Published on

Technology

Cara Menulis Cerita di Wattpad dan Tips Agar Banyak Pembaca

Alvina Vivian

H1_wattpad_adalah.jpg

Sekarang sudah cukup banyak pilihan media untuk menemukan kisah menarik yang bisa kamu baca. Selain novel atau komik, kamu juga bisa membaca cerita berseri yang ada di Wattpad. Wattpad adalah platform berisi kisah berbagai genre yang bisa jadi alternatif kamu. Tidak hanya membaca, semua orang juga berkesempatan untuk menulis cerita di Wattpad. Nah, jika kamu tertarik untuk menulis cerita di Wattpad, kenali cara hingga tips berikut agar tulisanmu banyak yang membaca.

Apa itu Wattpad?


Wattpad adalah salah platform untuk penulis membagikan karyanya (sumber: Wattpad)

Sebelum kamu mempelajari bagaimana cara menulis cerita di Wattpad, ada baiknya kamu mengenal lebih dulu platform tempat kamu menulis tersebut. Wattpad adalah platform media online yang berisi cerita dan menjadi “media sosial”-nya para penulis. Wattpad sendiri tersedia dalam bentuk website dan aplikasi mobile. Dengan begitu, kamu bisa membaca cerita di Wattpad dari mana saja.

Aplikasi Wattpad bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Namun, perusahaan ini juga menyediakan versi berbayar dengan Wattpad Premium dan Wattpad Premium+. Fitur yang kamu dapatkan pada Wattpad Premium di antaranya adalah tidak adanya iklan mengganggu, cerita yang bisa kamu baca secara offline tidak terbatas, bisa memilih tema warna, dan ada bonus koin di setiap pembelian. Fitur-fitur tersebut bisa kamu dapatkan juga di Premium+. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan dua cerita berbayar di tiap bulannya.

Tidak hanya cerita yang bisa diakses secara gratis, kini Wattpad juga memberi kesempatan bagi penulis untuk mendapatkan dukungan dari pembacanya dengan menyediakan Paid Stories. Pembaca yang ingin membaca Paid Stories harus menyiapkan sejumlah koin yang bisa didapatkan dengan membeli koin di Play Store maupun App Store. Pembelian tersebut bisa dilakukan pada setiap bab cerita atau membayar untuk satu cerita penuh.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Cerita yang Menarik untuk Dinikmati? Begini 12 Tips Penulisannya!

Cara menulis cerita di Wattpad


Cara menulis cerita di Wattpad untuk pemula (sumber: Wattpad)

Wattpad memang menjadi media yang tepat untuk kamu menyalurkan potensi menulis. Selain berbagi cerita, kamu bisa mulai membangun bakat menulis disini sebelum membuat buku fisik seperti novel. Lalu, bagaimana cara menulis di Wattpad bagi pemula? Intip penjelasan berikut ini.

1. Memiliki akun

Syarat utama ketika ingin menulis di Wattpad adalah kamu harus memiliki akun Wattpad terlebih dahulu. Cara mendaftar di Wattpad juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan username, e-mail, password, dan tanggal lahir. Setelah itu, kamu akan diminta memilih apakah kamu suka membaca, suka menulis, atau suka keduanya. Terakhir, kamu akan diminta memilih pertanyaan yang paling sesuai dan menentukan gender. Kini, kamu sudah memiliki akun di Wattpad dan bisa memulai menulis dan membaca cerita di platform tersebut.

2. Tentukan tema tulisan

Sebelum mengunggahnya di Wattpad, coba pikirkan terlebih dahulu tema cerita apa yang ingin kamu angkat. Pilih genre, fiksi atau nonfiksi, dan tentunya inti cerita apa yang akan dituliskan. Lakukan brainstorming dengan membaca cerita Wattpad yang sudah banyak dibaca. Kamu juga bisa memikirkan permasalahan apa yang ingin kamu sampaikan dan tujuan cerita tersebut dibuat. Apakah hanya sebagai pelampiasan dari imajinasi atau ingin mengangkat kisah hidupmu ke cerita fiksi.

3. Buat outline

Setelah yakin akan sebuah tema atau topik bahasan, kamu bisa memulai outline atau kerangka cerita yang ingin dibuat. Mulai buat kerangka cerita untuk bab pertama. Awali dengan pertanyaan dasar seperti 5W1H (What, Why, When, Who, Where, How). Jika kamu ingin membuat cerita berseri atau cerita berlanjut, coba cari momen yang tepat untuk memberi ending yang membuat penasaran pembaca.

4. Mulai menulis

Outline yang sudah kamu buat tadi bisa kamu kembangkan ke paragraf besar sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, pastikan juga kalau paragraf tersebut saling relevan satu sama lain, ya. Mulailah menulis cerita yang ingin kamu terbitkan di aplikasi untuk mengetik, seperti Microsoft Word, Notepad, Google Docs, atau aplikasi lainnya.

5. Isi bagian informasi cerita di Wattpad

Setelah selesai, buka aplikasi Wattpad kamu dan temukan ikon pensil atau menu membuat cerita. Lalu, kamu perlu mengisikan informasi yang dibutuhkan dari cerita tersebut. Pada halaman pertama, kamu bisa memasukkan foto cover cerita, judul cerita, dan deskripsi singkat atau sinopsis.

Selain itu, kamu juga perlu mengisi tag, genre cerita, dan informasi lengkap lainnya. Tag membantu pembaca agar lebih mudah menemukan ceritamu. Pilih juga genre cerita dari pilihan yang disediakan di Wattpad dan menu “Info Selengkapnya” yang berisi bahasa dan klasifikasi konten dewasa atau bukan.

6. Finalisasi cerita dan terbitkan

Kemudian, kamu akan masuk ke halaman chapter atau bagian dari cerita tersebut. Pada bagian ini, kamu bisa menambahkan media selain cover berupa foto atau video yang ada di YouTube. Lalu ada judul chapter yang bisa kamu isi dengan penjelasan nomor bagian, misalnya “Bagian Pertama: Kisah …” seperti itu. Terakhir, kamu bisa mengisi kolom di bawahnya dengan cerita yang sudah kamu buat.

Selain berupa teks, Wattpad juga memberi kamu leluasa untuk menambahkan media di tengah cerita yang kamu buat. Format style tulisan yang tersedia juga beragam, di antaranya ada bold, italic, underline, pengaturan rata kanan, kiri, atau tengah. Atur tampilan ceritamu semenarik mungkin dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan pembaca. 

Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan cerita tersebut terlebih dahulu dengan menekan tombol titik tiga yang ada di kanan atas layar handphone dan pilih “Simpan”. Atau, jika kamu ingin langsung menerbitkan cerita tersebut, tekan “Publikasikan” dan lakukan konfirmasi.

Baca juga: Kenali Pengertian Storytelling, Proses Kerjanya Hingga Panduan Menjadi Storyteller yang Baik

Tips agar cerita di Wattpad banyak pembaca


Tips membuat cerita di Wattpad agar banyak pembaca (sumber: Wattpad)

Ada banyak sekali pilihan cerita yang bisa ditemukan di Wattpad. Agar tulisan yang kamu buat dibaca oleh banyak orang, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Tampilkan sinopsis yang menarik pada bagian deskripsi cerita.
  • Terbitkan cerita secara rutin dan berkala.
  • Gunakan judul yang menarik dan jelas.
  • Berikan ending yang bersambung di setiap chapter.
  • Buat cerita yang fokus pada topik yang ingin diangkat saja.
  • Baca ulang cerita sebelum diterbitkan.
  • Minta pendapat dari teman atau kerabat mengenai cerita tersebut.
  • Berinteraksi dengan pembaca melalui komentar.
  • Bagikan tautan cerita di media sosial.
  • Evaluasi setiap tulisan yang telah diterbitkan.

Baca juga: 3 Contoh Cerpen Singkat beserta Cara Menulisnya

Membuat cerita di Wattpad sangat mudah, bukan? Kamu bisa membuat cerita yang menarik dan lakukan secara konsisten agar pembaca kamu setia menunggu kelanjutan cerita tersebut. Jangan lupa selipkan kejutan-kejutan kecil agar pembaca bisa tertarik membaca cerita kamu selanjutnya. Dengan mulai menulis cerita di Wattpad, kamu bisa melatih skill menulis sehingga saat menulis novel, kamu bisa lebih terbiasa.

Itulah penjelasan mengenai cara menulis cerita di Wattpad yang bisa kamu terapkan. Jika kamu ingin mencari informasi seputar bisnis, pengembangan skill, dan karier, baca artikel lainnya di EKRUT Media atau kamu juga bisa menonton video informatif yang dibawakan oleh para ahli di YouTube official EKRUT. Jika kamu ingin mencari pekerjaan sebagai penulis, content writer, atau copywriter di perusahaan impianmu, sign up di EKRUT sekarang dan dapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru!

Sumber:

  • wattpad.com
  • writerssa.org.au
  • aerogrammestudio.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video