Published on

Technology

Thumbnail Adalah: Pengertian, Jenis, Pentingnya, dan Tips Membuat Thumbnail yang Menarik

Fakhrizal Muttaqien

pexels-joshua-miranda-6298412_(1).jpg

Ketika kamu membuka YouTube untuk menonton channel favoritmu, kamu pasti akan melihat cover gambar dari setiap video yang diposting oleh para YouTuber. Cover gambar yang kamu lihat di setiap video itu dinamakan thumbnailThumbnail adalah gambar berukuran kecil yang merepresentasikan video, artikel, atau gambar yang berukuran lebih besar. Thumbnail sering digunakan sebagai daya tarik agar audiens mengklik video atau artikel yang diposting. Namun, fungsi thumbnail bukan hanya itu, lho! Pada artikel kali ini akan dibahas tentang thumbnail, dari mulai pengertian, pentingnya penggunaan thumbnail, jenis-jenisnya, hingga tips membuat thumbnail yang menarik. Jadi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian thumbnail

thumbnail youtube di homepage youtube
Thumbnail adalah gambar yang mempresentasikan file, artikel, atau video (sumber: unsplash)

Thumbnail adalah gambar dengan resolusi kecil yang merepresentasikan gambar yang lebih besar. Adanya thumbnail bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat melihat atau mengelola gambar yang lebih besar. Misalnya, kamu ingin memilih beberapa foto dari banyaknya foto di dalam sebuah folder. Aplikasi File Explorer di komputermu dapat menampilkan thumbnail dari setiap foto, sehingga kamu tidak perlu mengingat nama file setiap foto.

Pada video YouTube atau artikel blog, thumbnail berfungsi seperti cover buku yang menggambarkan isi dari video atau artikel tersebut. Selain bisa menggambarkan isi, thumbnail juga harus menarik agar banyak audiens yang ingin melihat isi video atau artikelnya.

Maka dari itu, berbeda dengan thumbnail foto atau file yang hanya menunjukkan gambaran kecil dari yang sebenarnya, thumbnail video YouTube atau artikel di blog harus dibuat dengan serius. Hal itu karena thumbnail menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi engagement dari video atau artikel yang kamu buat.

Baca juga: YouTube Ads Adalah: Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Cara Membuatnya

Jenis-jenis thumbnail

thumbnail artikel blog di web
Terdapat berbagai jenis thumbnail, salah satunya thumbnail di blog (sumber: pexels)

Ada beberapa jenis thumbnail yang sering kamu temui. Dari beberapa jenis tersebut, memiliki ciri khas dan tujuan masing-masing. Berikut ini jenis-jenis thumbnail yang biasa kamu jumpai.

  • Video thumbnail, yaitu gambar diam yang diambil dari frame atau urutan frame pendek dari video untuk mewakili video di halaman web dan media sosial.
  • Blog thumbnail, yaitu gambar beresolusi lebih kecil dari gambar asli yang digunakan dalam postingan blog atau artikel. Gambar beresolusi kecil ini membantu pembaca mengidentifikasi topik artikel.
  • YouTube thumbnail, yaitu gambar versi mini dari preview video YouTube. Thumbnail pada video YouTube mewakili konten video di channel YouTube dan di hasil pencarian. YouTube juga memungkinkan penggunanya untuk membuat thumbnail khusus atau custom di videonya.

Baca juga: YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

Mengapa thumbnail sangat penting?

dua wanita sedang melihat thumbnail di komputer
Thumbnail pada video YouTube dapat menarik engagement lebih baik (sumber: pexels)

Banyak fungsi thumbnail yang membuatnya begitu penting untuk digunakan. Thumbnail dapat membantumu untuk menemukan gambar yang diinginkan di antara banyak gambar dengan lebih cepat, tanpa harus membukanya satu per satu. Halaman web dengan banyak gambar, seperti toko online juga lebih memilih menggunakan thumbnail untuk katalognya. Hal itu karena resolusi thumbnail yang kecil akan mempercepat pengunduhan halaman web. Begitu juga jika kamu mencari gambar di Google atau search engine lainnya, thumbnail dimunculkan pertama kali untuk membuat scanning dan scrolling gambar lebih mudah diakses.

Pada platform berbagi video, seperti YouTube, fungsi thumbnail lebih krusial lagi. Thumbnail video adalah hal pertama yang sering dilihat oleh audiens. Maka dari itu, thumbnail video YouTube tidak hanya gambar still dari video, tetapi juga harus dibuat dengan bagus dan indah. Bagi kamu yang sering berselancar di YouTube, mungkin kamu sudah sering melihat banyak thumbnail yang dibuat semenarik dan seunik mungkin. Thumbnail yang bagus dapat membuat audiens tertarik untuk mengklik dan menonton videomu. Maka dari itu, penting bagimu menyediakan waktu lebih untuk membuat thumbnail video yang menarik.

Baca juga: Contoh Ukuran Thumbnail YouTube yang Bisa Bikin Video YouTube Semakin Rapi

Tips membuat thumbnail yang menarik untuk konten YouTube

contoh thumbnail youtube EKRUT
Contoh thumbnail video YouTube pada channel EKRUT TV (sumber: EKRUT)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, thumbnail untuk video YouTube dapat di-custom agar menjadi lebih menarik dan memancing lebih banyak audiens. Maka dari itu, thumbnail video yang kamu buat harus dapat memberi alasan kepada audiens alasan untuk menonton videomu. Apalagi jika videomu hanya salah satu dari banyak video dengan topik yang sama.

Ada beberapa elemen yang wajib kamu cantumkan agar thumbnail videomu lebih proper, di antaranya adalah:

  • Sampaikan topik videomu dengan jelas
  • Jika memungkinkan, tunjukkan wajah orang yang berbicara dengan menyenangkan dan mengundang
  • Sertakan brand-mu
  • Optimalkan untuk berbagai perangkat apa pun

Selain itu, pencarian cepat untuk suatu topik di YouTube akan menghasilkan ratusan, bahkan ribuan video. Sebagian besar dari mereka memiliki thumbnail video masing-masing. Lalu, bagaimana membuat thumbnail video YouTube agar terlihat lebih menarik dan menonjol dari pada yang lain? Berikut ini beberapa tips membuat thumbnail agar terlihat lebih menarik dan menonjol dari pada yang lain.

1. Gunakan warna yang menarik untuk dilihat

Warna dapat membuat sebuah perbedaan. Penggunaan warna yang menarik bukan hanya tentang penggunaan warna-warna yang mencolok, tetapi bagaimana kamu bisa mengombinasikan warna dengan tepat. Bahkan thumbnail yang menggunakan background hitam atau abu-abu bisa menarik jika kamu dapat melakukan mix-and-match dengan tepat.

2. Gunakan close-up wajah

Sertakan close-up wajah pada thumbnail videomu. Hal itu agar memperlihatkan pada audiens siapa karakter yang ada di videomu, bahkan jika karakter videomu adalah kartun, tetap tampilkan wajahnya. Selain itu, close-up wajah dapat menyampaikan emosi dengan jelas, sehingga wajah dari subjek videomu tidak terlihat hambar atau tanpa emosi.

3. Gunakan teks yang tebal dan jelas

Gunakan teks yang tebal dan jelas pada thumbnail videomu. Kamu bisa gunakan copy yang menjelaskan topik di dalam video atau yang membuat audiens penasaran untuk melihat isi videomu. Namun, perlu diingat, jangan sampai copy yang kamu gunakan terlalu click-bait atau tidak ada hubungannya dengan isi video.

4. Konsisten dengan style yang dipilih

Jika kamu ingin mengembangkan channel-mu, buatlah thumbnail dengan style yang konsisten juga. Gunakan warna atau tema yang konsisten, sehingga penggemarmu mengetahui mana video milikmu, meskipun ada banyak video lain yang muncul di penelusuran. Selain itu, thumbnail dengan style yang konsisten juga akan membuat channel-mu lebih estetik.

Baca juga: Panduan Membuat Channel YouTube Beserta Tips Optimasi Terbaiknya untuk Pemula di Tahun 2022

Itulah, pembahasan tentang thumbnail, mulai dari pengertian, jenis-jenis, pentingnya menggunakan thumbnail, hingga tips untuk membuat thumbnail video yang menarik. Keberadaan thumbnail adalah hal yang penting, terutama bagi kamu yang seorang konten kreator di dunia digital. Jadi, cobalah untuk terus membuat thumbnail yang menarik, ya!

Demikian artikel EKRUT Media,  dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • echsmith.com
  • techtarget.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video