Media

Catat, ini 6 cara mengatasi ngantuk saat kerja paling ampuh
By Tsalis Annisa - 19 February 2019
5 min read 184 Views
cara mengatasi ngantuk bisa bantu kamu lebih produktif - EKRUT
cara mengatasi ngantuk bisa bantu kamu lebih produktif - EKRUT

Saat kamu ngantuk, pekerjaan pun jadi berantakan. Seberapapun kamu berusaha membuat mata terbuka, nampaknya justru semakin ngantuk saja, bahkan sampai jatuh tertidur di meja kerja. Bila hal ini terjadi, coba terapkan cara mengatasi ngantuk saat kerja.

Segera minum minuman berenergi saat kantuk menyerang ternyata hanya solusi jangka pendek. Faktanya, minuman berenergi mengandung kafein yang justru bisa mengganggu jadwal tidur dan kualitasnya. Lebih baik, lakukan tips mengatasi ngantuk saat kerja yang berdampak panjang seperti berikut:

1. Cobalah bergerak dan rajin berolahraga

Cara mengatasi ngantuk yang pertama adalah dengan melakukan aktivitas fisik dapat membuatmu lebih terjaga. Maka dari itu, cobalah merenggangkan tubuh atau berjalan sebentar saat kantuk menyerang. Misal, jalan ke kantin atau keliling area kantor beberapa saat.

Tak hanya itu, untuk efek jangka panjang, rajin-rajinlah berolahraga. Kamu disarankan berolahraga sekitar 30 menit per hari. Lebih baik, berolahragalah di bawah sinar matahari. Teknik ini juga disebut efektif membuatmu lebih segar.

2. Tidur siang dan cukupi waktu tidur

Cara terbaik mengatasi kantuk bukan menghindarinya namun menghadapinya. Cobalah tidur siang bila bisa. Tak perlu lama-lama, cukup 5-25 menit saja. Meski begitu, jangan lupa memasang alarm agar tidak ketiduran.

Bila tidur siang tidak memungkinkan, coba pejamkan mata sekitar beberapa menit. Teknik ini pun disebut dapat membantu.  Selain tidur siang, cobalah tidur dengan durasi cukup di malam hari. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam waktu tidur per hari.

3. Atur cahaya ruangan

Cahaya gelap disebut membuat mata bekerja lebih keras, sehingga bisa memicu kantur. Oleh karena itu, coba atur cahaya ruangan kerjamu menjadi lebih terang. Hal ini dapat membuatmu lebih terjaga.

cara mengatasi ngantuk - EKRUT
Camilan seperti yoghurt dapat membantumu dalam mengatasi kantuk - EKRUT

4. Memerhatikan menu makan dan camilan

Camilan sehat dengan kandungan gula bisa meningkatkan energi seketika sehingga menghilangkan kantuk. Camilan ini dapat berupa selai kacang dengan biskuit, yoghurt dengan buah-buahan, ataupun wortel dengan saus keju.

Meski begitu, perilaku makan sehat dan teratur dapat membantu mencegah ngantuk saat bekerja dalam jangka panjang. Perilaku ini meliputi sarapan dan menu makan siang ringan.

Sarapan dapat memberi suplai energi sehingga kamu tidak akan lelah atau mengantuk hingga menjelang waktu makan siang. Setelah itu, pilihlah menu makan siang yang tepat yaitu, lengkap dengan sayur dan buah. Tidak lupa, jangan makan terlalu banyak. Perilaku ini bisa memicu kantuk setelahnya.

Baca juga: Ide menu makan siang ngirit Rp500.000-1.000.000,-

5. Ganti kegiatan

Kebosanan bisa memicu kantuk. Jadi, coba ganti kegiatan bila kamu merasa mengantuk. Hal ini bisa kembali menyegarkan otak.
Sebagai saran, lebih baik kerjakan tugas terpenting di awal hari sebelum kantuk menyerang. Dengan begitu, semua pekerjaan dapat terselesaikan tepat waktu.

6. Minum banyak air

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan sehingga membuatmu mengantuk. Maka dari itu, coba minumlah banyak air saat rasa kantuk datang.
Kamu disarankan untuk minum 2L air per hari. Jumlah ini setara dengan 8 gelas ukuran sedang. Selain minum air, makanan tinggi kandungan air, seperti sayur dan buah-buahan, juga bisa jadi solusi untuk mencukupi kebutuhan cairan tersebut.

Selain beragam cara mengatasi ngantuk di atas, mengistirahatkan mata secara berkala dengan memandang ke tempat lain juga bisa membantu. Pasalnya, terus menerus melihat layar komputer dapat menyebabkan mata tegang dan lelah.

Baca juga: Butuh semangat kerja? Ini ide playlist Spotify untuk kamu

Bila kamu suka musik, mendengarkan lagu kesukaan juga bisa menjadi solusi. Meski begitu, pastikan untuk mendengarkan dengan headset atau earphone agar tidak mengganggu rekan kerjamu. Pastikan juga volume suara dalam tingkat aman agar tidak menyebabkan gangguan pendengaran di masa depan. 

Semangat!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: tidur siang, karier, kinerja, produktivitas, cara mengatasi ngantuk

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang