Media

Mau menjadi Full Stack Developer? ini skills yang dibutuhkan
By Tsalis Annisa - 2 April 2019
5 min read 129 Views

Namun, sebelum membahas apa saja skills yang dibutuhkan oleh seorang Full Stack Developer, mari bahas apa saja tanggung jawabnya. Seorang Full Stack Developer adalah seorang ahli teknologi yang harus mampu memperbaiki front-end maupun back-end dari sebuah aplikasi.

Oleh karena itu, orang yang bekerja pada posisi ini perlu paham dan familiar dengan hal seperti tampilan utama yang berkaitan dengan user interface, tampilan dapur aplikasi yang berkaitan dengan validasi data, dan tampilan database.

Seorang Full Stack Developer memang tidak perlu menguasai segala jenis teknologi, namun setidaknya mampu memenuhi keinginan klien dan mengembangkan aplikasi sesuai permintaan.  Selain itu, profesi ini juga memerlukan beberapa skills pendukung lainnya seperti di bawah ini.

Hard skills yang dibutuhkan oleh seorang Full Stack Developer

Berikut ini adalah beberapa kemampuan teknis yang sebaiknya kamu miliki jika ingin menjadi seorang Full Stack Developer yang handal.

Menguasai teknologi front-end

Seseorang yang berkecimpung dengan profesi Full Stack Developer perlu menguasai beberapa teknologi esensial yang berkaitan dengan front-end seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript. 

HTML dan CSS adalah salah satu ilmu dasar yang tidak dapat digantikan untuk profesi satu ini. HTML5 dan CSS3 merupakan dua skill yang dibutuhkan untuk memodifikasi konten dan bagian aplikasi yang dekat dengan pengguna.

Begitu pula dengan JavaScript yang merupakan bahasa terpopuler di internet dan tidak hanya digunakan pada front-end namun juga back-end. Bahasa pemrograman satu ini dapat dikatakan sangat penting untuk seorang Developer.

Ahli dalam bahasa pemrograman untuk back-end

Tidak hanya tampilan depan saja yang memerlukan optimasi agar tetap benar-benar berfungsi. Oleh karena itu, dibutuhkan juga kesinambungan antara back-end dan integrasi user interfere.

Terdapat beberapa jenis bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk Back-end, seperti Node.js, Python, Ruby, dan lain-lain.  Node.Js pada dasarnya menggunakan JavaScript, jadi penggunanya harus mengetahui dan menguasai dasarnya terlebih dahulu.

Ada lagi Python yang merupakan bahasa pemrograman yang juga populer dan mendapat banyak permintaan dari beragam perusahaan. Sebab, pemrograman satu ini sejatinya merupakan bahasa sintaks yang sangat sederhana.

Pengetahuan database yang mumpuni

Kemampuanmu menguasai data adalah kunci sukses lainnya sebelum menjadi seorang Full Stack Developer. Ketika terjadi suatu kesalahan pada situs saat menarik data dari database, seorang Developer yang dapat memperbaiki kode tanpa memberikan dampak negatif pada database akan sangat berharga.

Skill satu ini turut melibatkan hal lain, yaitu kemampuan menyelesaikan masalah. Bagaimana seorang Developer mengatasi masalah akan memberikan dampak besar tidak hanya untuk karirnya namun juga untuk perusahaan tempatnya bekerja.

Jadi, seorang Developer harus mampu melihat secara objektif ketika dihadapkan pada masalah. Cara ini akan membuatmu lebih mudah mengetahui apa akar dan penyebab masalah sebelum pada akhirnya lebih mudah menuntunmu menemukan solusi yang tepat.

Baca juga: 9 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2019

full stack developer - EKRUT
Selain mengerti beberapa bahasa pemrograman, seorang Full Stack Developer juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik - EKRUT

Soft skills yang dibutuhkan oleh seorang Full Stack Developer

Selain kemampuan teknis, beberapa soft skills di bawah ini juga perlu dimiliki oleh kamu.

Kemampuan komunikasi yang baik

Seorang Developer akan dituntut untuk menjembatani beragam ilmu dan disiplin yang berbeda dengan dunia digital. Sehingga, kemampuan komunikasi yang baik dan efektif dengan berbagai macam audiens berbeda organisasi sangat diperlukan.

Selain itu, seorang Developer juga akan dituntut untuk mampu berbicara ketika ada pertemuan dengan divisi lain atau customer. Bahasa pemrograman dan dunia digital merupakan suatu hal yang rumit, oleh karena itu kemampuan menyampaikannya dengan baik dan mudah dimengerti sangat diperlukan oleh seorang Developer.

Keinginan belajar teknologi baru

Sebagai Full Stack Developer, pekerjaanmu pasti erat kaitannya dengan teknologi. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tidak cepat puas dengan ilmu yang dimiliki saat ini, dan selalu memiliki keinginan untuk belajar teknologi baru.

Kemampuan berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis dan memiliki inisiatif yang baik merupakan hal yang diperlukan bagi seorang Full Stack Developer. Pasalnya, seseorang yang memiliki pemikiran yang kritis mampu mengevaluasi situasi dengan menggunakan logika dan memberikan solusi terbaik.

Kemampuan menyelesaikan masalah

Sebagai seorang Full Stack Developer perusahaan akan mengharapkan kamu dapat menyelesaikan masalah yang saling berhubungan selama siklus pengembangan. Sehingga dengan begini, kamu dapat memberikan kualitas yang konsisten baik untuk seluruh proyek.

Jadi, untuk menjadi seorang Full Stack Developer kamu perlu memiliki pikiran yang terbuka, mau belajar, dan tidak gagap terhadap teknologi baru. Setidaknya, kuasailah beberapa teknologi yang telah disebutkan sebelumnya.

Tetapi, jangan lupa kuasai juga soft skill seperti komunikasi dan kerja sama tim untuk semakin mendukung pekerjaan Developer. Kemampuan tersebut juga mampu membantu kamu menjadi seorang Developer yang baik. Sekarang sudah tahu, kan, apa saja yang perlu kamu miliki sebelum menjadi Full Stack Developer?

Nah, kalau begitu, mari segera kuasai dan jadi salah satunya, yuk! Selain itu, untuk mengembangkan kariermu, cobalah untuk mendaftarkan diri di situs talent marketplace. Cara ini akan memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan sebagai Full Stack Developer.

Pasalnya, kamu hanya perlu mendaftarkan dirimu dengan menggunakan akun LinkedIn, lalu pekerjaan yang cocok akan datang kepadamu. Menarik, bukan? Agar semakin paham, cari tahu informasi selengkapnya mengenai cara baru cari kerja yang lebih efektif.

full stack developer - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: pengembangan karier, karier, skill set, developer, full stack developer

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang