Published on

jobs

5 Manfaat ini alasan kamu harus ikut hackathon

Tsalis Annisa

hackathon-EKRUT.jpg

Hackathon adalah ajang yang amat bermanfaat bagi Developer, di mana kamu akan menghabiskan 24 jam hingga seminggu untuk menciptakan, membangun, dan mengembangkan suatu produk. Kamu akan berkolaborasi dalam tim yang terdiri dari berbagai latar belakang untuk merancang sebuah proyek software mutakhir.

Ajang ini dimulai dengan pengenalan acara, lalu disusul oleh pembentukan tim dan pengajuan ide. Bersama anggota tim, kamu akan mewujudkan ide tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan. Produk jadi kemudian dipresentasikan di hadapan audiens dan produk terbaik akan menjadi pemenangnya.

Tidak hanya menghasilkan produk-produk mutakhir, hackathon juga memberikan keuntungan lain untukmu. Berikut di antaranya.

Bertemu dengan orang-orang baru

Orang-orang yang berpartisipasi dalam hackathon merupakan Programmer, Developer, Designer, Project Manager, bahkan para pelaku bisnis yang potensial. Bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang beragam akan memperluas jaringan perkenalanmu, bahkan mungkin meningkatkan peluang untuk direkrut oleh perusahaan impian.

Kamu juga dituntut untuk bekerja secara efektif dengan orang-orang yang baru kamu kenal. Didasari tujuan yang sama, kamu dan anggota tim yang lainnya bisa membangun pertemanan kuat dengan skill profesional yang mumpuni. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin terasah pula kemampuanmu.

Menjadi nilai tambah di CV

Hackathon adalah sumber pengalaman yang berharga untuk ditambahkan ke dalam CV. Pasalnya, kamu menerapkan ilmu teknologi yang kamu miliki secara langsung. Bahkan, nilai tambahmu pun semakin besar bila produk yang kamu rancang memenangkan kompetisi.

Acara ini juga secara tidak langsung telah melatih soft skills yang kamu miliki. Pengalaman kamu dalam bekerja dengan tim, memecahkan masalah, berinovasi, dan menghadapi tantangan kian bertambah. Seluruh kemampuan ini menggambarkan bahwa kamu adalah orang selalu ingin mengembangkan diri.

hackathon - EKRUT
Hackathon dapat membantumu direkrut perusahaan - EKRUT

Meningkatkan peluang untuk direkrut perusahaan

Hackathon tidak hanya menjadi ajang bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuannya, tapi juga kesempatan bagi banyak perekrut untuk menemukan kandidat yang potensial. Melalui acara ini, perekrut bisa menilai hal-hal yang mungkin tidak akan ditemukannya saat interview.

Para perekrut bisa melihat cara kamu bekerja, mengatur strategi, mengendalikan situasi, serta seberapa produktif kamu dalam sebuah tim. Mereka juga dapat menilai sendiri apakah karakteristik yang kamu miliki sesuai dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja.

Meningkatkan kemampuan sebagai Developer

Faktanya, sebanyak 66% dari seluruh peserta hackathon berpartisipasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis mereka secara umum. Sementara itu, sebanyak 51% di antaranya ikut serta karena ingin mengembangkan kemampuannya dalam bidang teknologi, termasuk untuk menguasai bahasa dan kerangka pemrograman.

Hackathon juga memacu para pesertanya untuk berinovasi melalui produk-produk yang kamu rancang. Anggota tim dari latar belakang yang berbeda turut memberikan kamu sudut pandang dan ide yang juga beragam. Dengan waktu yang terbatas, kamu akan dituntut untuk menjadi sekreatif mungkin.

Baca juga: Begini cara menjadi front end developer handal

Metode branding yang efektif

Bila perusahaan tempatmu bekerja berencana untuk menyelenggarakan hackathon, maka ini bisa menjadi kesempatan emas bagi perusahaan untuk unjuk gigi. Peserta yang mewakili perusahaan lain dapat mengetahui profil dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan penyelenggara.

Sponsor yang turut hadir juga dapat memberikan keuntungan seperti lisensi bagi produk-produk yang memenangkan kompetisi. Inilah sebabnya hackathon tidak hanya sekadar menjadi acara adu inovasi, tapi juga metode branding yang efektif bagi pihak penyelenggara.

Selain kelima poin di atas, masih ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berpartisipasi dalam hackathon. Sekalipun kamu tidak memenangkan kompetisinya, hackathon tetap memberikan kesenangan bagi orang-orang yang bergelut dalam bidang ini.

Jika kamu belum pernah berpartisipasi dalam acara ini, mungkin kamu perlu mencobanya terlebih dulu untuk mendapatkan manfaatnya. Ingat, tidak pernah ada kata rugi ketika kamu mempelajari suatu skill yang bermanfaat.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • apiumhub.com
  • stackoverflow.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_iOS_Developer.jpg

Expert's Corner

iOS Developer: Latar Pendidikan, Tugas, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Algonz D.B. Raharja

18 May 2022
5 min read
H1_Nodejs.jpg

Technology

Node.js Adalah: Cara Kerja, Frameworks dan Tools Beserta Kelebihannya

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
H1_Data_Engineer.jpg

Expert's Corner

4 Cara Memulai Karier Data Engineer Beserta Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read