Published on

jobs

Cara menjadi Technical Writer yang andal

Nur Lella Junaedi

Cara-menjadi-Technical-Writer-yang-andal-EKRUT.jpg

Pekerjaan Technical Writer nampaknya lambat laun akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk menulis berbagai macam konten yang mudah dipahami konsumen, seperti manual book hingga presentasi untuk klien.
 
Bila kamu tertarik untuk menjadi Technical Writer, coba perhatikan cara menjadi Technical Writer berikut ini,

Mengetahui latar belakang pendidikan Technical Writer

 
Salah satu latar belakang pendidikan sebagai Technical Writer adalah sarjana ilmu komunikasi - EKRUT

Biasanya pekerjaan Technical Writer berasal dari disiplin ilmu komunikasi yang fokus dalam bidang jurnalistik, ilmu sains seperti teknik informatika, biologi, kimia, fisika, dan latar belakang pendidikan bahasa Inggris.  

Ketentuan ini tidak baku, bahkan seorang Technical Writer mungkin bisa berasal dari latar belakang disiplin ilmu lainnya. 

Hal terpenting adalah mampu menulis dan mempelajari bidang teknik yang dapat disampaikan secara mudah.

Baca juga: Poin penting pertanyaan interview Technical Writer

Menguasai hard skills sebagai Technical Writer

cara menjadi Technical Writer EKRUT 

Hard skills yang paling penting sebagai Technical Writer adalah menulis- EKRUT

Penting bagi Technical Writer untuk dapat menguasai keterampilan hard skills yang menunjang pekerjaan mereka. Adapun hard skills yang dibutuhkan yaitu:

Menulis, keterampilan utama yang harus dimiliki oleh Technical Writer di mana produk yang dihasilkan adalah berupa konten bacaan. 

Penting bagi Technical Writer untuk bisa luwes dalam menulis ulasan teknik produk yang mudah dimengerti meski bersifat teknis.

Beberapa contoh gaya penulisan yang dapat kamu jadikan referensi misalnya Microsoft Manual of Style, Chicago Manual of Style, dokumentasi Google, Amazon dan lain-lain.

Menguasai keterampilan pengujian, tugas lain dari Technical Writer selain menulis adalah melakukan uji kegunaan dan validasi dokumen.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa suatu produk dapat berfungsi sebagaimana mestinya, seperti yang terdapat di dalam dokumentasi.

Menguasai publishing tools, menjadi nilai tambah bila kamu dapat menguasai alat yang digunakan untuk menghasilkan dokumentasi teknis. 

Adapun jenis publishing tools di antaranya Robohelp, Adobe FrameMaker, PageMaker, Quark dan MadCap Flare.

Menguasai desain grafis, nilai tambah lainnya bagi Technical Writer apabila mereka dapat menguasi tools grafis. Tools ini digunakan untuk membuat grafik, ilustrasi, hingga diagram. 

Beberapa contoh tools desain grafis yakni Adobe Photoshop, Illustrator, Corel Draw dan lain-lain.

Baca juga: Tools yang wajib diketahui oleh Technical Writer

Menguasai soft skills sebagai Technical Writer

cara menjadi Technical Writer EKRUT 
Salah satu soft skill Technical Writer adalah dapat berkomunikasi dengan baik- EKRUT

Selain menguasai keterampilan hard skills yang telah disebutkan di atas, seorang Technical Writer juga harus mampu menguasai keterampilan soft skills, sebab dalam suatu perusahaan mereka tidak bekerja sendiri tetapi melibatkan tim.

Komunikasi, Technical Writer memiliki otoritas untuk bertanya kepada narasumber teknik yang diperlukan, baik dari tim produk, developer dan konsumen.

Sehingga penting bagi Technical Writer untuk dapat menjalin komunikasi dengan subjek tersebut serta tidak malu untuk menanyakan lebih jelas  terkait produk yang didokumentasikan.

Memerhatikan detail, keterampilan soft skill selanjutnya yang diperlukan adalah teliti terhadap detail. 

Ini penting diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan ketik, ejaan, dan istilah asing saat dokumen disebarkan kepada konsumen.  

Mau belajar, Technical Writer dituntut untuk dapat melakukan ekplorasi, mencari tahu tentang bagaimana suatu produk bahkan suatu aplikasi dapat berjalan.

Terus mengasah pengetahuan terhadap hal yang baru juga menjadi keterampilan selanjutnya yang diperlukan oleh Technical Writer

Hal ini disebabkan karena setiap proyek biasanya akan terus berganti-ganti dengan produk dan aplikasi yang berbeda.

Fleksibel, menjadi hal umrah dalam suatu proyek bila terjadi perubahan terutama saat pembuatan aplikasi.

Dari sini lah Technical Writer dituntut untuk mudah beradaptasi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai macam perubahan yang ada.

Baca juga: 5 kiat adaptasi di kantor baru

Itulah cara menjadi Technical Writer yang bisa kamu perhatikan. Dalam prosesnya kamu dapat meningkatkan keterampilan itu seiring waktu sehingga kamu bisa menjadi Technical Writer yang andal. 

cara menjadi Technical Writer EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

  • Careerexplorer.com
  • Medium

Tags

Share