Register

careers

7 Tips membuat email marketing yang efektif

Nur Lella Junaedi

06 January 2020

tips-membuat-email-marketing-yang-efektif-EKRUT.jpg

Email marketing adalah bagian dari kampanye bisnis dengan mengirimkan email kepada beberapa pelanggan atau audiens yang menjadi target bisnis. Sayangnya email marketing ini biasanya sering dianggap spam lalu kemudian dihapus oleh pelanggan.

Hal itu bisa terjadi karena konten yang tidak menarik. Konten email marketing yang menarik biasanya dipoles secara personal, mengena dan inspiratif. Untuk informasi lebih lengkap, simak tips membuat email marketing yang efektif berikut ini.

Kenali berbagai jenis email marketing

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Kenali berbagai macam jenis email marketing-EKRUT

Ada berbagai macam email marketing yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui jenis-jenis email marketing tersebut kamu akan lebih mudah menciptakan beragam konten yang dibutuhkan.

  • Newsletter email, adalah email marketing yang dibuat sebagai sarana memberikan informasi kepada pelanggan tentang penawaran terbaru, promosi, penjualan, pemberian kupon , informasi produk dan lain-lain.
  • Press release email, email jenis ini biasanya dikirim kepada pelaku media sebagai bahan berita di media cetak, online hingga elektronik. Isinya biasanya berupa informasi kerja sama, atau pencapaian yang telah dilakukan oleh brand yang bersangkutan.
  • Katalog, adalah email marketing yang dibuat dalam bentuk katalog berfokus pada deskripsi singkat suatu harga produk disertai gambarnya. Pada email marketing jenis ini biasanya tidak menggunakan banyak kata-kata.
  • Email video, adalah jenis email marketing yang kontennya berupa video atau motion.
  • Email survei dan undangan. Seperti namanya email ini biasanya berisi  ajakan pembaca untuk mengisi kolom survei pelanggan atau menghadiri undangan acara, booth penjualan hingga undangan grup yang diadakan oleh brand tersebut
  • Digest email, adalah email marketing yang isinya berupa kumpulan link dari produk toko online dan artikel.
  • Email transaksional adalah email yang berisi pemberitahuan terhadap proses transaksi pelanggan yang dilakukan melalui situs atau aplikasi tertentu serta sasarannya hanya kepada orang yang melakukan transaksi

Baca juga: Ide email marketing menarik dan efektif meningkatkan bisnis

Tentukan tujuan dari pembuatan email marketing

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Salah satu tujuan dari email marketing adalah memelihara pelanggan yang prospek-EKRUT

Semua pemasaran yang baik bermula dari tujuan yang jelas. Bila sudah jelas maka targetnya akan mudah diraih. Adapun beberapa tujuan pembuatan email marketing yakni,

  • Memelihara pelanggan yang menjadi prospek 
  • Membentuk segmentasi pelanggan dengan target penerima yang telah ditetapkan
  • Menyapa pelanggan baru untuk memberitahukan terkait jenis produk, hingga model bisnis untuk membangun ikatan awal yang bagus dengan pelanggan
  • Mengajak kembali pelanggan yang lama
  • Meningkatkan keterlibatan

Menambah daftar pelanggan email marketing baru

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Kamu juga jangan lengah untuk menambahkan list subscriber baru-EKRUT 

Tips membuat email marketing yang efektif lainnya yakni terus menambah daftar penerima email marketing.Oleh sebab itu, formulir berlangganan email harus tersedia di berbagai platform seperti di bagian awal situs sampai di dalam konten situs yang mungkin dibuka oleh pelanggan. 

Baca juga: 4 kesalahan dalam email yang sering dijumpai

Kamu juga dapat menambah list pelanggan dengan cara membuka stan di salah satu event yang disediakan dan menggunakan tools digital fire

Buat email marketing yang bersifat personal

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Salah satu contoh email marketing yang bersifat personal-EKRUT

Membuat konten email yang lebih bersifat personal bisa menjadi tips lain membuat email marketing lebih efektif. Caranya adalah dengan mengirimkan email satu persatu ke subscriber atau tidak melakukannya dengan cara email blast.

Di email itu kamu juga dapat menambahkan nama panggilan kepada pelangganmu serta membuat konten yang isinya sepribadi mungkin.

Buat pembaca untuk dapat berpartisipasi

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Buat konten email marketingmu memancing pembaca untuk bereaksi-EKRUT

Email marketing meskipun sifatnya bisnis ternyata kamu bisa saja membuat subscriber-mu untuk merespon. Fokuskan email-mu pada tiga variable di bawah ini:,

  • Buatlah konten email marketing lebih menghibur dan khas sehingga menarik pembaca untuk dapat berkomentar
  • Konten email marketing yang sesuai target. Bisa dilihat dari gender penerimanya ataupun ketertarikannya terhadap minat dan kebutuhan. Ini akan membuat mereka untuk merespon bahkan membagikan kepada calon pelanggan lain
  • Membuat email yang lebih personal

Email marketing bersifat mobile friendly

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT 
Tips membuat email marketing yang efektif juga harus memerhatikan tampilan mobile friendly-EKRUT

Orang-orang biasanya banyak mengecek email masuk melalui telepon genggam. Oleh sebab itu, penting bagimu dan tim developer untuk memastikan bahwa email marketing bisa ramah dibuka melalui smartphone. Ini sesuai dengan hasil riset yang menyebutkan bila hampir 66 persen email dibuka melalui smartphone dan tablet.

Tersambung dengan tautan dalam konten email marketing

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT
 
Email marketing konten di dalamnya harus terdapat tautan yang langsung menuju situsmu-EKRUT

Salah satu target dari pembuatan email marketing adalah dengan meningkatnya kunjungan ke laman situs dari brand yang bersangkutan. Sehingga di dalam konten yang kamu sebar kamu juga perlu menyertakan tautan terkait yang langsung menuju situs perusahaanmu. Ini dilakukan untuk memancing peningkatan aktivitas ke situs.

Baca juga: Prediksi tren email marketing di tahun 2019

Itulah beberapa tips membuat email marketing yang efektif. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk membuat email marketing yang lebih efisian di antaranya membuat tampilan konten yang rapi dan tidak terlihat penuh, membuat mudah berhenti berlangganan dan lain-lain. Kamu dapat mencobanya juga di lain waktu.

tips membuat email marketing yang efektif EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share