Berapa banyak uang yang mereka hasilkan?

Dengan menjawab pertanyaan di atas, diharapkan kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang pelangganmu. 

4. Tawarkan paket uji coba atau gratis

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Tawarkan produk uji coba untuk meyakinkan pelanggan - EKRUT

Ketika kamu menawarkan produk untuk meminta calon pengguna berlangganan, akan sulit bagi mereka menerima tawaran itu karena mereka akan berpikir apakah itu setimpal dengan biaya yang dikeluarkan atau tidak. 

Guna menjawab kebimbangan yang dirasakan oleh calon pengguna tersebut, tak ada salahnya menawarkan produk dengan paket uji coba gratis.

Lewat paket ini kamu bisa memberikan pengalaman kepada pengguna tentang produk yang kamu miliki. 

Membiasakan pengguna untuk mengenal produk dan merasakan manfaatnya. Bila akhirnya benefit dari produk tersebut cukup membantu, tentunya pengguna akan lebih memilih untuk berlangganan. 

5. Gunakan strategi pemasaran media sosial 

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Banyak penjualan yang sukses karenadibantu oleh penggunaan media sosial yang tepat - EKRUT

Pada tahun 2021 diperkirakan jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia mencapai 3.1 miliar orang. Angka yang cukup banyak dan membuat merek akhirnya melakukan promosi melalui media sosial seperti di Instagram, TikTok, dan lainnya.

Dengan membangun hubungan di kanal media sosial ini sebenarnya akan lebih mudah bagi suatu brand untuk memperkenalkan produk dan menjangkau lebih banyak orang. 

Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan pun terbilang minim bila dibandingkan dengan promosi tradisional pada umumnya.

Baca juga: 5 medsos ini paling banyak diakses di Indonesia 

6. Menentukan harga produk yang tepat 

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Jangan lupa juga untuk menentukan harga yang tepat untuk setiap produk - EKRUT

Langkah yang satu ini juga tidak kalah penting. Untuk menentukan harga produk yang tepat, lakukanlah riset pasar untuk mengetahui standar harga dari pesaing kamu. 

Prinsipnya jika kamu menawarkan produk dengan harga yang tinggi, maka kamu harus memberikan kualitas produk yang lebih baik. Namun, saat kamu menetapkan harga yang lebih rendah, pastikan juga bila produk tersebut bukanlah produk murahan.

7. Strategi bundling produk 

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Bundling produk jadi salah satu cara tepat untuk meningkatkan penjualan - EKRUT

Strategi lain yang bisa diterapkan dalam meningkatkan omzet penjualan adalah dengan membuat paket penawaran bundling produk. Bundling produk adalah sebuah teknik dimana produk di jual dan dikelompokkan sebagai suatu unit dengan satu harga. 

Biasanya dengan paket penawaran seperti ini akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, menghemat waktu dan membuat pelanggan membeli lebih banyak produk. 

Salah satu contoh bundling produk yang sukses dilakukan oleh Mcd melalui pilihan menu Happy Meals. Di mana pelanggan bisa membeli paket minuman ringan, burger, kentang, dan ayam dalam satu paket.

8. Memaksimalkan pelanggan yang sudah ada

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Jangan lupa maksimalkan pelanggan yang sudah ada - EKRUT

Tidak dipungkiri bahwa banyak bisnis berlomba untuk mendapatkan pelanggan baru lalu lupa memaksimalkan pelanggan yang sudah ada. 

Padahal pakar pemasaran mengatakan bila prospek penjualan yang terbaik adalah mengubah pelanggan yang sudah ada menjadi pelanggan lama.

Jika kamu bisa fokus pada pelanggan yang sudah terbukti, maka kamu bisa meningkatkan penjualan. 

9. Meminta feedback pelanggan 

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Melakukan riset untuk mengumpulkan feedback pelanggan jadi ide yang bagus - EKRUT

Melakukan riset untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan bisa jadi ide yang bagus untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, memperluas penawaran dan meningkatkan penjualan. 

Mintalah feedback kepada pelanggan tentang kekurangan dan masalah yang kerap ditemui tentang produk, serta hal apa yang membuat mereka senang dengan produk atau layananmu. 

Jika kamu jeli mengidentifikasinya feedback ini, tentu bisa menjadi peluang bisnis yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. 

10. Manfaatkan email marketing

Cara meningkatkan penjualan EKRUT 
Email marketing menjadi cara untuk memberitahu tentang produk terbaru atau promo - EKRUT

Cara meningkatkan penjualan yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan email marketing sebaik mungkin. Melalui email marketing ini nantinya kamu bisa mengirim email otomatis, mengirim korespondensi, buletin email dan lainnya.

Kamu juga bisa mengirimkan informasi terkait diskon dan penawaran, memberitahu tentang produk baru serta konten yang bermanfaat bagi pelanggan. 

Dengan tetap terhubung melalui email marketing, diharapkan pelanggan akhirnya tertarik dengan produk dan melakukan konversi.

Itu dia 10 cara meningkatkan penjualan yang tepat bagi bisnis. Di samping cara di atas, sebaiknya kamu juga melakukan personalisasi pelanggan agar ada unsur kedekatan dan mereka merasa diutamakan. 

Jangan lupa juga untuk membangun komunitas yang solid guna menghasilkan promosi dari mulut ke mulut yang lebih baik tentang produk. Diharapkan dengan cara-cara seperti ini upaya peningkatan penjualan kamu akan berhasil. 

cara meningkatkan penjualan EKRUT

Sumber: 

  • neilpatel
  • briantracy
  • localiq

Tags

Share