careers

8 Pertanyaan interview Content Editor dan tips menjawabnya

Nur Lella Junaedi

03 May 2020

Pertanyaan-interview-content-editor-EKRUT.jpg

Jika dulu editor artikel hanya melakukan penyuntingan terhadap artikel. Sekarang profesi yang lebih dikenal dengan Content Editor ini pun dituntut lebih. Misalnya saja, mengerti SEO dan sedikit pengetahuan mengenai CSS. 

Oleh karena itu, agar proses interview kamu sebagai Content Editor berjalan dengan lancar, berikut adalah beberapa pertanyaan interview untuk Content Editor

1. Apa yang kamu ketahui tentang Content Editor?

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Sebelum bekerja kamu harus tahu deskripsi dan tanggung jawab pekerjaan yang kamu lamar - EKRUT

Pertanyaan interview Content Editor yang pertama adalah seputar pengetahuanmu mengenai profesi ini. Jika pewawancara mengajukan pertanyaan ini, pada dasarnya mereka hanya ingin melihat apakah kamu benar-benar tahu apa itu Content Editor.

Kamu bisa menjawab bahwa Content Editor adalah orang yang bekerja untuk menciptakan, mengoreksi dan mengevaluasi berbagai jenis konten baik berupa artikel, gambar, video atau presentasi sebelum dipublikasikan.

Baca juga: Ini 4 cara menjadi Content Creator handal di startup

2. Sebutkan tugas Content Editor?

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Seorang Content Editor harus mampu menciptakan ide untuk konten baru- EKRUT

Pertanyaan interview Content Editor lainnya yang juga kerap ditanyakan adalah mengenai pengetahuan akan tugas content editor itu sendiri.

Tugas Content Editor layaknya seorang koordinator yang memiliki banyak tugas yang berbeda. Kamu perlu untuk meyakinkan perekruter bahwa dirimu mengetahui secara garis besar tugas Content Editor.

  • Bertanggung jawab mengelola jadwal penayangan konten serta memastikan bahwa konten regular bisa tayang tepat waktu
  • Mengoptimalkan konten melalui berbagai tools yang tersedia. Salah satunya memahami cara menulis artikel SEO Friendly,  menguasai Google Analytic, digital analytic dan lain-lain.
  • Mengoreksi konten sebelum dipublikasikan
  • Menghasilkan ide dan konsep yang baru untuk layanan serta produk baru di perusahaan

3. Bagaimana cara kamu membuat rencana dan prioritas pekerjaan? 

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Memiliki kalender editorial akan membantu Content Editor memantau dan mengatur prioritas kerja - EKRUT

Pertanyaan interview Content Editor ini ingin melihat bagaimana kamu dapat mengorganisir pekerjaan dan memenuhi tenggat waktu yang ada. 

Sebab tugas Content Editor tidak hanya berkutat pada penyuntingan tapi juga menciptakan ide dan mendelegasikan tugas kepada penulis. 

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menjelaskan caramu mengelompokkan tugas berdasarkan tenggat waktu untuk menentukan prioritas. 

Baca juga: Tingkatkan kinerja dengan 6 cara bekerja efektif dan efisien

4. Sebutkan buku terakhir yang kamu baca?

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Hobi membaca akan membantu content editor mengembangkan kemampuan bahasanya - EKRUT

Perlu kamu ketahui bahwa jenis pertanyaan interview Content Editor ini tidak selalu ada dalam setiap interview. Akan tetapi, kamu perlu menyiapkan jawab terbaikmu.

Pasalnya, membaca buku dan memberikan ulasan terhadap buku yang kamu baca, dapat membantu perekruter dalam mengambil kesimpulan bahwa kamu orang yang memiliki kemampuan cukup baik terhadap bidang kepenulisan.

Sebagai mana kita tahu, bahwa posisi ini erat kaitannya dengan dunia tulis menulis. Sehingga kemampuan bahasa dan hobi membaca bisa menjadi nilai tambah.

5. Bagaimana Content Editor memelihara hubungan baik dengan media

pertanyaan interview content editor EKRUT
Penting bagi Content Editor untuk menjaga hubungan baik dengan media - EKRUT

Sebagian Content Editor juga bertugas dalam menyebarkan berita atau berkolaborasi dengan media lain. Oleh karena itu, perekrut perlu melihat bagaimana caramu membangun dan menjaga hubungan baik dengan media.

Baca juga:  Cara menjadi seorang Content Editor yang baik

6. Jelaskan proses yang biasanya kamu lakukan untuk menyunting artikel?

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Seorang content editor harus teliti - EKRUT

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yakni membaca semua konten artikel tersebut, apakah sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau belum.

Kedua, mencari kesalahan tulisan berupa kesalahan ejaan atau kaidah dari tulisan tersebut, lalu memperbaikinya. Ketiga, mengulang membaca kembali artikel tersebut. Dan memastikan bahwa kesalahan tata bahasa telah diperbaiki.

7. Bagaimana mengetahui bahwa suatu tulisan itu bagus?

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Content Editor harus bisa memastikan setiap kualitas tulisan yang baik - EKRUT

Bagian ini bisa dilihat dari informasi yang disampaikan dalam konten tersebut. Kamu bisa mengatakan bahwa tulisan yang bagus adalah tulisan yang bisa membuka wawasan pembaca, terpengaruh oleh ajakan penulis, padat, singkat, jelas serta minim kesalahan ejaan.

8. Bagaimana cara kamu mengelola media sosial yang kamu miliki?

pertanyaan interview Content Editor EKRUT 
Memiliki media sosial dan bagaimana kamu mengelola media sosial terkadang jadi bahan pertanyaan interview-EKRUT

Ada kemungkinan bila perekrut akan menanyakan ini berkaitan dengan pekerjaan yang kamu jalani, di mana media sosial jadi platform bagi siapa saja termasuk perusahaan dalam mengkampanyekan produknya.

Bila kamu orang yang kreatif dan bisa mengelola feed media sosialmu, kamu bisa menunjukan hal tersebut kepada perekrut bahwa dengan pengelolaan feed yang baik kamu mendapatkan follower baru.

Namun bila kamu belum ke arah sana, kamu pun bisa mengatakan bahwa kamu mengerti akan pentingnya citra publik di media sosial. Sehingga kamu bisa mengendalikan media sosial itu dengan memilah mana konten pribadi dan publik. 

Dengan begitu kamu menghindari banyak drama di media sosial dan lebih banyak menebar hal positif.

Baca juga6 Pertanyaan interview kerja khusus untuk Content Writer

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview Content Editor. Kamu dapat mengaplikasikan jawabannya saat ditanya oleh user.  

Jika kamu ingin menjadi Content Editor, carilah informasi mengenai cara menjadi editor.

Misalnya, selain mengetahui beberapa pertanyaan interview Content Editor di atas, kamu juga perlu tahu apa saja keterampilan Content Editor yang dibutuhkan selain jurnalistik dan editing, seperti mengerti media sosial, adobe photoshop, adobe indesign, budgeting, dan komunikasi.

Semoga berhasil!

pertanyaan interview content editor - EKRUT
Last update :  03 Mei 2020
Rekomendasi Bacaan:

Sumber: 

Tags

Share