Published on

jobs

5 Cara menjadi full stack developer yang andal!

Tsalis Annisa

cara-menjadi-full-stack-developer-EKRUT.jpg

Secara harfiah, Full Stack Developer adalah seorang spesialis di bidang back-end dan front-end. Orang-orang ini sangat jago dalam hal coding. Mereka tidak akan pernah berhenti mempelajari teknologi baru serta menerapkannya langsung dalam setiap proyek yang dikerjakan.

Oleh karena itulah, seorang Full Stack Developer sangat penting di tahun 2019 ini. Mereka sangat paham soal teknologi back-end dan front-end yang tentunya berguna sekali untuk perusahaan. Lalu, bagaimana cara menjadi Full Stack Developer yang andal tersebut? 

Nah, di bawah ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang Full Stack Developer yang kamu impikan.

1. Pelajari semua bahasa pemprograman yang diperlukan

Cara menjadi Full Stack Developer yang pertama tak lepas dari rasa ingin tahu dan kerja keras tanpa henti-henti.  Berusahalah untuk menguasai bahasa pemprograman yang diperlukan, ini beberapa di antaranya:

JavaScript

JavaScript sangat penting dipelajari jika kamu ingin menjadi Full Stack Developer. Program ini akan sangat berguna, baik di back-end dan front-end.

Backend technologies

Setelah menguasai HTML/CSS dan JavaScript, kamu harus belajar setidaknya satu bahasa yang akan digunakan untuk membuat koding back-end

Cobalah ambil kursus untuk mempelajari hal ini. PHP, Java, Phyton, atau SQL, setidaknya ada satu yang benar-benar kamu kuasai.

2. Pertajam pengetahuan dan kemampuanmu

Supaya dapat memahami sistem yang kompleks, wajib hukumnya mempertajam dasar pengetahuan yang kamu miliki. Apalagi jika kamu adalah seorang pemula. JavaScript dan HTML/CSS sangat penting untuk membentuk basis pengembangan situs.

Guna mengukur kemampuan kamu, tak ada salahnya menguji pengetahuan dengan cara membuat sebuah laman situs sebagai latihan.  Coba kerahkan semua pengetahuan yang kamu miliki. Konsep dasar pemprograman akan membantu meningkatkan kemampuanmu dalam coding.

cara menjadi full stack developer - EKRUT
Agar menjadi seorang Full Stack Developer yang andal, cobalah untuk mengikuti latihan dan cobalah untuk kuasai salah satu teknologi - EKRUT

3. Tak perlu semua, cukup jadi ahli dalam satu bidang

Ketika kemampuanmu meningkat, kamu akan mulai menyadari bahwa banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Namun, tentu tak bisa semuanya kamu kuasai dengan baik. Untuk itu, setidaknya kamu harus menjadi ahli dalam salah satunya.

Ada banyak kasus programmer gagal karena terlalu memaksakan diri menguasai semuanya. Tidak perlu begitu kok cara menjadi Full Stack Developer yang andal. Hal yang penting, kamu harus menguasai salah satu teknologi lebih baik dari yang lainnya.

4. Ikut latihan dan kursus

Jangan pernah menganggap dirimu sudah jago dan tak perlu belajar lagi. Percaya tidak bahwa seorang Programmer yang sudah jago pun masih terus belajar seumur hidupnya. Apalagi kini perkembangan teknologi sangatlah pesat.

Jika kamu malas untuk belajar dan berkembang, bisa-bisa pengetahuan yang kamu miliki ketinggalan zaman. Kursus online bisa jadi alternatif yang tepat.

5. Bangun koneksi yang baik

Cara menjadi Full Stack Developer yang andal adalah selalu up to date dengan keadaan. Demi mewujudkannya, bangunlah network yang baik. Gabunglah bersama komunitas atau grup yang bergelut dalam bidang teknologi. Bisa dari media sosial, forum online, maupun aplikasi chatting lainnya.

Bergabung dengan komunitas akan membuatmu aware dengan teknologi dan informasi terbaru. Menjadi Full Stack Developer serba bisa pun bukan lagi jadi impian semata.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk jadi jagoan Full Stack Developer. Yuk, kembangkan terus kemampuanmu dan jangan pernah lelah untuk selalu belajar. Semangat!

Rekomendasi bacaan:

Sumber: 

  • hackernoon.com
  • techgenix.com
  • usersnap.com

Tags

Share