Technology

Cara Screenshot di Macbook dengan Cepat dan Mudah Tanpa Aplikasi

Published on
Min read
5 min read
time-icon
pexels-pixabay-4158.jpg

Ketika kamu bekerja menggunakan Macbook mungkin kamu harus mengambil gambar dari skrin di layarmu. Metode screenshot merupakan salah satu cara paling mudah untuk melakukannya. Banyak aplikasi bawaan atau fitur bawaan dari laptop sendiri untuk melakukan screenshot, termasuk pada Macbook. Pada Macbook sendiri sebenarnya kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot. Hal itu dikarenakan Macbook sudah dilengkapi dengan fitur screenshot yang sangat memadai. Pada artikel kali ini akan dibahas cara screenshot di Macbook dengan cepat dan mudah tanpa aplikasi.

Apa itu screenshot?

layar laptop macbook
Cara screenshot di Macbook tidak memerlukan aplikasi tambahan (sumber: pexels)

Screenshot atau disebut juga screen capture adalah tindakan untuk mengambil foto atau gambar dari tampilan layar yang sedang kamu lihat. Artinya, kita bisa menangkap momen pada layar laptop, tablet, atau hp, lalu menyimpannya. Mungkin kamu sering mendengar istilah screenshot pada saat menggunakan hp, padahal pada layar laptop pun kamu bisa melakukan hal yang sama.

Sama seperti pada hp, screenshot pada laptop pun dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol di keyboard. Biasanya kombinasi tombol tersebut berbeda, tergantung dengan merk laptopnya, seperti pada laptop Asus kamu tinggal menekan tombol Windows + PrtSc dan tombol fn + PrtSc untuk laptop MSI. Begitu juga pada Macbook, terdapat berbagai cara untuk melakukan screenshot.

Baca juga: 9 Cara screenshot di PC paling lengkap dengan cepat dan mudah

5 Cara screenshot di Macbook tanpa aplikasi

ilustrasi keyboard macbook
Terdapat banyak cara screenshot di Macbook (sumber: unsplash)

Terdapat berbagai cara screenshot pada Macbook, baik menggunakan aplikasi atau menggunakan fitur bawaan Macbook. Berikut ini merupakan 4 cara screenshot di Macbook dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi.

1. Shift + Command + 3

Cara pertama adalah dengan menekan dan menahan kombinasi tombol shift + command + 3. Cara screenshot ini akan mengambil tangkapan layar secara penuh. Ketika screenshot sudah didapat, kamu akan melihat thumbnail di pojok layarmu. Selanjutnya kamu bisa klik thumbnail tersebut untuk mengeditnya atau menunggu beberapa saat agar hasil screenshot tersimpan secara otomatis di desktop.

2. Shift + Command + 4

Cara screenshot berikutnya adalah menggunakan kombinasi shift + command + 4. Dengan kombinasi ini kamu akan mengubah kursor menjadi crosshair (ikon seperti tanda plus), lalu kamu bisa drag sambil menekan klik kiri ke area yang ingin kamu screenshot. Untuk memindahkan pilihan, tekan dan tahan spacebar, lalu drag. Sementara, untuk membatalkan screenshot kamu bisa menekan tombol escape.

Untuk mendapatkan hasil screenshot, lepaskan tombol klik kiri pada mouse atau trackpad. Jika kamu melihat thumbnail di pojok layar, kamu bisa klik untuk langsung mengeditnya atau menunggu beberapa saat agar hasil screenshot tersimpan otomatis di desktop.

3. Shift + Command + 4 + Space bar

Cara selanjutnya adalah dengan menekan kombinasi shift + command + 4 + space bar. Ketika kamu menekan kombinasi tombol tersebut, kursor akan berubah menjadi ikon kamera. Hal tersebut akan mengunci bentuk area yang dipilih, tetapi tetap memungkinkanmu memposisikan ulang pada skrin.

Selanjutnya, klik window atau menu yang ingin kamu screenshot. Untuk mengecualikan window bayangan dari screenshot, tekan dan tahan tombol Option ketika kamu mengklik. Jika area screenshot sudah sesuai dengan apa yang kamu mau, lepaskan tombol klik kiri pada mouse atau trackpad. Lalu, kamu akan melihat thumbnail di pojok layar. Klik thumbnail tersebut untuk langsung mengeditnya atau tunggu beberapa saat agar tersimpan otomatis di desktop.

Baca juga: 8 Cara Screenshot Windows 10 dengan Mudah

4. Shift + Command + 5

Cara berikutnya adalah dengan menekan kombinasi tombol shift + command + 5. Kombinasi tombol tersebut akan membuka panel kecil di bagian bawah layar. Panel tersebut berisi tiga opsi screenshot, yaitu untuk screenshot seluruh layar, window, atau layar yang kamu pilih. Selain itu, ada juga opsi untuk merekam semua layar dan pilihan layar. Ketika panel tersebut sudah muncul, kamu bisa memilih untuk melakukan screenshot sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, akan muncul thumbnail di pojok layar. Kamu bisa klik thumbnail tersebut untuk langsung mengeditnya atau tunggu beberapa saat agar tersimpan otomatis di desktop.

5. Shift + Command + 6

Jika kamu menggunakan Macbook Pro 15 atau 16 inci, kamu bisa mengambil screenshot dari apa yang ditampilkan pada touch bar. Kamu cukup menekan tombol shift + command + 6 untuk mengambil screenshot yang sangat lebar dan tipis dari Touch Bar.

Baca juga: Thumbnail Adalah: Pengertian, Jenis, Pentingnya, dan Tips Membuat Thumbnail yang Menarik

Itulah berbagai cara screenshot di Macbook yang mudah dan tanpa aplikasi. Jika kamu pengguna Macbook, maka kamu bisa memanfaatkan semuanya untuk melakukan screenshot dengan mudah. Jadi, selamat mencoba!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • cnet.com
  • support.apple.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video