Published on

Careers

6 Cara menjadi developer aplikasi di perusahaan startup

Tsalis Annisa

cara-menjadi-developer-EKRUT.jpg

Menjadi Developer aplikasi tidak hanya akan membuatmu diburu oleh banyak perusahaan. Pekerjaan ini juga fleksibel karena hardskill yang kamu miliki tidak terbatas hanya untuk merancang aplikasi tertentu. Belum memiliki skill-nya? Tenang, ada banyak cara menjadi Developer yang bisa dilakukan tahap demi tahap.

Peran internet yang begitu besar dalam kehidupan membuat banyak perusahaan startup mengambil kesempatan dengan meluncurkan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Guna memenuhi tujuan ini, perusahaan startup tentu membutuhkan banyak Developer aplikasi.

Kamu juga dapat menjemput kesempatan bekerja sebagai Developer dengan tips berikut.

1. Mengikuti pelatihan programming

Pelatihan programming merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari skill seorang Developer. Pasalnya, kegiatan ini dirancang untuk membangun skill dari nol hingga siap kerja hanya dalam waktu singkat, yakni 12 minggu. 

Selama menjalani pelatihan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai latihan efektif yang dipandu oleh para Developer profesional. Kamu juga akan mempraktikkan secara langsung ilmu yang didapatkan selama pelatihan.

2. Memahami HTML dan CSS

HTML (hypertext markup language) dan CSS (cascading style sheets) adalah fondasi utama yang perlu kamu kuasai untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Developer. Keduanya dapat kamu pelajari melalui pelatihan programming, buku, atau situs belajar programming gratis.

Situs dan aplikasi yang kamu akses setiap hari sebenarnya merupakan sekumpulan berkas HTML. Berkas-berkas ini polos dan tidak menarik bagi pengguna. Peran CSS adalah memberikan nilai estetik pada situs dan aplikasi sehingga tampilannya lebih menarik.

3. Memahami JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan objek interaktif pada situs dan aplikasi. Bahasa pemrograman inilah yang memungkinkan adanya kuis online, polling, dan fitur sejenis yang sering muncul pada situs.

Dasar-dasar JavaScript sebenarnya cukup mudah seperti halnya HTML dan CSS. Kamu pun bisa belajar secara gratis melalui berbagai situs programming. Namun, tingkat kesulitan JavaScript akan meningkat seiring bertambahnya materi sehingga kamu harus sering berlatih agar semakin memahaminya.

cara menjadi developer - EKRUT
Pelajari apa saja kualifikasi yang dibutuhkan jika kamu ingin menjadi Developer di perusahaan startup - EKRUT

4. Mempelajari kualifikasi seorang Developer

Jika kamu ingin menjadi Developer di perusahaan startup, maka kamu perlu mempelajari apa saja kualifikasi yang dibutuhkan. Skill yang tertera pada daftar kualifikasi Developer juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam mempelajari programming.

  • Beberapa kualifikasi yang dibutuhkan dari seorang Developer aplikasi antara lain:
  • Pengetahuan tentang HTML, CSS, dan JavaScript
  • Kemampuan membuat situs dan aplikasi
  • Portofolio skill dan pengalaman
  • Memahami version control

Perusahaan pun akan lebih menyukaimu jika kamu memahami pustaka JavaScript seperti jQuery, AJAX, dan Bootstrap. Kuasai pula kemampuan debugging untuk mengatasi masalah yang sering muncul pada aplikasi.

5. Memahami version control system

Version control adalah sistem yang memungkinkan kamu untuk menyimpan berkas sehingga bisa digunakan dan diubah kembali di kemudian hari. Saat mempelajari version control, kamu juga akan mempelajari layanan repositori yang disebut GitHub.

Sebelum mengunggah proyek aplikasi ke mana pun, kamu perlu mengerjakannya dalam editor lokal. Kemudian, kamu akan membuat repositori GitHub, menghubungkannya ke folder lokal berisikan proyek aplikasi, dan menampilkannya pada GitHub. Kamu telah siap menjadi Developer jika sudah mampu melakukannya.

6. Membuat proyek aplikasi

Cara terbaik untuk menjadi Developer aplikasi di perusahaan startup adalah dengan membuat suatu proyek. Kamu bisa memulainya dengan membuat situs atau langsung merancang aplikasi, yang terpenting kamu dapat melakukan semua langkahnya.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan skill kamu dalam programming. Jadi, hindari membuat proyek yang terlalu sulit atau terlalu mudah. Tidak perlu takut jika kamu perlu mempelajari skill baru selama jalannya proyek. Ini akan menambahkan pengetahuan baru dalam ilmu programming yang kamu kuasai.

Cara menjadi Developer aplikasi perusahaan startup dapat diuraikan menjadi beberapa langkah di atas. Lakukan satu demi satu agar kamu tetap fokus dalam mempelajarinya.

Jangan lupa membuat portofolio untuk menunjukkan hasil kerjamu sebagai Developer. Tampilkan 5 proyek HTML dan CSS serta 5 proyek JavaScript dalam suatu situs interaktif yang mengundang minat perekrut.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • valuepinguin.com
  • makewebsitehub.com
  • freecodecamp.org

Tags

Share